TEKNOLOGI MESIN PENGOLAHAN SAMPAH | MESIN SHREDDER PENGHANCUR SERBAGUNA UNTUK SEGALA SAMPAH

Mesin Shredder Penghancur Serbaguna

Proses Daur Ulang Sampah menjadi sangat penting pada saat sekarang ini, terutama untuk menanggulangi masalah sampah yang semakin hari semakin bertambah. Hal ini karena masalah sampah kian hari semakin sulit untuk ditanggulangi. Permasalahan sampah sudah sampai pada tahap yang mengkhawatirkan. Setiap hari berton-ton sampah dihasilkan baik dari sampah rumah tangga maupun sampah industri. Permasalahan sampah yang paling terasa adalah di daerah perkotaan. Dengan semakin padatnya penduduk, dan kegiatan industri yang terus bertambah dan berkembang, mengakibatkan kapasitas sampah semakin menggunung. Apabila tidak ditangani secara serius, maka akan menjadi bumerang bagi kita, sudah terbukti dengan berbagai macam bencana diantaranya banjir bandang, kebakaran, polusi udara, polusi tanah dan polusi air, dikarenakan lahan untuk pembuangan sampah semakin berkurang dan sedikitnya penanganan untuk pengolahan limbah sampah tersebut. Perlu diketahui bersama kita adalah penyumbang sampah terbesar ketiga di Dunia setelah Cina dan India. Jadi memang permasalahan sampah tidak hanya terjadi dalam skala regional, ataupun nasional, tapi menjadi permasalahan internasional dan juga permasalahan dunia.

Diperlukan kreatifitas dan usaha yang maksimal dengan segenap tenaga maupun pikiran untuk menanggulangi permasalahan sampah. Dibutuhkan kerjasama antara masyarakat dan instansi yang terkait dari tingkat paling bawah sampai atas untuk menanggulangi permasalahan sampah. Jangan sampai ada tindakan saling melempar tanggung jawab untuk menangani masalah sampah, karena ini memang manjadi tanggung jawab semua pihak, dan semua lapisan masyarakat. Salah satu cara yang dirasa efektif untuk menanggulangi permasalahan sampah adalah dengan cara proses daur ulang, yaitu memanfaatkan kembali sampah tersebut menjadi sesuatu yang bisa dipergunakan lagi. Jadi langkahnya adalah pertama memisahkan sampah menjadi sampah organik dan non organik. Langkah awal ini terbilang sangat penting, karena menjadi penentu selanjutnya, sampah ini akan dipergunakan kembali untuk menjadi barang apa yang berguna. Misalkan dengan sudah dipisah, maka sampah organik dapat dipergunakan menjadi kompos atapun menjadi pakan ternak, tentunya dengan melewati tahap-tahap daur ulang yang akan dilakukan terhadap sampah organik tersebut. Begitu pula dengan sampah non organik dapat dipergunakan kembali menjadi bahan kerajinan, bahan bangunan, sparepart ataupun onderdil mobil ataupun motor. 

Tahap selanjutnya adalah sampah tersebut, organik maupun non organik akan dihancurkan terlebih dahulu menjadi bahan mentah atau bahan setengah jadi yang siap untuk diolah menjadi berbagai macam barang yang dibutuhkan. Pada tahap penghancuran ini dibutuhkan mesin yang tepat dan kuat untuk menghancurkan segala macam sampah, baik kondisi basah ataupun kering. Kami dari Toko Mesin Solusindo memiliki alat atau mesin yang dapat menghancurkan segala macam sampah menjadi serpihan ataupun manjadi ukuran yang diinginkan, yaitu “Mesin Shredder”.  Ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang dapat diperoleh apabila menggunakan Mesin tersebut diantaranya :

1. Mesin Shredder Penghancur Serbaguna ini dilengkapi dengan dua buah pisau sisir yang berbentuk silinder terbuat dari baja pilihan yang sanggup menghancurkan segala jenis sampah baik  yang berukuran besar misal batang pohon, batang bambu, akar-akar tumbuhan, kertas, karton, plastik, kaca, ataupun sampah dari jenis logam atau besi sekalipun, dimana pisau berbentuk silinder ini disusun sejajar dengan posisi sisir pisau saling menyilang dan berputar secara otomatis bersamaan berlawanan, kearah dalam, sehingga bisa menarik bahan masuk ke dalam mesin untuk dihancurkan menjadi serpihan.

2. Mesin ini memiliki dimensi mesin yang lumayan besar, dengan Hopper in yang lebar, sehingga memungkinkan untuk mengolah sampah ukuran besar, dengan jumlah yang cukup memadai. Dimensi mesin dapat disesuaikan dengan kebutuhannya.

3. Mesin Shredder ini ditopang dengan rangka yang kuat dan kokoh, dari besi UNP pilihan sehingga bisa menopang mesin pada saat melakukan proses penghancuran.

4. Mesin Shredder Multifungsi ini memiliki penggerak dengan tenaga yang besar, sehingga kerja mesin menjadi maksimal dalam melaksanakan proses penghancuran. Apalagi bila bahan yang akan dihancurkan bersifat keras dan ulet.

5. Mesin ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relatif murah dan tersedia banyak dipasaran.

6. Mesin Shredder Penghancur Segala Sampah ini merupakan produk lokal, karya anak bangsa, sehingga bisa dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di Toko Mesin Solusindo.

Peran serta yang aktif dan berkesinambungan sangat dibutuhkan dalam menanggulangi permasalahan sampah pada saat ini. Dibutuhkan segenap tenaga dan upaya yang maksimal agar dikemudian hari kelak anak cucu kita tidak menanggung beban dan imbas karena huniannya menjadi tandus, gersang, dan terkontaminasi limbah sampah akibat kurangnya kita dalam menangani masalah sampah sejak dini. Marilah mulai sekarang kita segera bertindak, menyatukan tekad menanggulangi permasalahan sampah sampai tuntas demi anak cucu kita, tempat tinggal kita, bumi kita tercinta.

“ Save the Earth…. Save our lives…. Save the World….Go Green….”