CARA MEMOTONG ROLL KAIN SPUNBOND BESERTA BOBINNYA

MESIN PEMOTONG ROLL KAIN SPUNBOND

Apa itu Kain Spunbond 

Kain Spunbond adalah kain sintetic dibuat dengan cara mekanik, termal atau proses kimia. Spunbond atau istilah lainnya polypropylene merupakan kain non woven yang pada umumnya memiliki tekstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat. Kain ini memiliki ketebalan antara 25gram sampai dengan 100gram. Kain Spunbond biasa digunakan untuk menggantikan bahan plastik dan kertas yang sering digunakan untuk shooping bag, goodie bag da souvenir. Karena bersifat higienis, maka kain spunbond ini juga digunakan dalam dunia kesehatan yaitu untuk pembuatan masker, tutup kepala, dan pampers disposable. Bahan kain Spunbond ini sudah sangat populer karena selain higienis juga bersifat ramah lingkungan, karena bisa hancur dan didaur ulang, sehingga bisa menggantikan bahan plastik yang sekarang mulai dibatasi penggunaannya karena plastik dinilai tidak ramah lingkungan dan bersifat polutan. Selain itu bahan Spunbond ini juga bisa menggantikan bahan kertas karena memang mempunyai karakteristik lebih kuat dari kertas, sehingga barang-barang yang terbuat dari kertas yang memungkinkan bisa diganti dari bahan kain spunbond, sekarang perlahan mulai diganti, agar menjadi lebih kuat.


Jenis dan Kegunaan Kain Spunbond

Kain Spunbond memiliki kegunaan atau fungsi berdasarkan ketebalan yang dimilikinya. Harga yang murah dengan beragam manfaat membuat kain Spunbond banyak dicari dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan pembuatan barang. Ada beberapa macam jenis kain Spunbond yang diklasifikasikan berdasarkan ketebalannya. Berikut ini Klasifikasi dan kegunaan dari kain Spunbond yaitu :

1. Kain Spunbond dengan ketebalan antara 25 gram sampai dengan 50 gram.  

Ini merupakan Kain Spunbond dengan ketebalan yang paling tipis. Kain Spunbond jenis ini biasanya digunakan sebagai pembungkus produk setelah dipacking, semisal, dompet, tas, sepatu.

2. Kain Spunbond dengan ketebalan antara 55 gram sampai dengan 75 gram.

Ketebalan Kain Spunbond ini yang banyak kita jumpai di pasaran. Pada ketebalan ini biasanya Kain Spunbond banyak digunakan untuk Goodie bag, karena tekstur dan ketebalannya membuat lebih mudah untuk dipadupadankan dengan jenis kain lainnya.

3. Kain Spunbond dengan ketebalan 100 gram.

Ini merupakan jenis Kain Spunbond yang paling tebal. Dengan tekstur dan bahan yang tebal dan kuat mampu dijadikan menjadi berbagai macam jenis tas untuk membawa barang – barang yang berat.

HASIL POTONGAN KAIN SPUNBOND


Mengapa Memilih Bahan Kain Spunbond

Dalam dunia industri maupun dikehidupan sehari-hari kita pasti akan banyak menemui kemasan, baik pembungkus makanan ataupun pembungkus produk non makanan. Kain Spunbond sangat cocok dijadikan bahan kemasan tersebut karena memiliki karakteristik yang mungkin tidak dimiliki oleh bahan plastik maupun kertas.

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapat apabila menggunakan barang dari bahan kain spunbond :

1. Lebih tahan lama dan kuat dibandingkan dengan barang yang terbuat dari bahan kertas maupun plastik. Kain Spunbond memiliki kualitas yang sangat bagus, karena memiliki sifat yang kaku, berserat rapat, namun bertekstur lembut dan halus, sehingga dapat dipergunakan berkali-kali karena memiliki kekuatan yang lebih dibanding dengan bahan dari kertas maupun plastik.

2. Memiliki kecepatan dalam proses produksinya, karena tergolong dalam kain non woven, ketersediaan produk dipasaran bisa terjamin, sehingga bisa mencukupi kebutuhan pasar dalam skala industri dalam kapasitas besar, menengah, maupun skala home industri.

3. Mudah diakses, karena saat ini sudah banyak masyarakat yang mengenal kain spunbond, sehingga untuk mendapatkannya sangatlah mudah

4. Ramah lingkungan karena bisa hancur dan didaur ulang. Walaupun kain Spunbond ini terbuat dari biji plastik, namun berdasarkan uji coba laboratorium dalam proses penguaraian sangatlah mudah diterima oleh tanah, karena memang dalam proses produksinya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, sehingga diharapkan kedepannya dapat menggantikan bahan plastik yang menjadi sumber masalah selama ini.

5. Bisa dibentuk dengan model yang beragam, karena memiliki ketebalan dan warna yang beragam, sehingga bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan dan kegiatan seperti untuk tas belanja, buket bunga, wallpaper dinding, dan lain sebagainya. Hal ini karena motif dari kain Spunbond ini sendiri sudah sangat banyak.

6. Mudah dibersihkan, karena karakteristik polypropylene atau biji plastik sebagai bahan dasar dari kain Spunbond membuat permukaan kain Spunbond ini sangat mudah untuk dibersihkan, seperti ada lapisan plastik dipermukaannya.

7. Memiliki harga yang ekonomis dibanding dengan jenis kain lainnya, hal ini karena kain Spunbond ini bisa diproduksi dengan cepat, sehingga dapat menekan secara signifikan biaya produksi, imbasnya harga jual di pasaran jauh lebih murah.


Pemotongan Kain Spunbond

Sifat Kain Spunbond yang agak kaku, memiliki serat yang rapat, dan bertekstur halus membutuhkan penanganan yang teliti dalam pemotongannya.  Dibutuhkan mesin atau alat yang dapat membentuk atau memotong gelondongan atau roll kain Spunbond secara cepat dan cermat, sehingga menghasilkan potongan roll kain Spunbond yang rapi, halus, presisi, tentunya tidak meninggalkan potongan serat yang tidak teratur, sehingga didapatkan potongan kain Spunbond yang sempurna. Kami dari Toko Mesin Solusindo memiliki alat atau mesin yang bisa memotong roll kain Spunbond dengan rapi dan presisi yaitu “Mesin Pemotong Roll Kain Spunbond”. Ada beberapa kelebihan dan keuntungan yang bisa diperoleh apabila menggunakan Mesin Pemotong Kain dari kami yaitu :

1. Mesin Pemotong Roll Kain Spunbond ini memiliki ragum yang melingkar yang terletak diujung roll kain Spunbond yang akan dipotong, bisa disetel mengikuti Diameter dari roll kain dan bobinnya, dapat mencengkeram roll kain dengan erat pada saat berputar pada as mesin, sehingga menghindari kemungkinan roll kain bergeser pada saat dipotong. Dengan demikian roll kain Spunbond dapat dipotong dengan sempurna sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

2. Alat ini juga dilengkapi dengan pisau baja yang di letakkan pada dudukan yang kokoh, dimana dudukan pisau tersebut bisa disetel untuk menarik dan mengendurkan pisau baja tersebut, jadi pada saat proses pemotongan roll kain tersebut pisau baja ditarik dengan kencang, sehingga pisau menjadi kuat, kaku dan tidak lentur pada saat proses pemotongan roll kain.

3. Mesin Pemotong Kain Masker ini dilengkapi dengan garis ukuran pemotongan dalam skala milimeter, ini bertujuan untuk memberikan ukuran yang akurat dan presisi pada saat pemotongan dengan ketebalan potongan sesuai dengan yang diinginkan.

4. Mesin ini ditopang dengan rangka yang kuat, dari kanal UNP, sehingga bisa menopang mesin dengan kuat pada saat melakukan proses pemotongan Roll Kain Spunbond yang memiliki beban lumayan berat.

5. Alat Pemotong Roll Kain ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relative murah dan tersedia banyak dipasaran.

6. Mesin Pemotong Kain Serbaguna ini merupakan produk lokal, karya anak bangsa, sehingga bisa dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami dari Toko Mesin Solusindo juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di tempat kami.

Dengan menggunakan Mesin Pemotong Roll Kain Spunbond dari kami ini maka kegiatan industri atau kerajinan dengan bahan kain Spunbond yang anda kerjakan akan lebih mudah dilakukan dan target pasar yang anda ingin raih dapat dilakukan dengan cepat, tentunya disertai dengan perhitungan yang cermat dan etos kerja yang mumpuni.