MANFAAT JAGUNG | TEKNOLOGI MESIN PENGOLAHAN JAGUNG

ALAT PENGOLAHAN JAGUNG | MESIN PEMIPIL JAGUNG

Khasiat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Jagung bisa disebut makanan pokok terpopuler di Indonesia setelah nasi. Dari dulu hingga sekarang jagung menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat kita pada umumnya. Mengapa Jagung menjadi makanan yang bisa dibilang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat kita ? Karena dalam tanaman Jagung mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga sangat baik apabila dikonsumsi sehari-hari. Ada beberapa khasiat yang bisa didapat apabila mengkonsumsi Jagung yaitu :

1. Merupakan sumber Kalori yang bagus. Jagung merupakan sumber Kalori yang tinggi. Kandungan Kalori dalam Jagung adalah 342 kalori per 100 gram, sehingga menjadi salah satu jenis sereal yang berkalori paling tinggi.

2. Mengurangi resiko Wasir. Kandungan serat dari satu cangkir jagung mencukupi 18.4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh, sehingga akan mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

3. Sumber Vitamin. Jagung kaya akan Vitamin B, khususnya zat Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif, sedangkan kekurangan Niacin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare dan juga kekurangan gizi. Jagung juga merupakan sumber Vitamin A. Warna kuning pada jagung merupakan sumber yang kaya beta karoten, yaitu zat pembentuk Vitamin A.

4. Kaya Mineral. Jagung mengandung mineral melimpah yang dibutuhkan oleh tubuh,  diantaranya fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan tembaga, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

5. Sifat Antioksidan. Jagung merupakan sumber makanan yang kaya akan zat antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas penyebab Kanker.

6. Melindungi Jantung. Minyak jagung memiliki sifat anti aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi resiko berbagai penyakit kardiovaskular.

7. Mencegah Anemia. Vitamin B12 dan asam folat terkandung dalam jagung, untuk mencegah anemia karena kekurangan Vitamin dan zat tersebut.

8. Menurunkan Kolesterol LDL. Dengan konsumsi minyak kulit jagung akan menurunkan kolesterol LDL.

9. Mengontrol Diabetes dan Hipertensi. Konsumsi biji jagung dapat membantu mengelola kadar insulin dan efektif terhadap hipertensi karena adanya zat phytochemical fenolik dalam jagung.

Dengan sedemikian banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman jagung, maka tidak heran apabila jagung banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita sebagai makanan sehari-hari, ataupun asupan beberapa dari kita yang sedang menjalani program diet.

HASIL JAGUNG PIPIL UTUH

Cara Menanam Jagung Yang Praktis

Jagung termasuk tanaman yang mudah untuk pembudidayaan nya. Mengapa demikian? Karena tanaman jagung adalah adalah tanaman yang dapat ditanam dengan sistem Tumpangsari, atau selingan, jadi biasanya jagung dibuat tanaman penyeling pada saat kita menanam Padi. Selain itu Jagung juga bisa di budidayakan di rumahan, atau kebun ukuran kecil dengan menggunakan pot, sehingga tidak harus membutuhkan tanah yang luas dalam pembudidayaannya, asalkan kita benar-benar memperhatikan tahap-tahap penanamannya. Dalam penanaman jagung kita harus memperhatikan tahap-tahapannya yaitu,

Pilih Bibit Jagung yang bagus. Sebaiknya kita memilih bibit jagung kualitas unggul atau merk terkenal jika membelinya di kios pertanian.

Siapkan Tanah untuk Media Tanam. Untuk menanam Jagung dibutuhkan tanah yang gembur. Namun pertama-tama tanah harus bersih dari sisa-sisa tanaman lama atau rerumputan.

Menanam Bibit Jagung. Taburkan Bibit Jagung sebanyak 2-3 biji Jagung dalam lubang yang telah kita buat sedalam 3 hingga 5cm, dengan jarak tanam atau lubang antara 90 x 60cm.

Waktu Penyiraman. Sirami Jagung 2 hingga 3 kali seminggu, atau ketika 3cm bagian atas tanah mulai mengering.

Berikan Pupuk Tambahan. Berikan 120gram pupuk untuk setiap 1.5 m2 bedengan saat batang jagung tumbuh memiliki delapan daun. Taburkan pupuk di sekitar tanaman, lalu sirami bedengan agar meresap ke dalam tanah.

Pantau Hama dan Penyakit. Jagung dapat terserang cacing potong, cacing kabel, cacing telinga jagung, kumbang kutu, dan pengerek jagung. Teteskan minyak mineral didalam ujung setiap telinga jagung untuk melapisi dan membuat cacing telinga mati, demikian juga pada batang jagung, sehingga pengerek jagung tidak dapat membuat lubang terowongan dalam batang jagung. Tikus juga merupakan hama yang serius pada jagung, jadi kita harus buat perangkap untuk membasminya.

Dengan kita memperhatikan tahap demi tahap dalam perkembangbiakan Jagung, maka dapat menghasilkan jagung dengan kualitas unggul dan bagus.

HASIL BONGKOL JAGUNG BERSIH

Teknologi Mesin Pengolahan Jagung

Panen jagung dapat dilakukan apabila Jumbai atau rambut pada jagung mengering dan berubah warna menjadi Cokelat, atau sekitar 3 minggu setelah jumbai pertama terbentuk. Kupas kulit jagung dan dorong kernel atau biji dengan kuku untuk menguji kematangannya.  Jagung siap dipetik jika bijinya cukup empuk untuk ditusuk dan sarinya tampak seperti susu. Tarik bagian telinga jagung ke bawah sambil memutar tajam untuk melepaskan dari tangkainya. Setelah dipanen, dipetik, kita bisa menjemurnya sampai kering. Setelah kering, buah jagung bisa disimpan atau dipipil untuk memisahkan biji jagung dari janggelnya. Untuk jagung yang siap dipipil jagung harus benar-benar kering,  diperlukan sekitar 3 hari waktu pengeringan dengan memanfaatkan sinar matahari, dan sebaiknya dari pukul 08.00 s.d 11.00, untuk menghasilkan tingkat kekeringan jagung yang pas dan maksimal.  Perlu diingat kita harus melakukan dengan cermat dalam melakukan proses pemipilan jagung baik dari segi tingkat kekeringan jagung dan alat atau mesin yang dipergunakan, mengapa demikian? Agar kita dapat menghasilkan butiran jagung yang utuh dan meminimalkan butiran jagung yang rusak ataupun pecah. Diperlukan alat atau mesin yang dapat memipil jagung dengan otomatis dan cepat, dan menghasilkan butiran jagung yang utuh dan minim hancur atau pecah. Kami dari Toko Mesin Solusindo memiliki alat atau mesin yang bisa memipil jagung secara otomatis dan cepat, tentunya dengan kualitas butiran jagung yang utuh dan minim hancur atau pecah, yaitu “Mesin Pemipil Jagung”. Adapun kelebihan atau keuntungan yang bisa diperoleh apabila menggunakan Mesin Pemipil jagung dari kami diantaranya :

1. Alat Pemipil Jagung ini menggunakan silinder yang dilengkapi atau diselimuti dengan besi yang membentuk alur seperti screw dengan maksud, apabila di putar dan dan bertemu dengan besi kotak yang dipasang sepanjang silinder yang berfungsi sebagai pisau statis, maka dengan otomatis akan memipil jagung, memisahkan butir jagung dari bonggolnya. Butir jagung akan keluar dari sisi kiri dan kanan pisau silinder melalui lubang vorporasi, dan keluar melalui hopper out, sedangkan bonggol jagung akan otomatis keluar mengikuti alur besi yang dipasang sepanjang pisau silinder dan keluar dari hopper out yang berbeda dari tempat keluarnya butiran jagung hasil pipilan. Dengan sistem kerja seperti ini maka akan menghasilkan butiran jagung yang utuh minim hancur atau pecah dengan waktu yang cepat singkat, sehingga bersifat sangat efisien dalam masalah waktu yang diperlukan untuk melakukan kegiatan usaha atau produksi jagung pipil.

2. Dalam pengoperasiannya, mesin ini tidak memerlukan banyak operator, dengan 1 atau maksimal 2 orang sudah bisa melakukan kegiatan produksi.

3. Memiliki rangka besi yang kokoh dan kuat sehingga kuat menopang mesin manakala melakukan kegiatan produksi.

4. Mesin Pipil Jagung ini memiliki desain yang Kompak, dan Portable, tidak terlalu besar, tidak memakan banyak tempat, sehingga sangat efisien untuk dipergunakan dalam skala Home Industry, atau Industri Rumahan.

5. Mesin ini menggunakan penggerak yang bersifat opsional, bisa menggunakan Dinamo dan daya yang dibutuhkan juga sangat efisien, mengikuti kapasitas produksi yang dihasilkan, bisa juga menggunakan Diesel sebagai penggeraknya.

6. Alat Perontok Biji Jagung ini merupakan produk local, karya anak bangsa, sehingga dapat dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami dari Toko Mesin Solusindo juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di Toko Mesin Solusindo.

Dengan menggunakan Mesin Pemipil Jagung dari kami, maka kegiatan memipil jagung dapat dilakukan dengan cepat, aman, dan efisien sehingga akan dapat mencapai hasil yang maksimal, sesuai dengan apa yang diharapkan.