Biografi Michael Faraday. Ia dikenal sebagai salah satu penemu yang banyak menghasilkan temuan- temuan yang bermanfaat bagi dunia. Salah satunya yang paling dikenal penemuannya terhadap dinamo dan kelistrikan.

Biodata Michael Faraday

Nama : Michael Faraday

Lahir : London, Inggris, 22 September 1791

Wafat : Molesey, Inggris, 25 Agustus 1867

Orang Tua : James Faraday (ayah), Margaret Hastwell (ibu)

Istri : Sarah Barnard

Dikenal : Penemu Listrik dan Dinamo


Biografi Michael Faraday

Michael Faraday lahir tahun 1791 di Newington, Inggris. Ayahnya bernama James Faraday, dan ibunya bernama Margaret Hastwell. Ia memiliki tiga orang saudara dimana Michael Faraday adalah anak ketiga.

Masa Kecil

Dalam biografi Michael Faraday diketahui bahwa ia terlahir dari keluarga yang pas-pasan bisa dikatakan tidak berkecukupan. Hal ini membuat ia dan saudara-saudaranya hanya mampu mengenyam sedikit pendidikan formal saja. Sejak remaja tepatnya usia 14 tahun, Michael Faraday sudah bekerja keras menjadi penjual dan penjilid buku. Pekerjaan inilah yang membuat ia terbiasa rajin membaca buku-buku yang ia jual atau jilid. Dari buku-buku ini membuat keingintahuannya tentang sains semakin tinggi.


Menjadi Asisten Sir Humphry Davy

Ketika Michael Faraday menginjak usia dua puluh tahun, dia mengunjungi ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan Sir Humphry Davy. Faraday sangat terpesona terhadap ceramah ilmiah dari Sir Humphry Davy. Ditulisnya surat kepada Davy, kemudian ia diterima dengan baik sebagai asistennya.

Hanya dalam tempo beberapa tahun, Faraday sudah bisa membuat penemuan-penemuan baru atas hasil kreasinya dan kerja kerasnya sendiri. Meskipun Michael Faraday tidak punya latar belakang yang memadai di bidang matematika, namun dalam bidang ilmu alam lain ia dapat dipehitungkan.