CARA CEPAT MENGUPAS BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH | MESIN PENGUPAS BAWANG SERBAGUNA


Apa itu Bawang  Merah

Bawang Merah (Allium cepa L. Var. Aggregatum) merupakan tanaman semusim dan digolongkan dalam keluarga Lilliaceae. Adapun ciri-ciri dari keluarga ini cukup mudah dikenali yaitu berbentuk seperti rumput, memiliki batang pendek, dan berakar serabut. Pada bagian daun memanjang dan berongga seperti pipa, pada bagian pangkal daunnya berubah menjadi umbi lapis. Bawang merah adalah salah satu bumbu masak utama di dunia yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan disebelah utaranya, tapi kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia baik di kawasan beriklim tropis maupun sub tropis.

Kandungan Dalam Bawang Merah

Apa saja zat-zat yang terkandung dalam Bawang Merah? Bawang Merah memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan seperti Sodium, Kalium, Folat, vitamin A, C, dan E. Bawang Merah juga mengandung Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan masih banyak lagi. Bawang Merah adalah sumber makanan yang sangat baik bagi tubuh kita.

Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Apa saja khasiat dari Bawang Merah, sehingga kita perlu atau harus mengkonsumsinya? Ada banyak khasiat yang dapat diperoleh apabila kita mengkonsumsi secara rutin Bawang merah dalam keseharian kita, diantaranya :

1. Bantu Jaga Kesehatan Jantung.

Bawang Merah kaya akan Flavonoid dan Tiosulfinat. Kegunaan Flavonoid dalam Bawang Merah dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, dan Tiosulfinat berfungsi untuk menjaga konsistensi darah dengan benar, seperti pengencer darah, dengan demikian dua kandungan zat ini dapat mengurangi secara signifikan resiko serangan jantung dan stroke.

2. Bantu Tulang Lebih Sehat.

Dalam satu siung Bawang Merah mengandung 25,3mg kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Jadi dengan menambahkan Bawang Merah ini kedalam asupan makanan yang kita makan maka akan dapat membangun kesehatan tulang kita dengan maksimal.

3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam Bawang Merah, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita, ini dikarenakan komposisi kimiawi dalam Bawang Merah sangatlah kuat.

4. Mencegah Sel Kanker Yang Sangat Efisien.

Hal ini dikarenakan dalam Bawang Merah terkandung zat Quercetin dan Antosianin yang dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh kita terutama sel kanker kolon dan payudara.

5. Atasi Masalah Pernafasan.

Hal ini karena Bawang Merah bersifat anti-alergen yang sangat efektif. Dalam beberapa kasus, alergi akan menjadi penyebab utama dalam memberi kita masalah pernafasan, ini ternyata makan secara rutin Bawang Merah akan memberikan efek relaksasi pada otot-otot trakea yang terisolasi yang membantu penderita asma bernafas dengan mudah, ini karena adanya Flavonoid dalam kandungan Bawang Merah

6. Bantu Penglihatan Menjadi Lebih Baik.

Selenium dalam Bawang Merah membantu produksi vitamin E, yang kita ketahui bersama vitami E tersebut perperan sangat penting dalam menjaga kesehatan mata.

7. Meningkatkan Kesehatan Mulut.

Karena Bawang Merah mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan mulut terutama untuk mencegah terjadinya sariawan, dan gangguan mulut lainnya.

8. Meningkatkan Kesehatan Seksual.

Hal ini telah terbukti dengan mengkonsumsi Bawang Merah secara rutin maka akan menghindarkan dari disfungsi ereksi pada pasangan, karena Bawang Merah dapat meningkatkan kadar Testosteron pada pria.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit.

Bawang Merah mengandung vitamin A, C, dan K yang kesemuanya dibutuhkan untuk kulit kita, sehingga dengan mengkonsumsi secara rutin membuat kulit lebih bercahaya, dan kelihatan awet muda.

10. Meningkatkan Kesehatan Rambut.

Hal ini karena sifat antibakterinya, sehingga menjauhkan kulit kepala dari ketombe dan kutu.

Dengan sedemikian banyaknya manfaat yang terkandung didalamnya tidak heran Bawang Merah menjadi asupan wajib sehari-hari bagi kita semua, terutama dijadikan campuran bumbu-bumbu makanan yang kita makan, karena selain khasiatnya juga memberi rasa yang lezat terhadap masakan yang disajikan.

Hasil Bawang Merah Yang Sudah Dikupas

Bagaimana Cara Pengolahan Bawang Merah.

Cara mengolah Bawang Merah sebenarnya cukup simple dan sederhana, dikupas terlebih dahulu, kemudian bisa dirajang ataupun dilembutkan dengan cara digeprek atau diblender, dibiarkan dalam keadaan mentah ataupun dimasak. Permasalahan yang timbul apabila kita membutuhkan olahan Bawang Merah dalam skala besar, yaitu untuk usaha kuliner, misal seperti catering, buka restoran, warung, ataupun tempat-tempat penyedia makan lainnya. Dibutuhkan Bawang Merah yang sudah dalam kondisi kupasan, terlepas dari kulit luarnya dalam jumlah besar dan diproses secara cepat pengadaannya. Untuk itu dibutuhkan sebuah alat atau mesin yang dapat mengupas secara cepat dalam jumlah yang besar, tentunya dengan hasil yang maksimal, jadi menghasilkan Bawang Merah kupasan yang utuh dengan meminimalkan kerusakan dari tekstur Bawang Merah itu sendiri. Kami dari Toko Mesin Solusindo memiliki mesin yang dapat mengupas Bawang Merah secara sempurna, yaitu “Mesin Pengupas Bawang”.  Ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang dapat diperoleh apabila menggunakan Mesin Pengupas Bawang dari kami diantaranya :

1. Alat Pengupas Bawang ini berbentuk tabung dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kapasitas yang diinginkan, sehingga pada saat bahan (Bawang Merah atau Bawang Putih) diputar, akan menghasilkan putaran yang maksimal, tidak tertahan atau terbentur dinding atau badan dari mesin itu sendiri, ini bertujuan untuk menghindari Bawang Merah Menjadi hancur atau remuk pada saat proses pengupasan.

2. Mesin ini dilengkapi dengan dua jenis “pisau” pengupas yaitu pisau duduk yang dipasang dibeberapa titik diatur berkeliling pada badan atau dinding tabung mesin, dan pisau bergerak yang dipasang dan ditata sedemikian rupa pada sekeliling as yang bergerak berputar secara otomatis apabila mesin dinyalakan atau sedang berproses, dimana “pisau-pisau” ini baik yang duduk atau yang bergerak adalah berupa stik silinder dengan ukuran diameter 1,5cm s.d 2cm, panjang 10cm terbuat dari karet lunak yang berulir menyerupai baut. Hal ini dimaksudkan apabila bahan (Bawang Merah atau Bawang Putih) diputar pada saat proses pengupasan dan terhimpit mengenai pisau diam dan pisau putar tidak akan hancur, melainkan akan terkelupas secara otomatis kulit luarnya, sehingga dalam proses ini akan menghasilkan Bawang Merah dalam kondisi utuh yang secara otomatis sudah terkupas. Proses putar ini sudah diperhitungkan kecepatan putarannya, sehingga dapat menghasilkan dengan cepat Bawang Merah yang sudah terkupas, tentunya meminimalkan tekstur Bawang yang rusak atau remuk.

3. Mesin Pengupas Bawang ini dilengkapi kran buangan pada bagian bawah mesin, yang apabila dibuka, maka kulit dari Bawang Merah yang sudah terkupas akan ikut keluar bersama air yang dibuang setelah proses pengupasan, sehingga yang tertinggal dalam mesin adalah Bawang Merah yang sudah terkupas dengan sempurna.

4. Mesin Pengupas Bawang Merah atau Bawang Putih ini berpenggerak Dinamo yang kebutuhan daya listriknya bisa menyesuaikan dengan kapasitas produksi yang diinginkan.  

5. Alat Pengupas ini ditopang dengan rangka yang kuat, dari kanal UNP, sehingga bisa menopang mesin dengan kuat pada saat melakukan proses pengupasan berlangsung yang memiliki beban bergerak lumayan berat.

6. Mesin Pengupas Serbaguna ini menggunakan bahan kontak produk Food Grade, yaitu Stainless Stell 304, sehingga Bawang Merah atau Bawang Putih kupas yang dihasilkan sangat aman untuk dikonsumsi. Mesin ini juga dapat difungsikan untuk mencuci dan mengupas bahan - bahan lain seperti jahe, lengkuas, laos, kentang dan lain - lain.

7. Mesin ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relative murah dan tersedia banyak dipasaran.

8. Mesin Pengupas ini merupakan produk lokal, karya anak bangsa, sehingga bisa dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami dari Toko Mesin Solusindo juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di tempat kami.

Dengan menggunakan Mesin Pengupas Bawang dari kami ini maka kegiatan industri kuliner yang anda kerjakan akan lebih mudah dilakukan sehingga dapat memperoleh keuntungan yang maksimal, tentunya disertai dengan perhitungan yang cermat dan etos kerja yang mumpuni. 

“Jadilah seseorang yang sukses karena proses, bukan instan agar usaha kita bisa langgeng dan hasilnya bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak”.