ROTARY DRYER MINI | MESIN PENGERING SERBAGUNA | ALAT PENGERING MULTIFUNGSI

Mesin Pengering Serbaguna | Rotary Dryer Mini

Dari dulu hingga sekarang, negara Indonesia adalah negara berkultur dan negara agraris. Sebagian besar masyarakatnya, terutama yang tinggal di daerah pedesaan mempunyai kegiatan bercocok tanam. Berbagai macam hasil panen dari bercocok tanam dapat dinikmati oleh kita semua yang tinggal di daerah perkotaan merupakan hasil jerih payah dari para petani kita di pedesaan. Yang paling kita rasakan adalah Padi yang merupakan makanan pokok bagi kita, sebagian besar merupakan hasil panen dari para petani kita di daerah pedesaan. Tapi kalau kita cermati bersama hampir 65% para petani kita masih memakai metode tradisional dalam berkegiatan bercocok tanam, masih menggunakan cara-cara sederhana atau manual dan mengandalkan alam dalam kegiatan bercocok tanam, sehingga panen yang dihasilkan tidak maksimal, tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ini terbukti sekaligus menjadi keheranan tersendiri, dengan tanah yang sedemikian suburnya, sumber daya yang melimpah, tapi kenyataannya kita masih harus mengimpor beras dari negara lain, kita masih harus mengimpor Gula dari negara lain juga, dan masih banyak lagi bahan-bahan pangan yang harusnya bisa kita cukupi dari dalam negeri sendiri, ironisnya harus import dari negara lain. Ini tentu tidak akan baik apabila keadaan seperti ini berlangsung terus menerus.

Harus ada usaha dari kita semua, baik dari masyarakat itu sendiri, ataupun dari pemerintah melalui dinas-dinas terkait untuk lepas dari kondisi seperti ini. Langkah yang harus kita lakukan adalah mengusahakan bagaimana caranya untuk meningkatkan hasil panen dari para petani kita. Perlu rekayasa Teknologi Tepat Guna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen dari para petani. Rekayasa Teknologi diperlukan untuk mempersingkat waktu panen dengan hasil yang secara kualitas dan kuantitas menjadi lebih baik daripada sistem pertanian yang dilakukan secara tradisional. Rekayasa Teknologi harusnya diterapkan pada setiap tahap dalam bercocok tanam, mulai dari persiapan penanaman, sampai pada tahap akhir pengolahan hasil panen dan penyimpanan hasil panen. Contoh kasus permasalahan yang banyak dihadapi para petani kita adalah pada saat setelah panen padi  ataupun jagung, akan melakukan pengeringan gabah atau jagung biasanya dilakukan dengan dijemur dan dihampar pada terik matahari. Yang menjadi masalah adalah pada saat musim penghujan dan ini berlangsung kurang lebih enam bulan, apabila ini dibiarkan maka hasil panen tidak dapat kering dengan maksimal, bahkan apabila padi atau jagung tersebut disimpan dalam gudang atau lumbung maka hasil panen tersebut menjadi rusak dan berjamur yang kemudian membusuk karena disimpan tertumpuk-tumpuk dengan masih ada kandungan air didalamnya. Ini tentu menjadi masalah yang serius apabila dibiarkan terus. Dalam hal ini dibutuhkan rekayasa teknologi, dibutuhkan alat atau mesin yang bisa menggantikan fungsi sinar matahari sebagai pengering. Kami dari Toko Mesin Solusindo memiliki alat pengering hasil panen dengan teknologi terbaru, dapat mengeringkan hasil panen secara maksimal tanpa merusak tekstur atau bentuk dari butir-butir padi atau jagung, yaitu  “Mesin Rotary Dryer”. Ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa diperoleh apabila menggunakan Mesin Rotary Dryer dari kami diantaranya :

1. Rotary Dryer ini sudah mengalami penyempurnaan secara fungsi bila dibandingkan dengan alat oven atau pengering konvensional. Cara kerja mesin ini adalah bahan atau butiran hasil panen dimasukkan ke dalam hopper in di ujung, kemudian bahan masuk ditampung ke dalam tabung pengering yang berputar secara otomatis dimana didalam tabung dilengkapi dengan sirip-sirip besi model screw yang menempel di dinding tabung, yang berfungsi membawa bahan ke luar melalui hopper out diujung satunya. Dalam tabung yang berputar dihembuskan panas dari tungku pembakaran yang dihembuskan oleh blower. Bahan yang dikeringkan akan bergerak maju ke arah hopper out mengikuti putaran tabung dan sirip screw, bahan terbolak balik dengan sendirinya mengikuti putaran, sehingga bisa kering lebih merata bila dibandingkan menggunakan metode oven pengering biasa.

2. Mesin Pengering Serbaguna ini dilengkapi dengan indikator suhu atau temperatur (bersifat opsional), sehingga bisa mengontrol panas atau suhu dalam tabung. Dengan demikian bahan yang diolah bisa kering maksimal sesuai dengan suhu yang diinginkan.

3. Alat Pengering Multifungsi ini dilengkapi dengan pengatur kecepatan putaran pada tabung pemanas (bersifat opsional), ini berguna untuk mengatur ritme lamanya pemanasan dalam tabung sebelum bahan turun pada hopper out.

4. Mesin ini juga bisa dilengkapi dengan belt conveyor (bersifat opsional) yang secara otomatis membawa bahan yang akan dikeringkan menuju ke hopper in untuk selanjutnya dilakukan diproses pengeringan.

5. Alat ini ditopang dengan rangka yang kuat dan kokoh, sehingga mampu  menopang mesin pada saat melakukan kegiatan pengeringan.

6. Mesin Pengering ini memiliki penggerak dengan tenaga yang optimal, sehingga kerja mesin menjadi maksimal dalam melaksanakan proses pengeringan.

7. Mesin ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relative murah dan tersedia banyak dipasaran. Tersedia juga berbagai macam kapasitas mesin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi.

8. Alat Pengering Serbaguna ini merupakan produk lokal, karya anak bangsa, sehingga bisa dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di Toko Mesin Solusindo.

Dengan rekayasa teknologi yang kita lakukan, diharapkan akan dapat meningkatkan hasil panen para petani kita, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Dan tujuan jangka panjangnya dengan meningkatnya hasil panen maka diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri, tanpa harus import dari luar, dan endingnya kita bisa mencapai swasembada pangan dan menjadi bangsa yang mandiri, tidak tergantung dari campur tangan negara lain.