Pernahkah anda memikirkan tentang usaha coklat bubuk dengan omzet puluhan atau bahkan ratusan juta? Jika belum, maka ini adalah kesempatan yang tepat bagi anda untuk mengetahui bagaimana usaha coklat bubuk bisa mempunyai peluang besar yang menjanjikan banyak keuntungan.

Coklat bubuk sering digunakan untuk proses pembuatan kue, minuman, atau makanan dengan ada rasa coklat di dalamnya. Coklat bubuk mempunyai peluang jual yang tinggi karena bermanfaat untuk membuat banyak jenis kue atau makanan. Tidak hanya enak jika ditambah gula dan menjadi minuman, coklat bubuk banyak mempunyai manfaat untuk tubuh.untuk kesehatan dan kecantikan.

Apa Manfaat Coklat Bubuk?

Jika anda ingin memulai bisnis coklat bubuk, tentu anda harus tahu apa saja manfaat produk coklat bubuk yang akan anda buat. Beberapa hal ini bisa menjadi alasan utama untuk mengambil langkah bisnis coklat bubuk.

1.       Mencegah penyakit jantung

Coklat bubuk mempunyai khasiat untuk mencegah penyakit jantung. Coklat bisa mengurangi resiko penyakit jantung hingga 50% sampai menjauhkan kemungkinan resiko penyakit jantung coroner hingga 10%. Ini adalah informasi yang berguna untuk orang yang ingin lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung coklat dengan bahan pembuatan berupa coklat bubuk.

2.       Menambah energi

Mengapa minuman atau makanan coklat sering diminati? Karena mengkonsumsi coklat bisa menambah energi sehingga anda terhindar dari kelelahan. Untuk para pendaki yang akan pergi ke bukit atau gunung, mereka sering membawa coklat bubuk sebagai bekal untuk tambahan energi. Bisa diminum, atau dimakan secara langsung.

3.       Menghaluskan kulit

Manfaat coklat lainnya adalah menghaluskan kulit. Siapa yang tidak suka dengan kulit halus? Dengan menggunakan coklat bubuk, anda berpotensi mendapatkan keuntungan besar jika ada customer yang menggunakan coklat bubuk untuk kesehatan kulit mereka. Meski tidak banyak, tetapi ada target market tertentu yang bisa anda kejar.

4.       Menurunkan tekanan darah

Coklat dapat menurunkan tekanan darah sebagai obat anti depressan. Semakin sering kita minum minuman dengan rasa coklat, maka tekanan darah dalam tubuh bisa turun sehingga terhindar dari penyakit darah tinggi. Konsumsi coklat bubuk harus secukupnya, jangan sampai berlebihan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Konsumen Usaha Coklat Bubuk?

Menariknya usaha coklat bubuk adalah usaha ini bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan, kue, dan juga minuman. Anda tidak perlu susah dalam mencari target pasar yang anda mau. Mulailah dari menjual coklat bubuk dengan kemasan tertentu.

Jika anda sudah siap dengan produk yang akan anda pasarkan, carilah di dekat tempat usaha anda apakah ada orang yang menjual bakery, cafe, atau warung yang membutuhkan coklat bubuk sebagai bahan produksi.

Mulai dari situ anda bisa merambah ke target pasar lain seperti restoran, industri, atau UMKM skala besar yang membutuhkan coklat bubuk dengan waktu produksi harian. Anda bisa memulai bisnis coklat bubuk dari skala rumahan sampai dengan skala industri. Tergantung dari tempat dan alat yang anda gunakan untuk membuat coklat bubuk yang berkualitas.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Coklat Bubuk?

Tempat dan alat produksi sangat dibutuhkan untuk suksesnya bisnis coklat bubuk anda. Jika anda sudah mempunyai tempat produksi yang mumpuni, langkah selanjutnya adalah mencari mesin yang tepat untuk mempermudah pengolahan dari biji coklat sampai menjadi produk coklat bubuk.

Toko Mesin Solusindo sudah menyiapkan mesin inovasi terbaik, yaitu paket mesin coklat bubuk. Untuk mengolah dari biji coklat, ada beberapa mesin yang anda butuhkan. Beberapa mesin pengolahan coklat bubuk adalah:

·         Mesin Roaster Coklat

·         Mesin Pengupas & Pemisah Kulit Coklat

·         Mesin Pemasta Kasar

·         Mesin Pengempa Lemak

·         Mesin Penepung

Beberapa mesin ini yang akan membantu anda dari proses awal biji coklat sampai ke proses akhir untuk penepungan dan menjadi coklat bubuk. Penasaran dengan bagaimana anda akan memproduksi coklat bubuk dengan mesin inovasi dari Toko Mesin Solusindo? Mari kita saksikan.

Mesin Roaster Coklat



Mesin roaster adalah langkah awal untuk menggoreng tanpa minyak biji coklat sampai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Prosesnya cukup mudah, anda tinggal memilih biji coklat dengan kualitas terbaik. Setelah siap, anda masukkan ke bagian atas mesin sesuai dengan kapasitas mesin.

Proses roaster adalah menggoreng biji coklat sampai matang merata. Setelah biji coklat matang, anda bisa langsung mengeluarkannya untuk didinginkan dengan cara diaduk. Biji coklat yang sudah selesai diproses akan dimasukkan pada mesin selanjutnya untuk dipisah dari kulitnya.

Mesin Pengupas & Pemisah Kulit Coklat


Anda akan susah jika harus mengupas kulit coklat secara manual. Meski biji coklat sudah melalui proses roaster, anda membutuhkan tenaga banyak jika harus bekerja dengan tangan kosong. Dengan menggunakan mesin khusus dari Toko Mesin Solusindo, anda bisa dengan mudah memisah atau mengupas kulit biji coklat dengan waktu yang singkat.

Mesin Pemasta Kasar

Proses ini sering disebut dengan proses choncing atau pemasta kasar. Kegunaannya untuk meragamkan tekstur coklat sehingga lebih halus. Alat penggilas terbuat dari stainless sehingga aman untuk produk makanan.

Mesin Pengempa Lemak

Proses selanjutnya adalah pengempa lemak untuk mengurangi kandungan lemak atau mengambil lemak pada coklat. Untuk memastikan bubuk coklat dapat dikonsumsi, anda harus mengurangi kandungan lemak pada biji kakao sehingga siap untuk dikonsumsi.

Kandungan lemak pada biji kakao cukup tinggi jika dibiarkan sesuai dengan aslinya. Maka sebelum anda melakukan proses penepungan, anda harus menguranginya dengan mesin pengempa lemak.

Mesin Penepung Biji Coklat




Mesin ini dikenal dengan nama disc mill. Proses pengolahannya dengan menggunakan disc untuk menghaluskan biji coklat sampai menjadi tepung. Ada beberapa ukuran mesh untuk menentukan seberapa halus bubuk coklat yang anda mau.

Proses penepungan cukup mudah, anda tinggal memasukkan biji coklat yang sudah selesai dikurangi lemaknya untuk langsung dimasukkan ke dalam mesin. Proses sangat cepat, sehingga anda harus menyiapkan wadah untuk mengambil hasil coklat bubuk yang sudah siap kemas.

Bagaimana Cara Memesan Paket Mesin Coklat Bubuk?

Jika anda sudah mulai tertarik dengan usaha coklat bubuk ini, anda bisa menghubungi hotline service dari Toko Mesin Solusindo untuk mendapatkan informasi lengkap paket mesin coklat bubuk dengan kapasitas produksi yang anda butuhkan. Toko Mesin Solusindo akan menjadi konsultan bisnis baru anda, bagaimana cara pengoperasian mesin sampai dengan proses merawatnya.

Kami telah menyediakan beberapa jenis kapasitas produksi mulai dari UMKM sampai skala industri. Mesin terbuat dari stainless steel sehingga aman untuk produk makanan. Jika anda sudah cocok dengan semua alat atau mesin produksi coklat bubuk, hal yang anda butuhkan adalah pengemas dan nama bisnis coklat bubuk anda.

Tunggu apa lagi? Segera mulai bisnis anda menggunakan mesin coklat bubuk dari Toko Mesin Solusindo!