Tahukah anda jika peluang usaha garam semakin menjanjikan dari tahun ke tahun? Permintaan pasar tentang garam semakin naik, serta jumlah konsumsi garam untuk kebutuhan industri, rumahan, dan usaha semakin tinggi. Mengingat garam adalah salah satu kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat Indonesia, maka usaha garam bisa menjadi sumber keuntungan bagi para pengusahanya. Sekarang jenis garam yang diwajibkan pemerintah adalah garam beryodium untuk aman dikonsumsi.

Garam tidak hanya sebagai perangsang selera dan penampang rasa, tetapi juga kebutuhan alami tubuh manusia. Saat tubuh manusia berkeringat, kandungan alami dalam tubuh manusia berkurang. Maka memakan makanan yang mengandung garam akan mengembalikan zat dasar tersebut hingga tubuh merasa terpenuhi.

Pada artikel kali ini, Toko Mesin Solusindo akan membahas tentang manfaat garam, peluang usaha garam, dan paket pengolahan garam untuk usaha UKM.

Manfaat Garam

Mungkin banyak orang yang hanya mengetahui garam bermanfaat untuk mencegah penyakit gondok. Tetapi tidak hanya itu saja, garam mempunyai banyak manfaat yang penting untuk tubuh manusia.

·         Mencegah kekurangan iodine

Garam beryodium sangat penting untuk produksi hormon tiroid pada tubuh. Jika tubuh tidak mempunyai jumlah yodium yang cukup, tiroid akan membesar sebagai cara untuk memenuhi hormon tiroid. Jika terus dibiarkan, maka tubuh bisa mengalami hipotiroidisme atau gondok. Garam bisa memenuhi kebutuhan iodine untuk mengatasi penyakit gondok, serta perfungsi untuk perkembangan otak, struktur tulang janin, dan kesehatan mental bayi dalam kandungan.

·         Mengobati sakit tenggorokan

Faringitis atau sakit tenggorokan bisa diredakan menggunakan air garam. Campur air hangat dengan ½ sendok teh garam. Kumur dengan air garam secara rotin sampai sakit tenggorokan mereda. Usahakan tubuh anda mengkonsumsi 6 gram garam setiap hari, atau kira-kira sebanyak 1 sendok teh. Anda bisa menggunakan garam untuk mengolah daging ataupun makanan lainnya.

·         Menjaga kebersihan gigi

Infeksi bakteri pada gigi bisa diatasi dengan berkumur pakai air garam. Cara yang dilakukan sama seperti saat mengobati sakit tenggorokan, dengan mencampurkan ½ sendok teh garam dengan air hangat. Khasiat air garam adalah mengurangi proses pembengkakan pada gusi.

Peluang Usaha Garam

Kita bisa menilai seberapa besarnya kebutuhan garam untuk kehidupan sehari-hari. Selain konsumsi rumahan, garam dibutuhkan oleh setiap pedagang dan penjual makanan, mulai dari warung sampai dengan restoran. Dari situ saja, kita bisa melihat seberapa besar peluang usaha garam. Manfaatkan peluang ini untuk menjadi distributor atau pemasok garam. Jika anda bisa merencanakan dengan baik, usaha garam anda akan semakin maju dan mungkin bisa menjadi pemasok utama.

Saat akan melakukan bisnis garam, anda harus mengetahui pengemasan garam dan cara pengolahannya harus dengan cara modern dan harus mengikuti aturan pemerintah. Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia sudah mempunyai persyaratan teknis tentang pengolahan awal sampai dengan pengemasan garam beryodium.

Garam beryodium harus diberi label khusus dan dikemas dengan rapi, dapat digunakan untuk konsumsi manusia atau ternak, dengan garam beryodium yang sudah memenuhi SNI. Maka dari itu anda sebagai pelaku bisnis harus menggunakan teknologi yang tepat untuk menunjang produksi garam dengan cepat dan praktis seperti mulai menggunakan alat produksi garam.

Paket Mesin Pengolahan Garam



Toko Mesin Solusindo menyediakan solusi bagi anda untuk alat produksi garam khusus skala UKM. Dengan kapasitas produksi yang kami miliki, anda bisa memenuhi kebutuhan UKM sebagai pemasok garam dan bisa digunakan di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah macam-macam mesin dari paket mesin pengolahan garam:

1.       Mesin pencuci garam untuk membersihkan garam dari kerang & kotoran

2.       Mesin spiner garam untuk meniriskan kadar air garam yang masih tinggi dan belum bisa diolah

3.       Mesin roll penghalus garam untuk menghaluskan garam yang masin grosok

4.       Mesin rotary dryer untuk mengeringkan & mengurangi kadar air garam

5.       Oven pengering garam (opsional) untuk mengurangi kadar air garam dan mengeringkan garam, sebagai pengganti mesin rotary dryer

6.       Mesin penghalus garam untuk produk garam lebih halus

7.       Mesin iodisasi untuk proses pencampuran garam dengan yodium

Satu paket mesin tersebut sudah lengkap dari pengolahan awal sampai akhir. Jika anda ingin langsung mengemas garam dan memberi label untuk siap jual, anda membutuhkan mesin pengemas otomatis untuk mengemas dengan kapasitas produksi tertentu. Usahakan anda sudah menyiapkan kemasan dengan label beryodium sebagai syarat yang sudah ditentukan oleh undang-undang.



Jika anda membutuhkan alat produksi garam kapasitas besar sampai dengan 1 Ton per hari, Toko Mesin Solusindo juga menyiapkan paket pengolahan garam Type : PG-1TPD dengan beberapa mesin yaitu:

1.       Conveyor belt sebagai transfer input product

2.       Disk mill untuk penghalus garam

3.       Mesin pencuci garam sebagai step pertama dalam pengolahan garam

4.       Mesin pencuci garam step kedua dengan lanjutan dari cara pertama

5.       Air dalam garam ditiriskan dengan menggunakan mesin Spiner

6.       Screw conveyor untuk transfer product

7.       Mesin rotary dryer untuk mengeringkan garam

8.       Mesin iodisasi untuk mencampur hasil olahan garam dengan yodium

9.       Screo conveyor untuk transfer product

10.   Silo sebagai penampung garam

11.   Mesin ayakan untuk mengayak garam hingga mendapatkan hasil yang paling halus

12.   Screw conveyor untuk transfer product

13.   Mesin pengemas garam otomatis

Dengan menggunakan inovasi mesin produksi garam beryodium milik Toko Mesin Solusindo, anda bisa mulai memproduksi garam skala UKM sampai dengan skala industri. Dengan menggunakan mesin, proses produksi akan lebih praktis dan mudah. Jangan khawatir jika anda masih belum begitu paham mengenai proses pembuatan garam, karena teknisi kami akan menjelaskan cara menggunakan mesin pengolahan garam dari langkah awal sampai dengan langkah akhir.

Mengapa anda membutuhkan mesin produksi garam beryodium? Karena ada beberapa step atau langkah yang kurang maksimal jika anda melakukannya dengan cara manual. Salah satu contohnya adalah proses pengeringan garam. Jika anda melakukan proses pengeringan, anda harus memastikan cuaca sedang panas tanpa ada mendung agar proses pengiriman maksimal.

Tetapi jika anda menggunakan mesin rotary dryer atau oven pengering garam, anda bisa mengeringkan air garam hingga berubah menjadi garam siap kemas dengan kinerja praktis, tanpa harus berada di luar ruangan, dan sudah ada timer otomatis untuk kebutuhan anda dalam mengeringkan garamnya.

Contoh lain adalah mesin disk mill atau penghalus garam. Garam grosok masih berbentuk seperti batu dan kasar, harus dihaluskan sebelum bisa diolah ke tahap selanjutnya. Garam krosok akan dimasukkan ke dalam mesin dan hasil dari penggilingan adalah garam yang lebih halus.

Demikian adalah ulasan peluang usaha garam serta paket mesin yang siap digunakan untuk produksi garam skala UKM. Apakah anda sudah tertarik untuk mencoba bisnis garam? Segera hubungi Toko Mesin Solusindo untuk konsultasi bisnis garam serta info lebih lanjut mengenai harga mesin garam terbaru serta cara produksi garam dari awal sampai akhir.