TANAMAN PORANG | MANFAAT TANAMAN PORANG | MESIN PENGOLAHAN PORANG

Budidaya Tanaman Porang

Apakah anda pernah mendengar tentang tanaman porang? Jika belum, tentu anda harus mengetahui hal ini, sebab peluang usahanya sangat besar dan tingkat keuntungannya sangat tinggi. Bisnis porang ini sudah dilakukan dan sukses oleh petani desa Kepel, Jawa Timur dan sudah menjadi miliarder. Peluang bisnis tanaman porang ini ramai pada tahun 2020, dan akan terus berkembang sampai beberapa tahun kedepan.

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang usaha porang, kita harus mengetahui beberapa hal mengenai apa itu tanaman porang, bagaimana cara menanamnya, dan bagaimana usaha porang sampai dikirim untuk ekspor. Tanaman porang ini mempunyai berbagai macam manfaat dan bisa diolah menjadi beberapa campuran pembuatan produk. Mari kita pelajari lebih dalam.

Apa Itu Tanaman Porang?

Amorphophallus muelleri  atau Porang adalah penghasil tanaman umbi yang dapat digunakan untuk campuran makanan dan juga dapat dimakan. Tanaman ini sering disebut dengan iles-iles, dan penampilannya hampir sama dengan walur dan suweg.

Porang termasuk terna, yaitu tumbuhan dengan batang tidak membentuk kayu. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan tahunan, yaitu tumbuhan yang dapat terus hidup setelah reproduksi dalam jangka waktu lebih dari dua tahun.

Porang termasuk umbi tunggal dan mengandung pati yang mempunyai banyak komposisi mannan (cadangan energi yang disimpan dalam umbi atau biji). Warna umbinya kuning cerah, sehingga bisa dibedakan dengan suweg yang mempunyai warna umbi putih.

Darimana Asal Tanaman Porang?

Iles - iles atau Porang mulai ditemukan di India, dan menyebar melalui Myanmar, masuk ke Thailand, lalu ke Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh di beberapa tempat, seperti di hutan, bawah rumpun bambu, tepi sungai, dan di bawah aneka ragam naungan.

Produksi umbi tinggi dibawah naungan 50 – 60%. Porang bisa ditanam di dataran rendah sampai dengan 1000 m di atas permukaan laut. Suhu menanam porang antara 25 – 35 derajat Celcius, dan membutuhkan curah hujan diantara 300 – 500 mm per bulan. Jangan sampai menanam porang di suhu lebih dari 35 derajat Celcius, karena tumbuhan akan mengalami dormansi dan bisa terbakar.

Iles-iles atau porang ini lebih cocok di tanah berstruktur ringan dengan tanah liat berpasir dan kaya unsur hara. Porang belum banyak dibudidayakan meski sudah banyak tersebar di pekarangan atau di hutan.

Manfaat Tanaman Porang

Apa Saja Manfaat Porang?

Kandungan glukomannan para tepung umbi porang sering digunakan untuk bidang industri dan kesehatan. Umbinya besar, dengan cita rasa yang bisa dipadukan dengan berbagai bahan sebagai bahan baku kue modern dan tradisional.

Tepung porang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan mi, tahu, agar-agar, roti, lem, dan kosmetik. Porang mempunyai serat pangan jumlah besar dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, kencing manis, kanker usus besar, divertikular, dan kardiovaskular.

Di beberapa negara, umbi iles-iles sering digunakan tepungnya untuk membuat roti atau mi instan. Sedangkan di Indonesia, lebih sering diolah tepungnya untuk di ekspor ke luar negri. Permintaan tepung porang setiap tahunnya semakin tinggi, meski masih belum banyak yang membudidayakan porang.

Harga Porang Di Pasaran

Menurut Kementrian Pertanian Republik Indonesia, tanaman porang telah tercatat 254 ton ekspor dengan nilai ekspor Rp. 11,31 miliar dengan negara tujuan Jepang, China, Australia, dan Vietnam. Harga porang segar Rp. 4.000 / kg dan olahan porang siap ekspor Rp. 14.000 / kg.

Perkiraan Keuntungan Bisnis Porang

Jika kita lihat harga umbi porang sekitar Rp 2.500 dan per satu biji umbi porang bisa mencapai 5kg, dalam hitungan 100 pohon saja bisa menghasilkan Rp 1.250.000. Jika petani mempunyai luas lahan 1 hektar, bisa ditanam 6.000 bibit, dan bisa menghasilkan 24 ton/hektar. Dalam hitungan kasar, untuk 24 ton umbi porang bisa menghasilkan Rp 60 juta.

Dengan hasil umbi porang yang sering dimanfaatkan tepungnya, pengolahan porang pun beragam, anda bisa menjual porang per biji, atau diolah tepungnya untuk di ekspor atau untuk ditawarkan ke produk lokal untuk pembuatan roti, mi, atau jelly.

Apakah Ada Mesin Untuk Pengolahan Porang?

Toko Mesin Solusindo telah berinovasi untuk proses pengolahan porang. Dikarenakan porang lebih sering diolah tepungnya, maka ada beberapa mesin yang dapat digunakan untuk mengolah dari umbi porang sampai menjadi tepung.

Beberapa mesin yang dapat digunakan adalah Mesin Chopper, Mesin Appo, Mesin Rotary Dryer, dan Mesin Hummer Mill.

Mesin Chopper berfungsi sebagai proses perajang umbi porang dengan ukuran potongan yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Lalu dicacah kecil-kecil menggunakan Mesin Appo. Proses menggunakan Appo ini bisa langsung beberapa kilo sekaligus, sehingga proses produksi tepung akan lebih cepat dan praktis.

Setelah proses pencacahan selesai, lalu hasil olahan porang akan dikeringkan menggunakan Rotary Dryer. Setelah benar-benar kering, proses penepungan pun dilakukan menggunakan Mesin Hummer Mill.

Mesin Chopper Pengolahan Porang

Mesin Chopper Perajang Porang

Mesin perajang dengan sistem cepat dapat merajang bahan sekitar 3-5 cm. Tersedia beberapa kapasitas produksi, menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna mesin. Yang sering digunakan adalah kapasitas 200 Kg/jam dengan pisau baja.

Mesin Appo Umbi Porang

Mesin APPO Pencacah Porang

Hasil dari proses Chopper akan dimasukkan ke Mesin Appo dengan proses dicacah kecil - kecil. Sering digunakan untuk proses pembuatan pupuk atau pakan ternak, dengan proses cacahan yang cepat. Mesin ini unggul untuk proses pencacahan karena tidak mudah terlilit oleh bahan meski mempunyai serat panjang.

Pisau yang digunakan adalah pisau baja, sehingga aman untuk pengolahan tepung porang. Ketajaman sudah diuji, dan cocok digunakan untuk mencacah umbi porang, dan bahan lainnya seperti dahan pisang, jerami, dan rumput.

Mesin Rotary Dryer Pengering Hasil Porang

Mesin Rotary Dryer Pengering Porang

Mesin pengering serbaguna ini sangat cocok untuk pengering dengan sistem hembusan panas dari tungku pembakaran yang dihembuskan oleh blower. Terdapat indikator suhu, sehingga suhu panas dalam mesin bisa diatur sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Hasil cacahan kecil - kecil dari mesin Appo akan dikeringkan terlebih dahulu sebelum ditepungkan. Proses pengeringan akan memudahkan produksi tepung, meski bahan merupakan bahan basah.

Mesin Hammer Mill Tepung Porang

Mesin Penepung Porang | Hammer Mill

Mesin penepung hammer mill ini dapat menghancurkan dengan mudah berbagai bahan seperti jagung, kopi, beras, dan juga umbi porang. Tersedia berbagai macam spesifikasi dari kapasitas 200 - 1.000 Kg/jam.

Untuk hasil bahan yang ditepungkan bisa melalui permintaan, sehingga bisa diganti saringan vorporasi nya. Silo mesin atau cyclone digunakan sebagai penampung dan penghantar hasil tepung atau debu olahan Hammer Mill.

Tunggu Apa Lagi? Segera Mulai Usaha Tanaman Porang Anda!

Anda sudah mengetahui beberapa pengertian dasar mengenai tanaman porang. Untuk saat ini, petani yang membudidayakan porang tidak begitu banyak , padahal dari tahun 2018 saja sudah mencapai miliaran untuk hasil ekspor porang. Tentu hal ini menjadi peluang bisnis baru anda, untuk menanam umbi porang dan mengolahnya menjadi tepung porang dengan bantuan mesin pertanian dari Toko Mesin Solusindo.