MESIN PEMBUAT GULA SEMUT | MESIN PENGADUK GULA MERAH

Keanekaragaman sudah menjadi hal yang biasa di bumi kita, Indonesia tercinta ini. Beraneka suku, dan budaya tumbuh dan hidup berdampingan dengan damai. Berada dalam negara kepulauan, diantara perairan dan selat yang dipersatukan dengan Bhineka Tunggal Ika, menjadikan negara kita memiliki berbagai macam keanekaragaman budaya yang menciptakan berbagai macam  seni, tarian, lagu daerah, adat istiadat setempat, bahasa daerah, sampai kuliner tradisional. Kebanyakan corak ragam budaya tiap daerah ini terinspirasi dari kekayaan alam, potensi dari daerah masing-masing, sehingga Indonesia sangat kaya dengan corak budaya dari tiap daerah yang menjadi bagian dari negara kesatuan Indonesia. 

Membicarakan Kuliner Indonesia, tidak akan pernah ada habisnya. Bisa dibayangkan dengan kurang lebih ada 1.331 suku di Indonesia, dan tiap suku yang mendiami seluruh penjuru Indonesia memiliki lebih dari sepuluh macam makanan khas tradisional... alangkah sangat kayanya Indonesia dengan aneka makanan khas tradisional. Memang makanan khas tradisional tiap-tiap daerah adalah berbeda, dan sangat dipengaruhi atau tergantung kepada potensi tanaman dan tumbuhan yang tumbuh di daerah tersebut, karena memang makanan khas tradisional tersebut memanfaatkan tanaman yang tumbuh dan berkembang di daerah itu sendiri. Sebagai contoh apabila daerah tersebut terdapat banyak pohon kelapa, maka bisa dipastikan makanan tradisonal daerah tersebut adalah berbagai macam olahan dari pohon kelapa tersebut, begitu juga apabila daerah tersebut terdapat pohon Aren yang dapat tumbuh subur dan berkembang biak dengan baik, maka daerah tersebut memiliki berbagai macam olahan makanan tradisional dari pohon Aren, diantaranya yang terkenal adalah produk Gula Semut. Tercatat ada beberapa, terutama daerah pesisir sebagai penghasil Gula Semut, misal di daerah Lebak, Banten, puluhan ton Gula Semut berbentuk bubuk diproduksi setiap bulannya untuk pasokan dalam maupun luar negeri. 

Gula Semut merupakan produk alami yang tidak mengandung atau tercampur bahan kimia pada proses pembuatannya. Gula Semut memiliki kandungan Glukosa yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis gula yang lain, jadi sangat dianjurkan dikonsumsi bagi penderita diabetes agar kadar gula dalam darah dapat terkontrol. Dibalik itu semua, pembuatan Gula Semut terbilang cukup memakan waktu yang lama, karena proses pembuatannya melewati beberapa tahap yang tidak dapat dilakukan secara instan atau cepat, terutama pada saat pengadukan mulai awal bahan Nira dari pohon Aren, yang harus diaduk lama, sampai kental, kemudian sampai tahap pengeringan atau menghilangkan kadar air dari Nira tersebut. Dibutuhkan alat pengaduk yang kuat dan kontinue untuk terus menerus melakukan pengadukan dari cair, kemudian menjadi kental, dan sampai kering pada proses pembuatan Gula Semut. Kami dari Toko Mesin Solusindo telah menciptakan alat tersebut, yaitu “Mesin Pengaduk Gula Semut”. Ada beberapa kelebihan dan keuntungan apabila menggunakan mesin tersebut diantaranya :

1. Mesin Pembuat Gula Semut ini bekerja secara otomatis mengaduk Bahan Nira dari pohon Aren, dilengkapi dengan pengaduk yang didesain sedemikian rupa, memiliki dua mata yang memiliki fungsi yang berbeda, satu sisi berfungsi untuk memecah bahan, dan yang satunya berfungsi untuk mengumpulkan bahan, hal ini dilakukan secara continue dan otomatis sehingga Nira dapat teraduk secara maksimal dan sempurna serta tanpa menggunakan tenaga manusia untuk mengaduknya.

2. Mesin ini dilengkapi dengan indikator suhu atau temperatur bahan Nira yang diaduk, sehingga kita bisa mengontrol suhu Nira agar tidak gosong atau over cook.

3. Mesin Pengaduk Gula Merah ini menggunakan bahan kontak produk Food Grade, yaitu Stainless Steel, sehingga Gula Semut  yang dihasilkan sangat aman untuk dikonsumsi.

4. Daya yang dibutuhkan untuk mesin ini sangat efisien, mengikuti kapasitas produksi yang diinginkan.

5. Alat Pengaduk Gula Semut ini menggunakan penggerak Dynamo sehingga suara yang dihasilkan pada saat mesin beroperasi tidak berisik, selain itu tidak ada polusi udara yang dihasilkan, sehingga cocok walaupun dipergunakan pada kawasan yang padat penduduk.

6. Alat ini merupakan produk lokal, sehingga pada saat penggantian sparepart dan maintenance, biaya yang dibutuhkan relative murah dan tersedia banyak dipasaran.

7. Alat Pembuat Gula Semut ini merupakan produk lokal, karya anak bangsa, sehingga bisa dipastikan harganya sangat terjangkau, tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu Kami dari Toko Mesin Solusindo juga mengeluarkan Garansi Resmi pada setiap alat atau mesin yang dikeluarkan atau diproduksi, sehingga memberikan rasa aman bagi konsumen yang membeli alat atau mesin di tempat kami.

Sudah saatnya kita sebagai anak bangsa bangga dengan produk-produk hasil negeri sendiri. Dengan kita menghargai dan menggunakan karya sendiri, maka sama saja kita melestarikan apa yang menjadi peninggalan nenek moyang kita. 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa-jasa para pendahulunya”. 

Salam Sukses

TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

Silahkan mengunjungi situs youtube kami untuk melihat video mesin – mesin yang dibutuhkan :

Link https://www.youtube.com/channel/UC2wq4QJi3maM8Lgx5ZSZZNw/videos