Carang Mas merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari ketela dan gula merah. Tidak hanya ketela dan umbi-umbian, bahan baku pembuatan carang mas kini sudah bervariatif seperti apel, mangga dan buah-buahan lainya.

Makanan tradisional tersebut sebenarnya merupakan makanan khas Magetan, Jawa Timur. Namun, seiring berjalanya waktu dan perkembangan kuliner di Indoensia, makanan tersebut sudah menjelma menjadi makanan yang mewakili wajah Indonesia.

Bahan baku yang sederhana dan cukup mudah ditermukan di seluruh daerah Indonesia membuat Carang Mas menjadi salah satu makanan yang memiliki daya jual yang tinggi. Berbagai daerah wisata Indonesia menjadikan Carang Mas sebagai oleh-oleh. Salah satu contohnya adalah Batu, Jawa Timur yang memiliki pusat olahan Carang Mas yang berbahan dasar apel. 

Carang Mas bisa menjadi salah satu alternatif usaha kreatif kuliner Indonesia. Disamping bahan baku yang mudah, proses pembuatan sederhana dan mesin yang murah. Berikut bahan dasar dan cara membuat Carang Mas.

Bahan :
1 Kg ubi jalar atau Buah
15 sdm gula pasir
1 ltr minyak goreng
1 sdm garam
Air secukupnya

Cara Membuat :
1. Kupas ubi jalar dan serut memanjang
2. Rendam dengan larutan air garam selama 15-30 menit, tujuanya supaya warnanya tidak menghitam
3. Tiriskan hingga ubi benar-benar kering
4. Siapkan wajan besar,. Tuang 500 ml minyak goreng, panaskan dengan api kecil
5. Masukkan 3 sdm gula pasir ke dalam minyak panas, aduk-aduk hingga gula mencair sepenuhnya
6. Masukkan dua genggang ubi serut dalam minyak goreng yang sudah bercampur gula pasir, aduk rata
7. Goreng hingga matang dan kering
8. Segara angkat dan selgai panas masukkan ke cetakkan
9. Susun diatas colling rack hingga mengering dan mengeras

Untuk membuat proses perajangan dan penyerutan bahan baku lebih cepat, diperlukan mesin perajangan guna membantu proses untuk para pengusaha Carang Mas. Berikut merupakan mesin perajang carang mas yang mampu mempermudah proses pembuatan carang mas