Bisnis Baki Telur

Kita semua tahu telur adalah salah satu bahan makanan terfavorit dan menjadi kebutuhan sehari-hari untuk semua kalangan. Selain mengandung banyak protein yang dibutuhkan tubuh, telur juga bisa diolah untuk berbagai menu makanan mulai dari pembuatan kue, lauk, dan roti. Wajar jika permintaan pasar terhadap telur tidak pernah turun, bahkan selalu meningkat setiap tahunnya.

Jika anda masih ragu dengan jumlah permintaan telur, kita lihat data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Pada tahun 2018, produksti telur mencapai 1,64 juta ton dan angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya dengan selisih 1,50 juta ton. Sedangkan konsumsi nasional pada tahun 2018 mencapai 1,52 juta ton.

Pada tahun 2021, produksi telur ayam sudah masuk ke angka 5,52 juta ton dengan konsumsi nasional sebesar 5,48 juta ton. Kita masih bisa melihat jelas adanya peluang tinggi untuk masuk pada bisnis apapun yang berkaitan dengan telur.

Bisnis Pembuatan Tatakan Telur Atau Baki Telur

Bisnis egg tray atau tatakan telur ini mempunyai pasar yang jelas dan bahan yang mudah untuk didapat. Tatakan telur bisa dibuat dari kertas bekas atau karton yang mudah didapat dengan harga relatif murah.

Meski anda membutuhkan bahan baku dalam jumlah besar, margin keuntungan pun juga besar. Para penekun usaha baki telur memasarkan produknya pada petani unggas atau para tengkulak telur dengan perputaran uang yang cepat dan besar.

Semakin banyak produksi telur, maka semakin laris pula egg tray dari bahan kardus atau kertas bekas ini. Jika anda melihat peluang yang lebih luas, cobalah anda menuju supermarket atau warung sembako di sekitar rumah anda. Setiap etalase toko akan menyediakan telur yang diwadahi egg tray.

Ada berbagai jenis wadah telur yang tersedia di pasaran, mulai dari mika, sampai dengan kardus. Fungsi utama dari egg tray adalah menjaga setiap telur untuk mempunyai ruang sendiri dan tidak mudah kotor jika ditaruh di sembarang tempat.

Strategi Pemasaran Baki Telur

Baki telur bisa dibuat sesuai dengan jenis telur yang akan digunakan. Ada berbagai macam telur yang diproduksi oleh petani unggas seperti telur ayam negeri, telur bebek, dan telur puyuh.  Model baki yang paling umum adalah ukuran 30 x 30 cm yang bisa dipakai untuk beberapa jenis telur.

Baki telur puyuh bisa menampung sampai dengan 90 butir telur. Diantara beberapa jenis telur, telur ayam yang paling laris karena peternak telur ayam jauh lebih banyak daripada jenis telur lainnya. Strategi pemasaran tergantung dari seberapa banyak produksi usaha baki telur anda.

Jika sudah mempunyai kapasitas produksi tertentu, anda bisa mulai mencari calon pembeli dengan menganalisa berapa banyak warung sembako, peternak telur ayam, atau reseller telur yang ada di sekitar rumah anda. Jika anda ingin menjangkau pasar yang lebih luas, anda bisa menjualnya dengan metode daring atau online.

Zaman digital ini sudah banyak marketplace yang bisa digunakan untuk memasarkan egg tray hasil produksi anda. Facebook Marketplace, situs dinas peternakan, Indonetwork, Agromaret, dan masih banyak laigi.

Anda juga bisa memberikan diskon khusus jika pembeli bisa mengambil egg tray lebih dari seribu buah per pemesanan. Atau anda memproduksi egg tray dengan ukuran dan kuantitas sesuai dengan permintaan konsumen.

Bagaimana Cara Membuat Egg Tray Manual?

Bahan dasar egg tray adalah kertas bekas. Awal pengolahan kertas harus dirubah stukturnya menjadi bubur kertas dengan menggunakan air. Setelah selesai, hasil bubur kertas akan dioleskan pada cetakan secara merata. Tunggu sampai kering, dan anda sudah bisa mendapatkan nampan telur yang rapi.

Untuk cara manual, anda perlu mengeringkan nampan basah di tanah kurang lebih empat jam, tergantung dari panas matahari. Proses pencetakan manual tergantung dari operator yang mampu untuk mengaduk bubur kertas dan mengoleskannya pada cetakan. Seringkali cetakan tidak rapi karena kinerja manual tergantung dari keterampilan pembuat.

Apakah Ada Cara Praktis Untuk Membuat Egg Tray?

Proses pembuatan baki telur akan susah jika menggunakan cara manual. Selain membutuhkan waktu lama, anda juga perlu tenaga yang banyak mulai dari proses pengadukan bubur kertas, pencetakan, sampai pengeringan. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena sudah tersedia mesin khusus untuk memproduksi egg tray dengan kapasitas 1000 – 7000 pcs / jam.

Persaingan usaha yang semakin ketat dalam proses produksi tatakan telur membuat anda harus berpikir lebih jeli untuk memulai usaha di bidang ini. Jika anda mampu memproduksi tatakan telur dengan sistem otomatis menggunakan mesin, anda bisa menyeimbangkan permintaan pasar serta tidak kalah saing dengan pelaku usaha sekelas home industry.

Mesin egg tray akan mampu memproduksi ribuan buah per harinya, sehingga anda tinggal fokus untuk mencari calon pembeli mulai dari skala rumahan sampai dengan skala industri.

Siapa Saja Yang Perlu Untuk Menggunakan Mesin Egg Tray?

Mesin Egg Tray Kapasitas 1000-7000 per jam


  •          Pemula Bisnis Pembuatan Egg Tray

Mesin egg tray sangat diperlukan untuk pemula bisnis yang ingin merambah dunia produksi egg tray dan memasarkan semaksimal mungkin. Sambil mempelajari kinerja mesin, anda juga bisa menjangkau pasar dengan mencari tahu harga egg tray dari kompetitor

  •          Pelaku Usaha Egg Tray Skala Rumahan

Efisiensi dari bisnis sudah cukup tinggi, tetapi proses produksi masih terbilang rendah. Banyak pelaku usaha tatakan telur yang lebih banyak permintaan daripada barang, dan pelaku usaha harus siap untuk memproduksi yang lebih banyak.

  •          Peternak Telur Yang Ingin Memperpanjang Umur Simpan Telur

Mesin baki telur bisa jadi solusi untuk peternak telur yang bingung untuk proses penyimpanan produknya sebelum bisa dijual ke pasaran. Jika telur tidak disimpan dengan rapi, kemungkinan telur kotor dan cepat rusak akan tinggi. Petani telur juga bisa menjual telur sedikit lebih mahal karena sudah tersedia dengan wadahnya.

Dimanakah Kita Bisa Mendapatkan Mesin Egg Tray Yang Berkualitas?



Toko Mesin Solusindo adalah solusi segala mesin anda mulai dari mesin es, mesin industri, mesin pertanian, dan mesin usaha lainnya. Sudah bertahun-tahun Toko Mesin Solusindo memproduksi mesin dengan inovasi terbaru serta kualitas terbaik. Sudah banyak pelanggan yang sudah sukses dalam menjalani usaha telur dengan menggunakan mesin dari Toko Mesin Solusindo di seluruh daerah di Indonesia.

Jika anda bingung bagaimana memulai usahanya, dan bagaimana pengoperasian mesinnya, tenang saja. Teknisi kami siap untuk memberikan panduan cara penggunaan mesin, cara perawatan mesin, dan juga beberapa teknis yang perlu anda ketahui dalam menggunakan mesin gg tray dengan kapasitas 1000-7000 pcs ini.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan kualitas mesin, karena daya tahan mesin dan tersedia garansi mesin. Jika ada masalah saat mesin digunakan, anda bisa menghubungi call center kami untuk menanyakan garansi mesin seperti motor, kelistrikan, atau input output mesinnya.