TIDAK PERLU MENANGIS LAGI, SUDAH JAMANNYA MENGUPAS BAWANG DENGAN MESIN

Sebelum membahan mesin seperti apa yang bisa digunakan untuk mengupas mari kita  bahan 6 poin yang wajib dikuasi dalam memulai usaha, apakah itu, simak penjelasan berikut :

6 M YANG PERLU DIPAHAMI DALAM BERBISNIS

1.      Man (Manusia)

Manusia merupakan faktor paling menentukan dalam manajemen wirausaha. Tidak ada bisnis yang berjalan tanpa manusia. Manusialah yang menentukan target dan manusia juga yang berusaha mencapai target tersebut. Tanpa manusia, tidak ada proses kerja, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang bekerja.Oleh karena itu, manajemen muncul karena orang-orang yang bekerja sama di dalamnya untuk mencapai target. Manusia merupakan faktor paling menentukan dalam manajemen wirausaha. Tidak ada bisnis yang berjalan tanpa manusia. Man atau manusia atau dalam sebutan usaha yaitu sumber daya manusia (SDM) karena kehadiran sumber daya manusia ini menjadi sangat penting dalam kemajuan atau perkembangan sebuah usaha yang dijalankan. Manusia merupakan faktor paling menentukan dalam manajemen wirausaha. Tidak ada bisnis yang berjalan tanpa manusia.

2.      Money (Uang/Modal)

Selain Sumber Daya Manusia (Man) yang perlu diperhatikan juga ialah MONEY (keuangan) atau manajemen keuangan dalam sebuah wirausaha. Uang merupakan penunjang penting dalam sebuah bisnis. Uang merupakan alat tukar, ukuran nilai, dan seringnya dijadikan acuan dalam menentukan target usaha. Karena anggaran keuangan yang tidak mencukupi maka proses manajemen usaha pun tidak dapat berjalan secara masksimal.

3.      Material (Bahan)

Dalam membuat sebuah produk tentunya membutuhkan bahan baku (Material) yang bagus serta membutuhkan perhatian yang khusus dalam memilih bahan. Bahan baku yang berkualitas juga akan menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan memiliki produk yang kualitasnya tinggi maka memiliki daya jual yang tinggi juga yang dapat membuat usaha mu menjadi untung. Material terdiri dari bahan mentah, bahan setengah jadi, dan bahan jadi. Bahan diperlukan untuk melakukan produksi.Dalam dunia usaha, untuk mencapai hasil terbaik, dibutuhkan kombinasi manusia yang ahli di bidangnya dengan material yang bagus. Material dan manusia tidak dapat dipisahkan. Tanpa materi, hasil yang diinginkan tidak akan tercapai.

4.      Method (Metode)

Methods atau Metode merupakan prosedur kerja yang akan membuat pekerjaan berjalan dengan lancar. Penentuan metode dilakukan berdasarkan kebutuhan bisnis. Metode merupakan prosedur kerja yang akan membuat pekerjaan berjalan dengan lancar. Penentuan metode dilakukan berdasarkan kebutuhan bisnis. Dalam menentukan metode, perlu untuk mempertimbangkan sejumlah hal. Mulai dari sasaran, fasilitas, penggunaan waktu, hingga biaya yang dikeluarkan. Perlu diingat, sebagus apa pun metode kerja yang kamu buat, jika manusia yang melakukannya tidak kompeten, metode itu pun akan sia-sia. Kembali lagi ke faktor manusia, bahwa manusia yang dipilih haruslah memiliki keahlian sesuai dengan bidang usaha.

5.      Market (Pasar)

Market atau pasar juga merupakan salah satu dari prinsip 6M dalam wirausaha yang harus diperhatikan. Yang dimaksud market ialah target pasar atau target konsumen itu sendiri dari bisnis yang anda jalankan. Pasar merupakan tempat sebuah usaha menyebarluaskan informasi mengenai produknya. Di pasar pun terjadi transaksi jual-beli. Memasarkan produk sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai kamu sudah lelah memproduksi barang, tetapi tidak ada yang tahu mengenai keberadaan produkmu. Dengan melakukan pemasaran, produkmu akan diketahui. Pasar akan menerima produkmu, lalu terjadi transaksi. Agar kamu dapat menguasai pasar, maka pasar dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen serta daya beli.

6.      Machine (Mesin)

Machine atau mesin dalam wirausaha sangat dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan usaha sehari-hari. Dengan adanya bantuan mesin pekerjaan yang sulit akan terasa lebih mudah dan ringan. Mesin memiliki beberapa manfaat yaitu dapat menghemat waktu produksi atau pengerjaan, memudahkan dalam operasional, efisiensi kerja serta dapat menyesuaikan standar produksi yang diantaranya dapat menghasilkan produksi lebih detail dan rapi. Mesin juga sangat dibutuhkan dalam kegiatan wirausaha. Untuk mengolah material, setidaknya dibutuhkan sejumlah alat, salah satunya mesin. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar dan menciptakan efisiensi kerja. Dengan adanya kemajuan teknologi, manusia tidak lagi sebagai asisten mesi seperti sebelum Revolusi Industri terjadi. Kini, mesin telah mengubah posisinya menjadi penolong manusia.

 

Berbicara mengenai mesin, mari kita menengok pengusaha makanan / pengusaha bawang goreng, mereka tentu memerlukan mesin, salah satunya mesin pengupas  bawang, baik bawang merah maupun bawang putih. Sudah kita pahami bahwa mengupas bawang tidaklah mudah, terutama bawang merah, selain membuat mata pedih, mengupas bawang merah sangat membutuhkan waktu yang lama , bagi anda yang sedang menjalankan usaha kuliner tentu akan sangat terbantu dengan adanya mesin pengupas bawang untuk mencapai kebutuhan dengan waktu yang sangat singkat, berikut mesinnya :




Video Cara Pengoperasiannya :


SEMOGA BERMANFAAT