Pada masa pandemi ini banyak orang yang bingung untuk memulai usaha yang cocok. Tetapi hal ini tidak berlaku pada pengusaha minyak kelapa VCO (virgin coconut oil). Banyak yang mengenal minyak VCO sebagai minyak kelapa murni yang bisa menjadi suplemen kekebalan dan kebugaran tubuh.

Minyak kelapa VCO atau virgin coconut oil adalah minyak nabati hasil ekstrak dari daging buah kelapa. Minyak kelapa mempunyai tiga jenis berdasarkan dari cara ekstraksinya. Minyak kelapa virgin atau VCO, minyak kelapa non-RBD, dan minyak kelapa RBD. Minyak kelapa dihasilkan dari buah kelapa segar untuk memastikan adanya banyak vitamin dan mineral untuk tubuh.

Di masa pandemi ini sudah banyak orang yang menggunakan minyak VCO yang sudah terbukti mengobati banyak masalah tubuh seperti diabetes, meningkatkan kekebalan tubuh, membakar lemak berlebih, dan menekan pertumbuhan bakteri dan virus.

Sangat cocok untuk para pemulai usaha jika ingin mencari obat alternatif atau tradisional untuk menekan pertumbuhan virus tertentu dan kekebalan tubuh. Bisnis minyak VCO mempunyai peluang tinggi karena permintaan pasar yang terus bertambah setelah mengetahui manfaat dari minyak kelapa VCO.

Apa Manfaat VCO?

Virgin coconut oil adalah bahan alami tanpa efek samping. Banyaknya manfaat VCO membuat pengusaha ingin mendalami bagaimana cara membuat minyak kelapa murni atau VCO dengan lemak dan struktur yang berbeda dari jenis minyak kelapa lainnya. VCO mempunyai zat khusus yang bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik pada tubuh.

Mari kita lihat apa saja manfaat yang bisa kita dapat setelah mengkonsumsi VCO :

1.       Membunuh virus dan bakteri penyebab infeksi

Asam laurat berada di dalam virgin coconut oil dengan jumlah sampai dengan 50% dari asam lemak yang ada. Asam laurat adalah asam lemak sehat yang berubah menjadi zat monolaurin yang bisa membunuh patogen berbahaya seperti virus, bakteri, dan jamur. Asam laurat juga baik untuk mengurangi total kolesterol serta baik untuk kesehatan jantung.

2.       Menurunkan berat badan

Minyak kelapa dara efektif untuk mengurangi lemak perut. Lemak perut adalah tumpukan lemak yang paling beresiko dibanding semua jenis lemak tubuh, dan berkaitan dengan penyakit kronis. Minyak VCO bisa digunakan oleh orang yang menjalani program penurunan berat badan dan untuk konsumsi jangka panjang.

3.       Mempertajam fungsi kognitif otak

VCO mempunyai kandungan asam lemak rantai sedang atau MCT yang dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Asupan keton menyediakan lebih dari 70% kebutuhan energi otak dan mempunyai peluang efek terapi untuk kasus penyakit alzheimer.

4.       Melancarkan pencernaan

VCO membantu tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyerap vitamin serta mineral larut lemak. MCT dalam kandungan VCO bisa membantu pemecahan dan pencernaan lipid.

5.       Melindungi kulit dan rambut

VCO tidak hanya dikonsumsi, tetapi bisa dioleskan pada kulit untuk membuat kulit lebih halus dan bercahaya. Virgin coconut oil bisa mengangkat sel kulit mati, memudarkan stretch mark, dan menyamarkan noda hitam. Coba untuk menggosok rambut dengan minyak kelapa secara rutin untuk menutrisi akar rambut dan melindungi kerusakan akibat panas.

Apa Metode Yang Digunakan Untuk Membuat Minyak VCO?


Banyak metode yang bisa digunakan untuk memproduksi minyak kelapa VCO. Beberapa metode tersebut adalah tradisional, fermentasi, dan enzimatis. Yang paling sering dilakukan adalah metode tradisional, dimulai dari pembuatan santan kelapa, pemanasan santan hingga memperoleh minyak kelapa.

Pemanasan santan kelapa membutuhkan suhu sekitar 100-110 derajat celcius untuk penguapan kandungan air dalam santan sampai protein yang berikatan dengan air pecah. Lepasnya protein dalam santan akan mengumpulkan minyak, serta protein tersebut akan berkumpul menjadi satu.

Cara cepat produksi menggunakan proses fermentasi menggunakan ragi tape untuk pemecahan protein dalam santan untuk mendapatkan minyak murni VCO. Cara cepat ini harus mengetahui proses ragi dan sebanyak apa yang perlu digunakan. Cobalah untuk memulai usaha minyak kelapa VCO dengan menggunakan metode tradisional.

Sedangkan metode enzimitas adalah proses pemecahan protein pada santan dengan menambahkan satu enzum sebagai pengemulsi santan. Enzim akan mengalami katalis sebagai reaksi pemecahan protein dan proses produksi VCO.

Usaha virgin coconut oil membutuhkan kelapa sebagai bahan baku yang mudah dicari. Hasil dari minyak kelapa VCO bisa dijual dengan harga tinggi sesuai dengan manfaatnya. Jika anda sudah mengetahui proses produksi minyak VCO, anda bisa mengetahui seberapa besar peluang pendapatan usaha minyak kelapa VCO.

Bagaimana Cara Memproduksi Minyak Kelapa VCO?

Jika anda sudah yakin untuk menggunakan metode tradisional, anda bisa memproduksi dengan jumlah yang lebih banyak. Kita perlu mengetahui apa saja tata cara membuat minyak VCO.

·         Buang kulit kelapa

Proses awal adalah membuang kulit kelapa. Gunakan alat khusus untuk memecah kelapa dengan mengetuk beberapa bagian kelapa sampai kulitnya retak. Usahakan untuk memecah kelapa dengan menggunakan bahan stainless steel atau food grade sehingga air kelapanya bisa disisihkan untuk diminum.

·         Parut kelapa

Buah kelapa yang sudah terbuka perlu diparut dengan sisi parutan halus. Gunakan food processor atau mesin pemarut kelapa untuk mempercepat hasil parutan dan menuju proses selanjutnya.

·         Saring atau rendam santan kelapa

Proses peras santan bisa menggunakan mesin atau secara manual. Tambahkan air pada parutan kelapa untuk mempermudah proses pemerasan santannya. Jika anda menggunakan proses manual, gunakan kain tipis atau handuk untuk memeras habis santan kelapa.

Proses menggunakan mesin akan lebih praktis karena sekaligus dengan saringannya. Saringan akan mengumpulkan serpihan parutan kelapa dan bisa digunakan untuk produksi lainnya.

·         Proses penghangatan dan pendinginan santan

Hasil dari saringan dan rendaman santan dimasukkan dalam panci besar dengan tanpa adukan. Biarkan suhu di dalam hangat dan hindari suhu mendidih. Proses mesin penghangat cepat VCO bisa memudahkan produksi dengan sensor suhu.

Setelah santan hangat, proses selanjutnya adalah pendinginan. Proses pendinginan cepat akan mengkristalkan santan dan akan memecahkan protein dan memisahkan minyak VCO.

·         Perebusan santan

Santan yang sudah mulai pecah proteinnya perlu direbus dengan suhu mendidih sampai dengan 45 menit sampai penampilannya berubah. Ciri-ciri dari perubahan santan bisa dilihat dari bintik bening dan limbah abu-abu kecoklatan. Minyak akan memisahkan diri dengan limbah. Anda bisa menggunakan mesin sentrifuse VCO untuk pemisahan minyak dan limbah secara efisien.

·         Pengemasan minyak VCO

Minyak sudah terpisah dari santan, dan anda bisa menyaringnya dengan kain tipis atau saringan. Hasil minyak kelapa VCO dibiarkan dingin dan ditaruh ke kemasan tertentu sebelum dijual di pasaran.

Toko Mesin Solusindo Menyediakan Paket Mesin Minyak Kelapa VCO

Toko Mesin Solusindo adalah pusat mesin industri untuk pertanian, peternakan, dan perikanan yang sudah beberapa tahun lebih memajukan usaha UKM dan industri di seluruh Indonesia. Kami menyediakan paket mesin minyak kelapa VCO dari proses awal pemecahan kelapa, sampai dengan proses sentrifuse atau memisahkan antara minyak dan limbah santan.

Anda bisa menanyakan proses lengkap dari awal produksi sampai dengan beberapa mesin penunjang lain seperti pemarut kelapa, pemeras santan, mixer VCO, penghangat dan pendingin cepat, proses sentrifugal, dan pengemasan. Segera hubungi hotline service Toko Mesin Solusindo untuk menanyakan harga mesin VCO dan spesifikasi mesin atau instalasi mesin.