MANFAAT KELAPA MUDA DAN CARA PENGOLAHANNYA | ALAT PENGUPAS KELAPA MUDA DIAMOND

ALAT PENGUPAS KELAPA MUDA DIAMOND

Kelapa Tanaman Khas Daerah Tropis 

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, terletak di antara 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 derajat BT, membuat Indonesia terletak di bawah Garis Khatulistiwa. Dengan beriklim Tropis membuat Indonesia menjadi daerah yang terkenal dengan kesuburannya. Iklim tropis dengan kelembapan yang sedang membuat hampir semua jenis tanaman dan keragaman hayati dapat tumbuh subur di Indonesia ini. Tidak terkecuali dengan Pohon Kelapa. Hampir di seluruh penjuru di Indonesia, tanaman kelapa dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Tanaman Kelapa merupakan tanaman yang mudah dalam proses pertumbuhannya. Tidak memerlukan perlakuan atau perawatan yang rumit dalam mengembangbiakkannya. Tanaman Kelapa juga jenis tanaman yang kuat terhadap serangan berbagai hama penyakit. Terutama di daerah pesisir pantai, pohon Kelapa dapat tumbuh subur dan berkembang biak dengan maksimal.

Kegunaan Tanaman Kelapa Bagi Manusia

Tanaman Kelapa merupakan tanaman yang dapat dikatakan paling berguna bagi kehidupan manusia. Semua bagian dari tanaman Kelapa dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia. Mulai dari akarnya yang apabila dikeringkan kemudian dipotong-potong dibentuk menjadi Meubeler yang menarik, Batangnya yang kokoh, dipotong-potong menjadi kayu yang dapat dipergunakan untuk bahan pembuatan kusen pintu dan jendela, serta rangka atap rumah tinggal kita. Dari daunnya, dikeringkan dan dibuat menjadi berbagai macam anyaman tikar, tas, ataupun barang kerajinan etnic. Dari tulang daunnya, dapat menjadi lidi yang bisa dijadikan sapu lidi untuk keperluan rumah tangga. Dan yang paling utama adalah buah Kelapa ataupun Kelapa muda bisa diolah menjadi bermacam-macam bahan utama kuliner kita sehari-hari, diantaranya Santan, MinyakGoreng, VCO, dan air kelapanya sendiri sangat sehat untuk dikonsumsi sehari-hari karena mengandung bebagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan Sabut Kelapa yang dulu hanya menjadi sampah ataupun limbah, sekarang dapat diolah lagi menjadi barang yang lebih berguna dalam kehidupan kita. Sabut Kelapa dan batok kelapa dapat dijadikan arang yang merupakan bahan bakar alternatif pengganti jenis bahan bakar minyak.

Kandungan Dalam Air Kelapa

Manfaat air kelapa tidak hanya sebagai penghilang rasa dahaga, dengan berbagai kandungan nutrisi didalamnya membuat air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam 1 cangkir atau sekitar 240 ml air kelapa murni terkandung 46 kalori dan beragam nutrisi seperti, Karbohidrat, Serat, Protein, Vitamin C, Mineral seperti Magnesium, Kalium, Kalsium, juga mengandung Antioksidan. Dengan sedemikian banyaknya kandungan mineral di dalam air kelapa, maka ada beberapa manfaat air kelapa apabila kita mengkonsumsinya diantaranya :

1. Meningkatkan Stamina Tubuh. Hal ini karena terdapat kandungan Karbohidrat dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi.

2. Mencegah Dehidrasi. Air kelapa kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh. Air kelapa mengandung beragam Antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Selain itu dengan adanya zat Antioksidan dalamnya, maka air kelapa ini dapat dipergunakan sebagai penangkal racun apabila seseorang mengalami keracunan setelah salah mengkonsumsi makanan atau minuman yang ternyata membahayakan tubuh.

4. Menurunkan Resiko Terjadinya Serangan Jantung. Air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor resiko serangan jantung.

5. Mencegah Penyakit Batu Ginjal. Air Kelapa dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal. Hal ini menjadikan air kelapa efektif untuk mencegah batu ginjal.

6. Menurunkan Tekanan Darah. Hal ini karena air kelapa mengandung Kalium yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Dengan mengkonsumsi secara tepat maka beragam manfaat air kelapa yang tersebut diatas dapat kita peroleh dengan mudah. Adapun mengkonsumsi air kelapa yang tepat adalah sebaiknya mengkonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa dan disarankan tidak menambahkan gula atau pemanis buatan atau bahan lainnya semisal bahan pengawet dan pewarna pada saat mengkonsumsinya.


Cara Memperoleh Air dan Daging Kelapa Muda Secara Mudah

Buah Kelapa memiliki cangkang atau kulit yang sangat keras dan berlapis. Sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama apabila kita mengupas dan membelah secara manual buah kelapa untuk mendapatkan air dan dagingnya. Bahkan kalau kita tidak berpengalaman dalam membelah buah kelapa maka akan beresiko terluka atau cedera terkena golok atau pisau apabila kita tidak berhati-hati dalam mengupas dan membelah buah kelapa tersebut. Dibutuhkan mesin atau alat yang dapat mengupas dan membelah kelapa muda dengan mudah, cepat dan praktis. Kami dari Toko Mesin Solusindo memilikinya yaitu “Alat Pengupas Dan Pembelah Kelapa Muda”. Ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang dapat diperoleh apabila menggunakan Alat Pengupas & Pembelah Kelapa Muda dari kami diantaranya :

1. Alat Pengupas Dan Pembelah Kelapa Muda ini memiliki pisau pengupas kulit kelapa yang dipasang pada dudukan yang bisa bergerak dimajukan dan dimundurkan, dan pisau disetel dengan sudut dan kemiringan sedemikian rupa sehingga bisa dengan mudah mengupas kulit bagian samping dari kelapa muda sampai dengan ketebalan kupasan sesuai dengan yang diinginkan.

2. Alat ini juga dilengkapi dengan pegangan buah kelapa yang akan dikupas, pada bagian atas dan bawah dengan sistem “dijepit”, sehingga buah kelapa yang diputar kencang pada saat dikupas, tidak terlepas dari sumbunya, sehingga kelapa muda dapat dikupas kulitnya dengan sempurna.

3. Mesin Pengupas Kelapa ini berpenggerak Dinamo yang berfungsi untuk memutar Kelapa Muda pada sumbunya, dan daya yang dibutuhkan juga sangat efisien.

4. Alat Pembelah Kelapa Muda ini dilengkapi juga dengan Pisau Pembelah yang kuat, dari bahan pilihan sehingga mampu dengan mudah membelah kelapa muda setelah dikupas dan akan diambil dagingnya. Selain itu alat ini dilengkapi dengan dudukan kelapa yang berbentuk gigi-gigi tajam yang berfungsi untuk memegang buah kelapa pada saat dibelah.

5. Mesin ini ditopang dengan rangka yang kuat dan kokoh sehingga bisa menopang pada saat melakukan kegiatan pengupasan dan pembelahan kelapa muda.

6. Keseluruhan bahan dari Alat ini adalah Stainless Steel Foodgrade, sehingga air atau daging kelapa muda yang dihasilkan dari proses pengupasan dan pembelahan alat ini sangat aman untuk dikonsumsi.

7. Alat Kelapa Muda ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relative murah dan tersedia banyak dipasaran.

8. Mesin Pembuat Kelapa Muda Diamond ini merupakan produk lokal, karya anak bangsa, sehingga bisa dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami dari Toko Mesin Solusindo juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di Toko Mesin Solusindo.

Dengan menggunakan Alat Pengupas Dan Pembelah Kelapa Muda ini maka kegiatan mengupas & membelah kelapa muda untuk diambil air dan dagingnya dapat dengan mudah dan praktis dilakukan, dan tentunya tidak beresiko terluka atau cedera seperti apabila dilakukan secara manual.