FUNGSI MESIN HAMMER MILL | ALAT PENEPUNG SERBAGUNA | MESIN PENGHALUS BONGKOL JAGUNG


Kontribusi Sektor Peternakan

Pertumbuhan pada sektor peternakan masih memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan pembangunan nasional terutama di daerah pedesaan. Dalam pembentukan Produk Domesti Bruto (PDB) Indonesia, kontribusi sektor peternakan  sebesar 1.57% terhadap PDB nasional. Ini menandakan betapa pentingnya sektor peternakan dalam menyumbang proses pembangunan nasional terutama dalam wilayah ketahanan pangan. Meningkatnya sektor peternakan bisa dijadikan indikasi secara global mengenai pertumbuhan nasional secara menyeluruh dan tidak berpusat pada daerah perkotaan, karena perlu digaris bawahi, sektor peternakan sebagian besar memang dilaksanakan atau dilakukan didaerah pedesaan yang merupakan wilayah pendukung utama dalam kegiatan industri yang dilakukan di wilayah pusat atau perkotaan.     

Ketersediaan Pakan Ternak

Ketersediaan Pakan Ternak merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung industri pada sektor peternakan. Dibutuhkan usaha yang maksimal dari semua pihak dan instansi yang terkait untuk menjaga ketersediaan pakan ternak, agar dapat memenuhi kebutuhan pada sektor peternakan yang terus mengalami kenaikan yang signifikan. Tetapi sayangnya menurut survey nasional, ternyata Pakan Ternak masih harus import sebesar 40% dari luar negeri dari total kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan pakan pada sektor peternakan dalam skala nasional. Ini tentu menjadi perhatian yang penting sekaligus mejadi warning bagi kita semua, terutama pada dinas yang terkait. Perlu dilakukan kajian secara menyeluruh dan komprehensif mengapa ini bisa terjadi, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan sehingga kita harus mengimport kekurangan kebutuhan pakan ternak untuk menunjang sektor peternakan yang mengalami pertumbuhan yang pesat. Ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi ketersediaan pakan ternak dalam skala nasional yaitu :

1. Regulasi Yang Jelas

Diperlukan aturan yang jelas tentang alur penyediaan pakan ternak mulai dari penyedia atau produsen, distributor, sampai dengan user dalam hal ini para peternak. Aturan ini dibuat agar produksi pakan ternak dapat didistribusikan dengan lancar, tanpa ada hambatan misalkan adanya oknum yang menimbun sehingga harga pakan ternak menjadi tinggi dan sulit dicari sehingga akan merugikan para peternak yang membutuhkannya.

2. Adanya Bahan Baku Yang Memadai

Bahan baku untuk menghasilkan pakan ternak dengan kualitas prima mutlak dan harus dipenuhi. Ini tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama, terutama dari dinas-dinas terkait, karena mempunyai wewenang untuk menggunakan segala potensi negara, baik dari APBN atau sumber dana resmi lainnya yang memang sudah dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan akan pakan ternak, ataupun pemanfaatan lahan-lahan produktif milik negara dalam hal ini mungkin perkebunan rakyat, yang bisa menghasilkan dan menjaga penyediaan pakan hijauan yang mungkin manjadi bahan baku utama dalam penyediaan pakan ternak dalam skala nasional.

3. Rekayasa Teknologi Yang Mumpuni

Perlu adanya rekayasa teknologi yang bisa mengolah secara modern dan menghasilkan pakan ternak dengan cepat, tentunya dengan hasil yang memuaskan, dalam artian menghasilkan pakan ternak dengan kualitas yang baik atau prima. Untuk itu diperlukan Teknologi Tepat Guna dalam hal ini mesin atau alat yang dapat bekerja secara cepat dan efisien untuk mengolah dan menghasilkan pakan ternak dengan cepat dalam jumlah yang besar.  

HASIL PENEPUNGAN MESIN HAMMER MILL
(Tingkat Kelembutan Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan)


Adanya Pelatihan Yang Berkesinambungan & Menyeluruh Sehingga Berimbas Pada Ketersediaan Lapangan Kerja Yang Luas

Dalam hal ini diperlukan campur tangan dari pemerintah melalui dinas-dinas terkait, dan kontribusi dari pihak swasta terutama para pengusaha untuk mengkreasi mencetak unit usaha dalam bidang pakan ternak ini yang bisa menjadi lahan untuk menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya dan mencetak tenaga kerja yang tarampil melalui pelatihan-pelatihan rutin yang menyeluruh dan berkesinambungan, kalau perlu didatangkan narasumber yang berkompeten dalam bidang pengelolahan dan pengadaan pakan ternak, ini dimaksudkan untuk selain menambah “pemain” yang berkecimpung dalam usaha pakan ternak, juga bertujuan untuk mencetak tenaga kerja yang produktif yang tentunya akan mengurangi angka pengangguran di negara kita ini.

Kita akan membahas salah satu faktor yang penting diatas, yaitu rekayasa teknologi yang mumpuni sebagai faktor yang penting dalam menjaga ketersediaan pakan ternak dalam skala nasional. Rekayasa teknologi mutlak diperlukan untuk menghasilkan pakan ternak dalam jumlah besar, dalam waktu yang relatif singkat, tentunya dengan kualitas yang bagus atau prima. Rekayasa teknologi berfungsi untuk mengganti tenaga manusia yang tentunya memiliki keterbatasan, baik dalam segi kualitas, kuantitas, maupun dalam konsistensi produksi. Dalam pengadaan industri pakan ternak diantaranya diperlukan mesin-mesin yang bisa memanen dengan cepat hasil bumi, diperlukan pengering pengganti tenaga matahari untuk mengeringkan bahan-bahan pembuat pakan ternak. Diperlukan mesin penghancur ataupun penepung untuk menghasilkan bubuk tepung bahan-bahan pembuatan pakan ternak. Diperlukan mesin mixer pakan ternak untuk mencampur bahan-bahan pembuatan pakan ternak secara cepat dan merata. 

Diantara mesin-mesin tersebut diatas, kita akan membahas mesin penghancur bahan atau mesin penepung. Mesin penepung ini diperlukan untuk menghancurkan bahan-bahan dasar untuk menghasilkan olahan pakan ternak, semisal jagung, bonggol jagung, ubi-ubian, dll. Tujuan bahan tersebut dibuat sampai menjadi tepung, bertujuan untuk memudahkan pada proses selanjutnya dalam olahan pakan ternak, yaitu proses mixing atau pencampuran dengan bahan-bahan lain. Dengan sudah menjadi bahan tepung diharapkan, bahan-bahan tersebut diatas bisa tercampur dengan merata, maksimal dan homogen, sehingga menghasilkan pakan ternak dengan kualitas yang bagus atau prima. Kami dari Toko Mesin Solusindo memiliki mesin penepung yang kuat dan efisien yang dapat menghancurkan bahan-bahan dasar olahan pakan ternak, menjadi bubuk tepung, ataupun dengan tingkat kehalusan sesuai dengan yang diinginkan, yaitu dengan “Mesin Hummer Mill”. Ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang dapat diperoleh apabila menggunakan mesin penepung atau mesin Hummer Mill dari kami diantaranya :

1. Mesin Hammer Mill ini dilengkapi dengan “batang-batang pemukul” dalam jumlah banyak yang kuat dari besi baja pilihan yang didesain sedemikian rupa, memutar pada as nya, dan juga dilengkapi dengan pisau duduk yang terbuat dari besi baja profil kotak atau segi empat, yang dipasang memanjang sejajar as mesin dan memutar pada cover mesin, sehingga pada saat as mesin diputar dengan dinamo penggerak maka pisau pemukul akan ikut berputar dan memukul bahan dengan kuat dan cepat, dibantu dengan jepitan pada pisau duduk, proses ini berlangsung secara terus-menerus dan continue, sehingga bahan yang dimasukkan melalui hopper menjadi hancur, menjadi tepung, atau menjadi halus sesuai dengan agregat yang diinginkan.   

2. Alat ini dilengkapi dengan hopper yang berpenampang lebar, sehingga memudahkan untuk memasukkan bahan-bahan yang akan diolah. 

3. Memiliki rangka besi yang kokoh dan kuat sehingga kuat menopang mesin manakala melakukan kegiatan produksi.

4. Mesin Penepung ini memiliki desain yang Kompak, dan Portable, tidak terlalu besar, tidak memakan banyak tempat, sehingga sangat efisien untuk dipergunakan dalam skala Home Industry, atau Industri Rumahan.

5. Mesin Hummer Mill ini dilengkapi dengan penggerak yang kuat sehingga mampu untuk memutar as mesin pada saat proses penghancuran bahan menjadi tepung. Penggerak ini juga bersifat opsional, bisa menggunakan mesin diesel ataupun  menggunakan Dinamo dan daya yang dibutuhkan juga sangat efisien, mengikuti kapasitas produksi yang dihasilkan.

6. Mesin ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relative murah dan tersedia banyak dipasaran.

7. Mesin Penepung Serbaguna ini merupakan produk local, karya anak bangsa, sehingga dapat dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami dari Toko Mesin Solusindo juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di Toko Mesin Solusindo.

Dengan menggunakan teknologi secara tepat guna dan sesuai sasaran, maka akan memudahkan pekerjaan manusia, mengurangi resiko cedera yang fatal dan hasil produksinya bisa berkali-kali lipat, sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal, dan dapat dinikmati oleh orang banyak.