Tepung adalah bahan yang banyak digunakan untuk makanan seperti kue, mie, dan jenis kuliner lainnya. Proses pengayakan tepung saat ini membutuhkan kinerja mesin, karena proses mengayak dengan cara manual akan memakan waktu lama dengan hasil yang kurang efisien. Jika anda mempunyai usaha bakery atau usaha lain dengan proses pengayakan tepung sebagai proses produksi utama, maka anda membutuhkan inovasi terbaru seperti mesin pengayak tepung untuk mempermudah anda dalam mendapatkan hasil ayakan tepung yang berkualitas.

Sebagai pelaku usaha makanan, pasti akan menjadi kepuasan tersendiri jika anda bisa memproduksi jenis olahan kue sesuai dengan selera hati sambil bisa menyajikan hidangan yang lezat dan sehat. Kemampuan dalam membuat camilan yang enak bisa menjadi peluang untuk menaikkan level usaha anda dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Selain berburu bahan makanan dengan kualitas terbaik, sangat penting untuk berinvestasi menggunakan mesin untuk menunjang kinerja produksi anda dengan kualitas mesin yang sudah teruji, yaitu mesin pengayak tepung dari Toko Mesin Solusindo. Mesin inovasi ayakan tepung tahun 2022 dengan menggunakan sistem getar atau vibrator.

Apa Fungsi Mesin Pengayak Tepung Sistem Getar?



Mesin pengayak tepung atau mesin ayakan tepung adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengayak jenis tepung atau benda halus lain seperti granule, medicine powder, cosmetics, magnetic powder, gula, garam, MSG, spices, susu bubuk, tepung beras, dan apapun yang bisa diayak.

Sebelum produksi bakery, langkah awal adalah mengayak tepung sampai halus agar proses pencampuran tepung terigu dengan bahan lainnya bisa tercampur dengan sempurna. Itulah mengapa tingkat kehalusan ayakan tepung harus dipikirkan. Kehalusan proses ayakan akan lebih teruji saat menggunakan mesin otomatis karena bisa mempengaruhi hasil akhir kue yang diproduksi.

Mesin ayakan tepung vibrator dari Toko Mesin Solusindo adalah inovasi dari kecanggihan teknologi tepat guna dengan memungkinkan proses ayakan maksimal dengan waktu yang cepat dan mengolah bahan secara keseluruhan, sehingga hasil akan lebih tinggi dibandingkan dengan cara manual.

Fungsi utama mesin ayakan tepung adalah mengayak bahan berupa berbagai jenis tepung dengan mesin yang terbuat dari stainless steel sehingga aman untuk bahan makanan. Jenis bahan mesin ini mengkilap, tidak mudah rusak, sangat kuat, tidak berpori, dan juga tetap menjaga kebersihan bahan olahan dari awal sampai akhir.

Bagaiamana Cara Membuat Tepung Terigu Yang Cocok Untuk Mesin Pengayak Tepung?

Sebelum anda melangkah ke proses pengayakan tepung, anda harus mempunyai bahan bakunya terlebih dahulu. Dibawah ini adalah cara untuk membuat tepung terigu dengan kualitas yang baik.

1.       Seleksi gandum

Tahapan pertama adalah menyeleksi gandum antara layak atau tidaknya untuk dijadikan tepung. Proses ini harus dilakukan secara jeli karena untuk menjadikan produk yang berkualitas, maka anda harus memilih gandum yang berkualitas pula agar hasil dari produk makanan sesuai dengan harapan.

Klasifikasikan gandum yang sudah panen ke dalam varietasnya sendiri untuk mempermudah proses seleksi. Usahakan anda mendapatkan gandum dari toko atau petani yang sudah teruji kualitasnya.

2.       Pembersihan

Proses pembersihan harus dilakukan setelah proses seleksi karena gandum yang baru dipanen masih kotor dan tercampur dengan batu kecil, debu, dan hal hal lainnya. Proses pembersihan bisa menggunakan cairan khusus agar kulit ari gandum bisa dibersihkan dengan sangat mudah.

3.       Gristing

Proses ini adalah pencampuran gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lainnya. Tujuan gristing adalah memperoleh kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan pihak produksi. Contoh jika anda ingin mendapatkan tepung terigu dengan protein tinggi, maka anda harus menambahkan gluten dengan kadar protein yang sesuai.

4.       Penggilingan

Proses penggilingan atau milling bisa dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama adalah gandum dimasukkan ke mesin ayakan tepung atau mesin pengayak tepung sampai anda mendapatkan bagian inti gandumnya. Sedangkan tahapan yang kedua adalah bagian inti dari gandum berupa serbuk putih akan diubah menjadi tepung terigu, tetapi anda harus menyaring kulit ari terlebih dahulu agar semua kulit ari tidak ikut terbawa di proses yang kedua.

Jenis Tepung Terigu Yang Cocok Dalam Proses Mesin Pengayak Tepung

Proses pembuatan tepung terigu sudah anda ketahui, sekarang adalah mengenali jenis tepung terigu yang bisa bekerja maksimal pada mesin pengayak tepung dari Toko Mesin Solusindo.

1.       Tepung terigu protein rendah

Tepung terigu ini memiliki protein paling rendah dibandingkan jenis lainnya. Kadar protein kurang lebih dari 6-8%. Jika dibandingkan dengan beberapa jenis tepung terigu lain, kadar gluten yang terkandung dalam tepung ini paling rendah.

Tepung terigu protein rendah biasanya dipakai untuk membuat adonan kue tanpa membutuhkan tekstur kenyal atau elastis. Tepung ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kue renyah. Contoh makanan dengan olahan adonan tepung terigu protein rendah adalah biskuit, cookies, gorengan, dan shortbread.

2.       Tepung terigu protein tinggi

Tepung jenis ini memiliki kandungan protein antara 11-13%. Kandungan gluten pada tepung ini paling tinggi. Tepung ini sangat cocok untuk  membuat adonan dengan tingkat kekenyalan yang tinggi. Makanan yang membutuhkan tepung terigu protein tinggi adalah mie, pasta, donat, dan roti.

3.       Tepung terigu utuh

Tepung terigu ini dibuat dengan cara menggiling biji gandum tanpa membuang cangkangnya, sehingga tepung terigu utuh ini berwarna agak kecoklatan dengan tekstur yang agak kasar. Tepung terigu ini memiliki kandungan protein tinggi, kaya akan serat serta menyerap lebih banyak serat. Hasil makanan dengan menggunakan tepung terigu utuh ini akan lebih berat dibandingkan jenis tepung lainnya. Anda akan mendapatkan tekstur yang lebih padat serta rasa yang khas. Anda bisa menemukan beberapa makanan seperti kue kering dan jenis roti menggunakan tepung terigu utuh.

Informasi Pemesanan Mesin Ayakan Tepung 2022



Toko mesin solusindo mempunyai banyak mesin inovasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan usaha anda. Jika anda sudah yakin dengan proses pengayakan tepung untuk produksi makanan dengan kualitas terbaik, maka anda bisa melihat spesifikasi mesin di bawah ini:

Spesifikasi          

Type                                                      : ATV – 203

Kapasitas                                             : 200 – 300 Kg/ Jam (Continous)

Rangka                                                 : Plat Mild Steel Finishing Cat Warna Hitam + Kuning

Body/ Contact Product : Stainless Steel

Dimensi Pengayak                           : Min Ø 770 x 95 mm

Ukuran Mesh                                    : 100

Penggerak                                          : Dinamo 2 HP (High Speed)

Daya                                                      : 1500 Watt

Voltase                                                 : 220 V/ 1 Phase

Dimensi Total                     : Min 960 x 830 x 830 mm

Kelengkapan           : Manual Book, Kartu Garansi

Toko Mesin Solusindo menyediakan waktu untuk anda yang ingin konsultasi tentang mesin ayakan mesin mulai dari proses pemesanan sampai dengan fungsi mesin dari awal pengolahan sampai akhir. Mesin Pengayak Tepung kami sudah banyak digunakan oleh pengusaha di berbagai daerah di Indonesia. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan mesin pengayak tepung inovasi terbaru dari Toko Mesin Solusindo untuk mendapatkan ayakan tepung dengan hasil yang maksimal!