ES BALOK MURAH UNTUK KEMAJUAN NELAYAN INDONESIA | INOVASI MESIN ES BALOK MINI

MESIN ES BALOK MINI SANGAT COCOK UNTUK NELAYAN PERORANGAN DAN UKM

Anda tentu sudah tidak asing dengan es balok, dan pasti anda sudah pernah melihat es balok digunakan untuk banyak hal di pasar tradisional, tempat pengolahan ikan, pabrik, dan usaha kecil menengah. Tetapi yang perlu anda ketahui, es balok lebih sering digunakan oleh nelayan untuk menyimpan ikan hasil tangkapan laut agar produk perikanan mereka tetap segar sampai ke tangan konsumen.

Anda harus bisa membedakan es balok dengan es tube, karena kedua es batu ini berbeda fungsi. Es tube, lebih sering digunakan untuk mendinginkan minuman, sedangkan es balok lebih sering digunakan untuk mendinginkan daging segar. Jangan sampai salah menggunakan es balok untuk minuman, karena buruk untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Masalah Yang Dialami Nelayan Tentang Es Balok


Banyak problem yang dimiliki nelayan saat ini, khususnya es balok yang selalu dibutuhkan para nelayan saat akan berlayar, untuk menyiapkan hasil tangkapan mereka agar tetap segar. Jika untuk nelayan perorangan, akan susah untuk membawa es balok besar berukuran 50kg, dan tentu akan membuang tempat banyak karena nelayan perorangan juga harus memikirkan tempat untuk ikan tangkapan mereka.

Untuk beberapa wilayah tertentu, harga es balok juga masih termasuk tinggi, sehingga keuntungan nelayan tidak seberapa jika mereka harus membeli es balok 50kg sedangkan yang digunakan hanya ukuran kecil saja. Tentu akan membuang peluang pendapatan jika dilakukan pola seperti ini dalam jangka waktu panjang.

Es balok murah menjadi sasaran utama para nelayan perorangan agar mereka mendapatkan keuntungan maksimal.

Kegunaan Es Balok Di Setiap Sektor


Es balok dalam bentuk besar, atau ukuran 50 kg lebih sering digunakan untuk pabrik, nelayan dengan kapal besar, dan juga pasar tradisional. Kegunaan es balok cukup beragam, disesuaikan dengan kebutuhan tiap konsumen. Meski berbeda di beberapa sektor, tetapi kegunaan es balok sama, untuk mendinginkan daging atau ikan agar kualitas daging tetap segar sampai ke tangan pembeli.

Untuk pabrik ikan kaleng,seafood, atau produk makanan yang berhubungan dengan daging dan ikan, saat pengantaran menuju ke pabrik ikan ini akan di dinginkan dengan es balok agar kualitas tidak berubah sampai ke tempat pengolahan. Tentu anda tahu suhu di luar ruangan akan berpengaruh pada ikan yang belum diolah, apalagi hasil tangkapan langsung dari nelayan.

Begitu juga dengan nelayan perorangan atau nelayan dengan kapal besar, mereka akan menggunakan es balok untuk menjaga suhu ikan agar daging tetap segar, karena konsumen hanya akan membeli ikan yang berkualitas dan tidak busuk. Untuk kapal besar, para nelayan tidak akan kesusahan dalam menaruh beberapa es balok sekaligus, karena ukuran kapal yang cukup besar.

Akan menjadi masalah untuk nelayan perorangan yang mempunyai tempat terbatas, tetapi mereka harus menyimpan es balok untuk daging ikan mereka. Maka dari itu dibutuhkan inovasi baru untuk membantu nelayan dalam menyediakan es balok dengan bentuk kecil yang pas dengan ukuran kapal mereka.

Mesin Cetak Es Balok Mini Dari Toko Mesin Solusindo


Toko MesinSolusindo mengeluarkan inovasi terbaru untuk membantu nelayan seluruh Indonesia dalam membuat es balok yang lebih praktis dengan ukuran kecil yang cocok untuk skala nelayan perorangan. Tersedia mesin es balok dengan kapasitas 5Kg (es balok) atau kapasitas 1Kg (es kantong plastik).

Dengan mesin cetak es balok skala nelayan perorangan ini, tentu anda lebih menghemat biaya dan menjadi peluang usaha untuk anda yang ingin menjual es balok untuk membantu para nelayan agar mereka mendapatkan es balok dengan bentuk lebih kecil yang pas untuk kapal mereka. Terlebih lagi, para nelayan bisa mendapatkan es balok harga murah.

Inovasi terbaru dari Toko Mesin Solusindo, menyediakan mesin cetak es balok mini dengan sistem hemat energi, portable dengan memakai roda. Pengoperasian mesin mudah, dan perawatan mesin pun mudah. Akan menjadi andalan para nelayan di seluruh wilayah Indonesia untuk menggunakan mesin es balok mini dengan teknologi outdoor AC.

Berikut adalah spesifikasi mesin pembuat es balok Toko Mesin Solusindo :

Single Box

Merk : MULTITECH

Type : IBM - KP 50

Kapasitas : 10 Pcs @5Kg (Es Balok) | 50 Pcs @1Kg (Es Kantong Plastik)

Rangka : Besi Siku | Kanal UNP

Cetakan Es : Stainless Steel

Daya : 700 Watt

Voltase : 220 Volt | 1 Phase

 

Double Box

Merk : MULTITECH

Type : IBM - KP 100

Kapasitas : 20 Pcs @5Kg (Es Balok) | 100 Pcs @1Kg (Es Kantong Plastik)

Rangka : Besi Siku | Kanal UNP

Cetakan Es : Stainless Steel

Daya : 1100 Watt

Voltase : 220 Volt | 1 Phase


Peluang Usaha Es Balok Dan Es Kantong Plastik

HASIL ES BALOK MINI

HASIL ES KANTONG PLASTIK

Setelah anda melihat inovasi terbaru dari mesin es balok Toko Mesin Solusindo, ada beberapa peluang usaha yang bisa anda manfaatkan. Anda bisa menjadi supplier es balok untuk nelayan di daerah anda, dengan harga yang bersaing, dan proses produksi pun cepat. Anda akan balik modal dalam waktu singkat dengan keuntungan yang terus menerus, karena es balok adalah bahan yang selalu dibutuhkan oleh para nelayan.

Anda juga bisa menggunakan mesin cetak es balok mini untuk memproduksi es kantong plastik untuk dijual langsung atau mengirim ke warung, rumah makan, atau pedagang minuman. Setiap harinya para pedagang atau pemilik warung tentu membutuhkan es kantong plastik untuk kebutuhan menu minuman mereka. Maka dari itu, menjual es kantong plastik merupakan peluang usaha yang tidak akan habis dimakan zaman.

Langkah Awal Memulai Usaha Es Balok

Untuk memulai usaha es balok, pastikan anda survei terlebih dahulu daerah tempat tinggal anda. Pastikan apakah banyak agen dan konsumen yang masih sangat membutuhkan es balok di sekitar anda, dan seberapa jauh jarak rumah anda dengan nelayan yang akan mencari ikan setiap harinya. Akan sangat cocok jika anda memulai usaha es balok di dengan tempat pelelangan ikan, atau dekat dengan pesisir laut.

Saat anda melakukan survei, pastikan anda mencari tempat-tempat seperti pasar ikan, tempat nelayan, dan juga pasar tradisional yang memungkinkan anda untuk menggunakan lokasi tersebut untuk mencari pelanggan anda.

Anda juga perlu memantau produsen es balok di dekat tempat tinggal anda, untuk melihat kualitas dari produk mereka dan juga harga es balok yang ditawarkan. Dengan menggunakan mesin cetak es balok mini dari Toko Mesin Solusindo, tentu harga es balok anda bisa bersaing.

Pastikan es balok buatan anda terjaga kebersihannya, karena para pelanggan anda juga akan bergantung pada kualitas es balok yang anda jual. Saat anda akan memulai usaha es balok, anda juga perlu menghitung kebutuhan usaha anda, seperti listrik, tempat produksi, dan juga transportasi (jika anda menggunakan sistem antar es balok).