MANFAAT KOPI DAN CARA PENGOLAHAN KOPI BESERTA MESIN ROASTER KOPI

Mesin Kopi | Roaster Kopi | Alat Roasting Kopi

Tanaman Kopi

Tanaman Kopi digolongkan ke dalam genus Coffea keluarga Rubiaceae. Genus Coffea memiliki lebih dari 100 anggota spesies. Dari jumlah tersebut hanya tiga spesies yang dibudidayakan untuk tujuan komersial, yaitu Coffea arabica dengan nama populernya Kopi Arabika, Coffea canephora dengan nama populernya Kopi Robusta dan Coffea liberica dengan nama populernya Kopi Liberika dan Kopi Excelsa. Kopi-kopi itulah yang banyak diperdagangkan didunia atau secara khusus di Indonesia.

Ciri Jenis Kopi Yang Dibudidayakan

Kopi Arabika. Kopi jenis ini paling susah untuk dibudidayakan. Kopi Arabika ini membutuhkan ketinggian tertentu untuk dapat tumbuh dan berbuah. Rasa dari jenis kopi ini cenderung asam buah-buahan dan rasa pahit yang tipis. Kadar Kafein dalam kopi ini cenderung lebih rendah dibanding jenis kopi lainnya. Kopi jenis ini dapat ditemukan hampir disemua gerai kopi di Indonesia, yaitu Bali Kintamani, Aceh Gayo, Ciwidey, Tapanuli Sipirok, Papua Wamena, dan Toraja, ini merupakan contoh daerah penghasil kopi Arabika yang terkenal di Indonesia.

Kopi Robusta. Kopi Jenis ini  kadar kafeinnya lebih tinggi dibanding dengan jenis kopi lainnya. Bentuk bijinya lebih kecil dan bulat dibanding dengan jenis Arabika. Penanamannya tidak terlalu sulit, tidak perlu lahan yang memiliki spesifikasi ketinggian tertentu (tidak terlalu tinggi). Panennya pun lebih cepat dibanding dengan jenis Arabika. Rasa dari jenis kopi ini cenderung rubbery, pahit dengan rasa seperti gandum. Setelah diminum akan terasa kering di mulut. Kadar gula dalam kopi jenis ini hampir tidak ada, jadi hasil seduhan kopi Robusta sangat cocok dinikmati dengan kombinasi tambahan pemanis atau gula. Penghasil Robusta yang terkenal di Indonesia adalah Lampung dan Temanggung.

Kopi Liberika. Kopi jenis ini memiliki rasa yang mirip dengan Robusta, tapi aroma yang dikeluarkan cenderung smokey atau berbau asap, rasanya kadang seperti tembakau, cocok untuk dinikmati seorang perokok. Kadar kafeinnya lebih rendah dibanding dengan kopi jenis lain. Kopi jenis ini sangat jarang ditemui di Indonesia, tapi kita masih dapat menjumpainya di Jember, Kepulauan Riau dan Kuala Tungkal.

Kopi Excelsa. Kopi jenis ini memiliki rasa yang asam seperti asam buah, bedanya dengan Arabika, Excelsa ini menimbulkan rasa gurih ketika kita meminumnya, terkadang rasanya seperti whiskey, seperti ada campuran alkoholnya, padahal tidak. Jenis kopi ini juga sulit ditemui di Indonesia, tapi kita masih bisa menjumpainya di Temanggung, Jawa Tengah.

Bagian Tanaman Kopi Yang Bisa Dimanfaatkan

Pada umumnya tanaman kopi yang dapat dimanfaatkan adalah bijinya yang kemudian diekstrak sebagai minuman. Tapi ada dibeberapa tempat ada yang mengkonsumsi daunnya dengan cara diseduh seperti daun teh pada umumnya.

Biji Kopi Setelah Dimasak Dengan Mesin Roaster Kopi

Manfaat Kopi

Ada beberapa manfaat kopi yang bisa diperoleh apabila kita mengkonsumsinya secara rutin yaitu :

1. Menurunkan resiko terserang kanker.

2. Menurunkan berat badan.

3. Menurunkan resiko terserang Diabetes type 2.

4. Menurunkan resiko terserang Alzheimer.

5. Melindungi organ Hati.

6. Meningkatkan energi dan fungsi otak.

Tentunya manfaat tersebut diatas bisa diperoleh apabila kita meminum kopi dengan aturan yang benar, tidak berlebihan, dan kalau bisa tidak menambahkan bahan-bahan kimia pada saat meminumnya, misal ditambahkan pemanis buatan, efeknya tidak menjadi sehat malah mendatangkan penyakit yang berbahaya.

Cara Pengolahan Kopi

Cara pengolahan kopi bisa dilakukan dengan istilah pengolahan dari hulu ke hilir. Apa yang dimaksud dengan pengolahan dari hulu ke hilir?

Pengolahan Hulu

Disebut juga pengolahan primer merupakan proses pengolahan buah kopi menjadi biji kering dengan kadar air 12% - 13%. Pengolahan hulu dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu metode basah & metode kering. Yang membedakan adalah apabila metode kering, dilakukan pengeringan dulu sampai mencapai kadar air 12% - 13% baru dilakukan pengupasan kulit. Apabila metode basah kebalikannya jadi dilakukan pengupasan dulu baru kemudian dikeringkan. Beberapa tahapan dalam pengolahan hulu yaitu :

1. Panen

2. Sortasi Buah

3. Pengupasan Kulit Buah

4. Fermentasi

5. Pencucian

6. Pengeringan

7. Pengukuran Kadar Air

8. Pengupasan Kulit Kopi

9. Pengolahan Hilir

Yang juga disebut pengolahan sekunder merupakan pengolahan biji kopi kering menjadi bubuk kopi. Beberapa tahapan dalam pengolahan hilir adalah :

1. Penyangraian

2. Pendinginan

3. Penghalusan / Penumbukan

4. Pengemasan

Tingkat Kematangan Kopi Hasil Roasting Merata

Kita akan membahas salah satu proses dalam pengolahan hilir, yaitu proses Penyangraian kopi atau Roster Kopi. Kenapa kita membahas proses ini? Karena pada proses Penyangraian ini, salah satu yang menentukan kualitas kopi yang kita olah, karena pada proses ini apabila dilakukan dengan benar dan cermat maka aroma, rasa dari kopi akan keluar secara alamiah. Dengan proses Penyangraian yang benar maka ciri khas dari jenis-jenis kopi yang kita olah akan terasa dari rasa dan aromanya. Oleh karena itu dibutuhkan mesin atau alat yang bisa menyangrai secara benar dan sempurna sehingga menghasilkan kopi dengan rasa dan aroma yang terasa dan maksimal. Kami dari Toko Mesin Solusindo memiliki mesin atau alat yang bisa menyangrai biji kopi dengan benar dan sempurna yaitu “Mesin Roaster Kopi”. Ada beberapa kelebihan dan keuntungan yang diperoleh apabila menggunakan Mesin Roaster Kopi dari kami diantaranya :

1. Mesin Roaster Kopi ini dilengkapi dengan tabung Roasting yang terbuat dari Stainless Steel, sehingga kopi yang diolah sangat aman untuk dikonsumsi, selain itu didalam tabung roasting dilengkapi dengan pengaduk yang bekerja secara otomatis dan continue apabila mesin dinyalakan akan mengaduk dan membolak-balikkan kopi yang disangrai secara continue sehingga menghasilkan biji kopi yang tersangrai secara sempurna dan merata tingkat kematangannya.

2. Mesin ini dilengkapi indikator temperatur atau suhu, sehingga kita bisa mengatur suhu atau temperatur sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk menghasilkan kualitas kopi yang tersangrai secara maksimal.

3. Alat Roasting Kopi ini dilengkapi dengan Cool Bean, yaitu alat pendingin kopi yang dilengkapi dengan blower dan pengaduk biji kopi yang dapat berputar secara otomatis mengaduk kopi sampai kondisi biji kopi menjadi dingin setelah melalui proses penyangraian. 

4. Mesin ini memiliki rangka besi yang kokoh dan kuat sehingga kuat menopang mesin manakala melakukan kegiatan penyangraian.

5. Mesin Kopi ini memiliki desain yang Kompak, dan Portable, tidak terlalu besar, tidak memakan banyak tempat, sehingga sangat efisien untuk dipergunakan dalam skala Home Industry, atau Industri Rumahan.

6. Mesin ini dilengkapi dengan penggerak yang kuat sehingga mampu untuk memutar as pengaduk pada saat proses penyangraian.

7. Alat Roaster Kopi ini hanya membutuhkan daya yang kecil pada proses pengoperasiannya, mengikuti kapasitas produksi yang diinginkan

8. Mesin ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relative murah dan tersedia banyak dipasaran.

9. Mesin Roaster Kopi ini merupakan produk local, karya anak bangsa, sehingga dapat dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu kami juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di Toko Mesin Solusindo.

Dengan menggunakan Mesin Roaster Kopi dari kami maka akan mempermudah pekerjaan anda dalam pengolahan biji kopi yang sedang anda lakukan, sehingga bisa menghasilkan olahan kopi dengan rasa dan aroma yang maksimal yang kemudian dapat meningkatkan nilai jualnya.