MESIN PRODUKSI ES BATU (ICE CUBE & ICE BLOCK)



Peluang usaha baru tentunya selalu dinanti untuk siapapun yang ingin memulai usaha, skala kecil sampai dengan skala besar. Memahami kebutuhan pasar, dan juga melihat peluang pasar menjadi hal utama untuk proses sebelum memulai usaha apapun. Bahan baku serta produk hasil juga dimasukkan pada salah satu bahasan yang harus dipikirkan secara matang, sehingga akan menjadikan awal peluang usaha menjadi usaha yang maju di kemudian hari. Beragam usaha yang dapat dilakukan di masa sekarang ini, dan pasti kita akan bigung pada bidang apa yang akan kita mulai untuk usaha. Apakah penyedia jasa atau penyedia produk, dan juga masih sangat banyak peluang yang bisa dipikirkan. Bisa diambil contoh mudah di negara kita, tingkat konsumsi sangat tinggi. Kebutuhan akan bahan makanan dan juga bahan minuman setiap hari dibutuhkan, dan bahkan di beberapa aspek permintaan melebihi kapasitas dikarenakan penyedia belum terlalu banyak. Hal itu akan menjadi acuan untuk pengusaha baru dalam menjual produk yang masih belum banyak pemain usaha nya. Sehingga untuk waktu yang tidak lama, pengusaha tersebut bisa menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen dikarenakan pemain usaha juga masih belum banyak, sedangkan kebutuhan pasar terus meningkat. Memulai usaha pada produk makanan atau produk minuman bisa menjadi peluang usaha baru bagi anda, karena dari segi permintaan akan selalu bertambah dan tidak akan pernah cukup, juga untuk menjadi bahan juga mudah. Selain membuat makanan ringan, membuat produk penunjang minuman juga menjadi salah satu acuan bisnis dengan pasar yang bagus. Karena tentu kita tau, di hampir semua toko seperti warung, bar, cafe, hotel, dan restoran, tentunya tidak akan pernah lepas dari produk penunjang minuman. Jika kita lihat lebih detail lagi, meski hanya penunjang produk minuman saja, tidak menjual langsung minumannya, tetapi kebutuhan akan produk tersebut tidak bisa dielakkan kalau sangat dibutuhkan dari waktu ke waktu. Penunjang produk minuman tersebut adalah es batu. Tentu anda tau tentang es batu, produk yang akan anda jumpai dimanapun anda menemui ada minuman disana. Karena es batu sendiri juga menambah rasa segar, serta suhu dingin pada minuman yang akan dikonsumsi. 

Tentu kita akan memikirkan apakah usaha produksi es batu merupakan bisnis yang bagus dan mempunyai keuntungan yang besar? Jika kita lihat contoh mudahnya, kita membutuhkan es batu hampir di semua minuman kita jika kita suka dengan minuman suhu dingin. Bahkan untuk sebagian orang, es batu menjadi hal yang wajib untuk dikonsumsi dengan minuman karena akan menambah kesegaran dan rasa dari minuman tersebut. Tetapi jika kita kaji lebih dalam lagi, produsen es batu juga tidaklah banyak. Hal tersebut bisa dilihat dari tiap tahunnya, banyak pengusaha baru yang membuka cafe, restoran, rumah makan, yang tentunya di setiap menu minuman yang ada, menyediakan minuman dingin yang membutuhkan es batu untuk campurannya. Hanya dilihat dari hal tersebut kita bisa mengetahui bahwa usaha pengolahan atau produksi es batu tentu banyak yang membutuhkan untuk kebutuhan usaha mereka, sehingga usaha produksi es batu menjadi salah satu pilihan untuk melihat peluang usaha pasar luas. Banyak sekali langkah langkah yang harus kita pikirkan sebelum kita memulai usaha es batu ini. Dilihat dari bahan baku yang akan dibutuhkan, begitu juga peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi es batu untuk usaha tersebut. Lalu sebelum dipasarkan, tentu anda harus membutuhkan konsumen yang memang membutuhkan es batu di keseharian usaha nya. Sehingga sebelum anda memulai usaha produksi es batu, anda sudah mengantongi ilmu mengenai hal apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha produksi es batu, begitu pula dengan pasar yang akan anda tuju untuk menjual produk es batu anda.
 
Sebuah bisnis yang sukses tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisnis batu es Anda bisa menjadi sukses. Mungkin saat ini bisnis tersebut masih kecil-kecilan, tapi suatu saat bisa saja bisnis es batu yang Anda bangun bisa menjadi lebih besar dan membangun sebuah pabrik es batu milik Anda sendiri. Langkah langkah untuk membuka usaha es batu yang cemerlang adalah sebagai berikut.

1.      Mempersiapkan mental
Yang pertama dibutuhkan adalah mental kita untuk memulai usaha ini. Janganlah pesimis terlebih dahulu bahwa usaha ini tidak akan menguntungkan. Atau bahkan, jika untung, hanya kecil. Semua usaha pasti dimulai dari yang terkecil dahulu, seiring perjalanan maka akan terus maju dan berkembang pesat. Agar masyarakat sekitar kita mengetahui usaha ini, Anda bisa memasang tulisan bahwa Anda menjual es batu beserta harganya. Untuk lebih memaksimalkan keuntungan usaha ini, Anda bisa menghubungi para pedagang kecil yang menyediakan minuman dingin untuk memakai es batu Anda dengan harga yang relatif lebih murah.
2.      Mempelajari kebutuhan pasar
Setelah itu langkah selanjutnya adalah mempelajari kebutuhan pasar. Karena untuk kebutuhan es batu ini pasti di tempat yang berhubungan dengan jual minuman, maka anda harus jeli juga untuk menawarkan produk es batu anda karena beda tempat juga beda untuk kebutuhan es batu nya. Semisal untuk pasar tradisional lebih membutuhkan es batu bentuk balok untuk dipecah sendiri sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk cafe atau restoran lebih membutuhkan es batu sudah dengan bentuk kotak atau tabung kecil.
3.      Berikan produk es batu yang berkualitas
Tidak sedikit penjual es batu yang tidak memperdulikan kualitas dari produk yang dijualnya. Sehingga untuk konsumsi pun lebih aman. Maka dari itu anda sebagai produsen es batu harus memperhatikan kualitas dari produk, seperti air sebagai bahan baku yang akan anda gunakan harus melalui water filter terlebih dahulu, sehingga proses air yang digunakan lebih higienis dan lebih bagus. Selain itu untuk pengemasannya juga tidak sembarangan, dari awal anda menjual sampai ke tangan konsumen harus tetap bersih dan aman. Tentu pembeli juga akan tertarik dengan produk es batu anda.
4.      Berikan fitur penjualan terbaik anda
Untuk mendapatkan pelanggan tetap, tentunya anda harus mempunyai cara tersendiri agar konsumen juga akan membeli produk es batu anda terus menerus. Hal yang dapat anda lakukan seperti memberikan harga khusus untuk pelanggan tetap, atau dengan memudahkan dalam pengiriman produk, atau dibebaskan biaya pengiriman produk saat konsumen membeli di anda. Atau menjaga hubungan baik dengan konsumen anda, sehingga konsumen pun akan menjadi lebih aman dan terpercaya untuk bertransaksi dengan anda dalam jangka waktu yang lama.
5.      Berinovasi
Tentunya langkah akhir adalah inovasi yang anda lakukan untuk menjaga agar bisnis es batu anda tetap berjalan dan tetap survive. Hal yang dapat dilakukan seperti kemasan unik dan juga aman untuk menjaga kualitas produk serta menjadi daya tarik bagi pembeli produk anda. Atau berupa inovasi untuk harga agar tidak kalah bersaing dengan pengusaha lainnya, tetapi anda tetap mendapatkan keuntungan yang cukup dari hal tersebut. Atau dengan lebih memperluas lingkup pasar, tidak hanya di satu skala pasar saja, tetapi menerima permintaan dari skala manapun, dari usaha konsumen skala kecil sampai dengan usaha konsumen skala besar. Inovasi pun dapat anda pikirkan dengan cara anda sendiri, bagaimana untuk tetap bisa berjualan es batu meski pesaing sudah banyak, dan tetap akan mendapatkan konsumen atau pelanggan tetap, sehingga juga akan menghasilkan pendapatan tetap anda.

Jika anda sudah mempersiapkan hal hal tersebut anda sudah dapat memulai usaha dan menjadikan referensi untuk anda dalam memulai bisnis es batu. Karen meski memang es batu mudah untuk diproduksi karena mendapatkan air bersih untuk bahan baku juga mudah, tetapi tidak menutup kemungkinan dari hal lain yang perlu anda siapkan juga mudah. Maka dari itu hal hal tersebut adalah yang harus anda benar benar perhatikan untuk majunya usaha baru produksi es batu yang akan anda kelola. Masih ada lagi untuk beberapa hal yang harus anda rencanakan dalam produksi es batu, yaitu hal di bawah ini.

Sebelum anda memulai bisnis produksi es batu, anda harus mengetahui terlebih dahulu target konsumen yang akan anda tuju sehingga anda mempunyai modal awal untuk mengetahui di bagian manakah di lapisan masyarakat yang sangat membutuhkan es batu sebagai penunjang usahanya. Hampir semua lapisan masyarakat membutuhkan es batu sebagai penunjang usahanya, mulai dari usaha kuliner , usaha minuman, sampai dengan usaha produksi yang membutuhkan daging segar. Dengan membaca peluang pasar terlebih dahulu, anda akan selangkah lebih maju untuk mengetahui pasar yang akan anda tuju. Tentu untuk memaksimalkan keuntungan dan juga memaksimalkan produksi dan menyesuaikan permintaan pasar. Meski secara harafiahnya target pasar dari penjualan es batu adalah semua orang, tetapi harus tetap membaca peluang pasar agar anda lebih jitu dalam hal pemasarannya. Apalagi jika memasuki cuaca panas, tentu semakin banyak permintaan untuk es batu karena cuaca yang panas akan sangat cocok untuk mengkonsumsi minuman dengan dicampur dengan es batu. Meski tidak menutup kemungkinan juga penjualan es batu akan menurun di kala musim hujan, tetapi masih banyak sekali permintaan yang tidak dapat teratasi di pasar mengenai kebutuhan es batu, khususnya di permintaan skala besar untuk rumah makan atau restoran. Maka antara musim hujan dan musim panas, semua orang tetap mengkonsumsi es batu untuk meningkatkan minat di menu minuman atau makanan. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis es batu berdasarkan dari target konsumen dari skala kecil ke skala besar. Memanfaatkan peluang pasar akan lebih meningkatkan tingkat pemasaran anda, yang dapat menjadi cash flow untuk usaha awal produksi es batu anda.

1.   Warung makanan dan pedagang kaki lima

Dari skala yang paling kecil, yaitu warung makanan yang tentu menyediakan minuman dingin di setiap menu nya. Makanan apapun akan lebih pas jika diikuti dengan minuman dingin. Meski kita lebih sering menemui es batu yang disajikan di warung makanan dengan bentuk es yang berkabut yang bahan bakunya berasal dari air mentah, akan menjadi peluang usaha baru anda untuk menawarkan es batu murni yang tentu bebas bakteri dan juga kuman. Meski harga sedikit beda dengan es batu berkabut, tetapi untuk segi konsumsi jauh lebih aman dan tentu jika ada konsumen warung yang jeli, tentu akan lebih memilih es batu murni dibandingkan dengan es batu dari bahan baku air mentah. Dimulai dari warung makanan sebagai target pasar anda, tentu anda sudah dapat menghitung berapa banyak warung makanan atau minuman di sekitar anda yang membutuhkan es batu sebagai penunjang usahanya, seperti warung nasi, sampai dengan pedagang kaki lima dengan gerobak yang menjual minuman dingin.


2. Rumah makan, resto dan café

Seperti yang kita ketahui, untuk rumah makan, resto dan juga café akan membutuhkan pemasokan es batu secara terus menerus dan berkala. Dikarenakan untuk ketiga tempat usaha ini diharuskan untuk menyajikan minuman dingin dan tentu dari segi konsumen lebih banyak dibandingkan dengan tempat usaha di nomor yang pertama. Selain selalu ada pemasokan es batu, es batu juga seringkali digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang akan dimasak, sehingga menjaga kesegaran dan juga kualtias dari bahan baku. Jenis es batu yang digunakan lebih sering es batu dengan bentuk tabung kecil atau kubus kecil, karena dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam gelas minuman, dan dengan cepat dapat disajikan. Tentu permintaan dari ketiga tempat bisnis ini besar dan juga berkala, maka dari hal tersebut membaca peluang pasar ini akan menambah target anda dalam tempat memasarkan produk es batu anda. Di tempat usaha ini pun juga memberhatikan kualitas dari es batu yang digunakan, dikarenakan es batu juga dapat menjadi ukuran kualitas untuk menu yang disajikan antara di rumah makan, di resto, ataupun di café. Dengan menawarkan es batu murni anda, tentunya akan menarik minat di ketiga tempat usaha ini untuk memilih produk es batu anda. Jika anda lihat di daerah sekitar anda, tentu sangat banyak rumah makan, resto, dan juga café yang dapat dijadikan mitra bisnis anda.

3. Tempat pemotongan daging (ikan, sapi, ayam, dan jenis daging lainnya)

Setelah proses pemotongan daging dilakukan, tempat perusahaan ini membutuhkan es batu untuk menjaga agar kualitas daging tetap terjaga dilihat dari kesegaran daging dan juga es batu dapat mempengaruhi dari warna daging, dikarenakan daging akan jauh lebih awet jika disimpan di suhu rendah. Dikarenakan itu, saat daging sudah dipotong potong dan akan siap untuk dipasarkan, selalu dimasukkan ke dalam wadah dan wadah tersebut sudah dilengkapi es batu. Maka dari itu dari tempat pemotongan daging, dari daging ikan, daging sapi, daging ayam, dan beberapa tempat pemotongan daging lainnya, membutuhkan es batu sebagai penunjang untuk menjaga kualitas dagingnya. Jenis es batu yang digunakan berbeda dengan es batu yang digunakan untuk makanan ataupun minuman. Sering digunakan es batu dengan bentuk tak beraturan, atau dalam bentuk serpihan. Sering disebut dengan ice scaler atau pecahan es batu, dikarenakan es batu akan disebar di tempat atau wadah penyimpanan daging, agar seluruh bagian daging terjaga kualitasnya. Daging yang segar juga tergantung dari tempat penyimpanan dan juga suhu ruangan tempat menyimpan. Dikarenakan jika saat daging dikirim ke suatu tempat dan tidak dalam keadaan dingin, maka kualitas daging pun akan jauh menurun. Kebutuhan untuk es batu di beberapa tempat usaha ini lebih besar daripada es batu yang dibutuhkan di restoran ataupun café. Karena jika pemotongan daging dilakukan setiap hari nya dan dalam jumlah besar, tentunya es batu yang dibutuhkan juga sangat besar jumlahnya. Jika anda sudah memiliki usaha produksi es batu skala menengah, anda dapat mentargetkan tempat tempat usaha ini sebagai mitra bisnis anda. Pemesanan es batu akan anda dapatkan mencapai setiap harinya, dan tentu dengan permintaan yang besar pula.


4. Perusahaan makanan beku

Selain tempat pemotongan daging, tempat yang membutuhkan es batu dalam skala besar adalah perusahaan makanan beku. Contoh dari perusahaan ini adalah perusahaan yang menjual daging nugget, sosis, daging bakso, dan beberapa jenis makanan beku lainnya. Jika tempat penyimpanan untuk tempat usaha ini sudah menggunakan freezer atau ruangan pendingin, es batu masih digunakan disaat produk produk ini dikirim ke suatu tempat. Dikarenakan tidak akan memungkinkan jika freezer juga diikutkan saat pengiriman. Maka serpihan es batu atau pecahan es batu juga dibutuhkan saat proses pengiriman produk makanan beku, sehingga produk akan tetap terjaga di suhu rendah, dan tentu kesegaran produk tidak akan terganggu. Selain untuk pengiriman, dapat juga anda gunakan untuk penyimpanan produk dan bahan baku yang akan digunakan untuk membuat produk makanan tersebut. Produk daging lebih familiar dengan penyimpanan menggunakan es batu, agar kualitas daging dan juga warna daging tetap cerah dan meningkatkan minat pembeli produk. Untuk peluang pasar anda tentunya perusahaan makanan beku akan menjadi pilihan yang pas untuk mitra bisnis anda, karena permintaan produk es batu nya juga sama besarnya dengan tempat usaha pemotongan daging. Permintaan yang berkala dan juga dalam besar, tentu akan menjanjikan keuntungan untuk usaha produksi es batu anda. Untuk es batu yang digunakan untuk penyimpanan makanan beku ini tidak harus es batu murni, tetapi juga dapat menggunakan es batu berkabut dikarenakan tidak masalah jika menggunakan es berkabut, karena produk makanan beku sudah dalam kemasan dan hanya membutuhkan suhu dingin agar menjaga produk dari hal kesegaran dan juga keawetan. Berbeda untuk kebutuhan makanan, minuman, atau penyimpanan daging, karena es batu yang digunakan kali ini hanya berfungsi untuk pendingin dan menjaga suhu rendah saja, tidak sampai ke kualitas produk yang didinginkan.


5. Perusahaan minuman

Permintaan es batu skala besar lainnya adalah tempat usaha perusahaan minuman. Untuk segala macam pengolahan di tempat perusahaan minuman, tentu akan membutuhkan es batu sebagai penunjang usahanya. Bisa untuk penyimpanan bahan baku untuk produksi minuman, es batu dapat juga digunakan untuk pengiriman produk dalam skala besar. Sama dengan kebutuhan es batu di tempat pemotongan daging atau produksi makanan beku, skala kebutuhan es batu yang dibutuhkan juga besar. Akan menjadi mitra bisnis yang bagus untuk keuntungan usaha es batu anda, dengan produksi es batu skala menengah anda. Jenis es batu yang digunakan untuk produksi minuman lebih banyak adalah es batu murni, karena jika untuk produk makanan atau minuman, dibutuhkan es batu dengan dibuat dari air matang atau air jernih.

Setelah anda sudah mengetahui peluang pasar untuk usaha anda, dan juga target konsumen anda di berbagai tempat, tentu anda sudah bisa memulai bisnis produksi es batu. Untuk memproduksi es batu, dibutuhkan mesin mesin yang berbeda jenisnya, tergantung dari jenis es batu yang akan anda produksi. Sangat banyak jenis es batu sekarang ini, dilihat dari bentuk dan juga kegunaannya. Toko mesin solusindo menyediakan mesin mesin produksi es batu dimulai dari mesin lokal sampai dengan mesin buatan import untuk menunjang usaha anda dalam produksi es batu yang higienis dan sesuai dengan kebutuhan konsumen anda. Kami sediakan mesin produksi es batu dari kapasitas produksi yang paling kecil yang cocok untuk produksi rumahan atau home industry sampai dengan produksi skala menengah. Untuk bisnis Usaha Kecil Menengah, kami juga menyediakan mesin yang cocok untuk produksi es batu anda. Mesin es batu yang berkualitas, sudah teruji mutu dan juga kualitasnya, hasil es batu maksimal, dan juga akan menarik minat banyak pembeli untuk produk es batu anda. Tersedia garansi dan juga kebutuhan untuk spare part mesin es batu jika mesin anda mengalami kendala saat proses produksi. Layanan service kami tersedia di seluruh daerah di Indonesia, untuk menjaga kualitas mesin yang anda gunakan agar maksimal untuk hasil es batu yang anda produksi. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa mesin mesin produksi es batu yang dapat anda jadikan referensi untuk peluang usaha baru anda, dengan mesin kami anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan usaha yang akan menjanjikan keuntungan.


1.      1.  Mesin Es Cube atau Mesin Es Batu Kotak Kecil

      Untuk mesin produksi es batu pertama adalah es batu bentuk kotak kecil atau sering disebut dengan ice cube, yang sering digunakan untuk produk minuman, sehingga minuman menjadi lebih segar dan lebih dingin. Permintaan pasar akan es bentuk kotak ini sangatlah tinggi, karena dengan bentuk kecil sangat cocok untuk dimasukkan pada menu minuman, Sering kita jumpai es batu bentuk cube di warung ataupun rumah makan, untuk minuman seperti es teh, es kopi, dan juga minuman dingin lainnya. Untuk produksi es batu bentuk cube sendiri sangat mudah, dengan menggunakan mesin ice cube dengan tersedia beberapa kapasitas produksi, sehingga menyesuaikan juga dengan kebutuhan usaha anda. Untuk beberapa kapasitas tertentu, mulai dari usaha rumahan atau home industri sampai dengan usaha komersial atau kapasitas besar. Dengan fungsi sama, yaitu memproduksi es batu bentuk kotak kecil atau ice cube dengan hasil maksimal, dan tentu dapat langsung di jual ke pasaran. Untuk strategi pemasaran pun akan lebih mudah, karena ice tube sendiri dibutuhkan dimana mana, seperti restoran, rumah makan, warung makan, café, bar, dan juga hotel. Sehingga anda pun akan lebih mudah untuk memasarkan es batu dari produksi mesin ice cube ini. Mesin ini adalah mesin import yang sudah teruji mutu dan juga kualitasnya, untuk memproduksi es batu bentuk cube dengan kapasitas produksi bermacam macam. Untuk memaksimalkan kinerja dari mesin es batu bentuk kotak kecil, dibutuhkan alat tambahan yaitu water filter, sehingga bahan baku berupa air yang digunakan untuk produksi es batu cube akan lebih jernih dan lebih aman untuk dikonsumsi. Dengan adanya water filter, untuk proses pengolahan bahan baku berupa air anda tidak perlu khawatir, sehingga dari sumber air dapat langsung disambung ke alat water filter, dan untuk hasil filter dari alat tersebut akan langsung dihubungkan dengan wadah penampungan bahan dari mesin ice cube. Di bawah ini merupakan spesifikasi sederhana mengenai mesin ice cube.

mesin-cetak-es-cube


      Mesin es batu kotak adalah salah satu mesin produksi es batu dengan cara praktis, anda hanya tinggal memasukkan bahan baku berupa air, dapat menggunakan alat tambahan yaitu water filter, sehingga hasil pengolahan dari es batu pun akan lebih bersih. Setelah air diolah di dalam mesin, akan melalui proses pendinginan, dan dapat ditunggu untuk beberapa waktu sampai menjadi es batu bentuk cube yang siap untuk dipanen. Untuk proses panen sendiri dapat dilakukan per 15 sampai dengan 20 menit, dan akan jatuh ke dalam bin khusus yang sudah tersambung dengan mesin es batu kotak. Untuk kapasitas produksi sendiri dengan hitungan per 24 jam, sehingga anda dapat memproses es cube setiap hari, dengan kapasitas produksi sesuai dengan kebutuhan usaha anda. Untuk ukuran bin sendiri dalam proses penampungan, setengah dari kapasitas produksi aslinya, sehingga per 12 jam anda dapat memanen es batu dengan kapasitas setengah dari kapasitas produksi keseluruhannya. Sangat cocok untuk peluang usaha baru anda, karena dengan mesin es batu kami, sudah digunakan oleh banyak pengusaha es batu di berbagai daerah, sehingga akan menjadi peluang bagi anda untuk memenuhi kebutuhan ice cube di pasaran. Anda dapat memanen per jam, atau dapat di akumulasi kan per 12 jam, sehingga anda dapat menjual ice cube dalam partai besar, ataupun partai kecil per beberapa jam nya.

      2. Mesin Es Balok atau Mesin Ice Block

      Mesin selanjutnya adalah mesin es balok atau mesin ice block. Sering digunakan untuk keperluan penyimpanan ikan ataupun untuk penyimpanan produk lainnya, dengan bentuk besar dan balok, sehingga dapat dipecah dengan ukuran yang diinginkan oleh pembeli es batu anda. Akan sering anda temui di pasar tradisional untuk orang yang menjual es batu balok dengan beberapa ukuran tertentu. Hasil dari es balok ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, untuk ukuran es balok per 5 kg atau per 25 kg. Sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha baru, dikarenakan untuk es balok sendiri pengusaha nya masih sedikit di setiap daerah nya, sedangkan jumlah permintaan pasar juga tidak sedikit. Untuk warung di pasar tradisional atau rumah makan, lebih memilih untuk membeli eceran dari es batu bentuk balok ini karena jatuh harga nya lebih murah dari pada es batu bentuk lainnya. Kami menyediakan mesin khusus untuk produksi es balok dengan waktu panen 12 jam atau 24 jam menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna mesin. Mesin es balok akan membuat dengan ukuran sama persis antara hasil satu dengan yang lainnya, dengan fungsi pendinginan maksimal dan hasil es batu rapi berbentuk balok. Sama dengan proses mesin ice tube, hanya berbeda di pencetak dan juga hasil cetakannya. Di bawah ini adalah gambar mesin dan juga spesifikasi sederhana mengenai mesin es balok.
mesin-cetak-es-balok



      Untuk body mesin dari pencetak mesin es balok terbuat dari stainless steel sehingga aman untuk produk cair karena juga anti karat, dan akan tahan lama. Tersedia kompresor yang akan mendinginkan ke suhu rendah untuk proses pembekuan air. Anda juga dapat menambah mesin water filter sehingga air sebagai bahan baku akan lebih bersih karena di filter terlebih dahulu. Untuk pencetak atau moulding nya, tersedia dalam dua tipe, yaitu dengan ukuran es batu untuk 5 Kg atau untuk ukuran es batu untuk 25 Kg. Anda juga dapat memilih untuk tipe mesin es balok kami karena dibedakan dari kapasitas produksi yang dimiliki mesin. Dimulai dari produksi es balok kapasitas 300 Kg , kapasitas 500 Kg sampai dengan kapasitas 30 Ton. Panel kelistrikan tersedia untuk membutuhkan anda dalam proses atau pengoperasian mesin, dan juga aman untuk kelistrikannya meski bahan berhubungan dengan air. Untuk merk kompresor adalah bitzer asli dari negara Jerman yang sudah teruji mutu dan juga kualitasnya untuk proses pendinginan bahan. Freon dan evaporator yang berfungsi dengan maksimal, karena sebelum mesin dikirim ke tempat anda, akan dilakukan proses percobaan terlebih dahulu untuk memastikan mesin akan berfungsi sesuai dan juga hasl maksimal.

Dua mesin diatas merupakan beberapa mesin yang berkaitan dengan mesin produksi es batu. Mesin Ice Cube yang berfungsi untuk produksi es batu dalam bentuk kotak kecil yang sangat sering digunakan untuk minuman, dan mesin cold room untuk penyimpanan segala jenis bahan baku yang memerlukan proses pendinginan sehingga untuk hasil dari penyimpanan menjadi lebih maksimal. Sangat cocok untuk peluang usaha baru anda yang membutuhkan produksi es batu ataupun untuk penyimpanan dengan suhu rendah. Untuk lain waktu kami akan memberikan info mengenai mesin yang juga berkaitan dengan produksi es batu atau mesin pendingin atau ruang pendingin dengan sistem lainnya. Kami menyediakan beberapa jenis es batu lainnya yang dapat diproduksi, seperti mesin es balok, mesin es serpihan atau ice flake, dan juga mesin es tabung atau ice tube. Kami juga menyediakan mesin es krim dengan beberapa jenis es krim yang dapat diproduksi dengan mesin kami.  

Peluang bisnis es batu adalah peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan, karena disamping permintaan pasar yang akan selalu tinggi, tidak banyak pula pengusaha yang memilih es batu sebagai komoditi usahanya. Peluang pasar yang beragam dan juga permintaan dalam jumlah besar di beberapa target konsumen, akan menjadikan peluang usaha ini cocok untuk anda mulai, karena keuntungan yang akan didapat akan besar pula. Setiap tempat saat ini akan selalu membutuhkan es batu untuk sarana penunjang usahanya, maka dari itu tunggu apalagi, khusus untuk anda dapatkan mesin produksi es batu dari harga yang menyesuaikan dengan modal usaha anda, sampai dengan kami sediakan mesin produksi es batu untuk usaha menengah anda yang membutuhkan produksi es batu dalam skala besar. Bahan baku yang sangat murah dan sangat mudah dicari dimana mana, menjadikan es batu peluang usaha bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan berlimpah.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai Usaha es batu untuk bisnis UKM dan meraup keuntungan maksimal. Dimulai dari pembahasan mengenai pengertian es batu dengan sederhana, dan juga mengapa es batu diminati oleh masyarakat dan melihat peluang berdasarkan minat produksi dan penjualan es batu di masyarakat. Pembahasan akhir sedikit membahas tentang mesin mesin yang berhubugan dengan lancarnya pengolahan es batu untuk dijadikan peluang usaha baru dengan cara praktis, begitu pula dengan mesin mesin pendukung lain untuk melancarkan proses produksi es batu. Berbagi ilmu dan juga peluang bisnis tentunya menjadi tugas kami untuk membuka referensi anda mengenai peluang usaha yang dapat anda tekuni, terutama di bahasan ini dalam bidang produksi pupuk organik, dengan bentuk pupuk granul atau pupuk dengan bentuk biji kecil. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha UKM maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi di berbagai bidang tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar mesin-mesin yang akan anda butuhkan, jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha. Jangan takut untuk memulai usaha dengan kami sebagai mitra bisnis anda, karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk mesin-mesin yang anda butuhkan.

Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas mesin pengolahan makanan dan juga minuman, mesin buatan lokal untuk beberapa kebutuhan produksi, mesin import untuk mesin mesin khusus makanan, minuman dan mesin pendingin, serta masih banyak lagi mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha yang anda mulai. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana atau modal awal anda. Untuk keterangan mesin mesin industry yang lebih lengkap, dengan spesialis mesin pengolahan es batu seperti mesin ice flake, mesin ice scaler, mesin ice tube, mesin ice cube, dan juga masih banyak jenis mesin es lainnya dapat anda kunjungi di website utama kami di www.tokomesinsolusindo.co.id

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya TokoMesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

Anda kebingungan untuk mencari mesin apa yang cocok untuk memulai usaha anda? Kami mempunyai business consultant yang selalu siap untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan memberikan anda saran untuk mesin apakah yang cocok untuk kebutuhan usaha anda. Anda tidak perlu bingung untuk mencari mesin yang tepat, tetapi kamilah yang selalu siap untuk memandu anda dalam menentukan mesin yang anda butuhkan dengan hasil yang efektif.
Anda kebingungan untuk mengoperasikan mesin yang sudah anda beli? Kami siap untuk mengirim teknisi kami ke tempat anda untuk menjelaskan tata cara penggunaan mesin sampai dengan tata cara untuk merawat mesin agar awet dan juga bekerja secara maksimal. Mulai daerah sabang sampai merauke, teknisi akan siap kami luncurkan untuk support mesin anda dari awal penggunaan sampai dengan hasil mesin sesuai fungsinya. Kami siap untuk menjadi konsultan bisnis anda dalam menentukan mesin apakah yang cocok untuk usaha baru yang akan anda geluti, dan juga alat pendukung apa yang dapat kami buatkan untuk mensukseskan usaha anda. Hotline service kami akan selalu siap sedia untuk anda jika ada kebutuhan yang ditujukan untuk mesin yang anda gunakan, atau untuk kebutuhan usaha anda yang baru, atau untuk menambah mesin untuk ekspansi usaha anda.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami. Atau isikan dalam kolom komentar website kami untuk menginfokan mesin apa yang anda butuhkan beserta dengan kapasitasnya, kami akan mengirimkan lewat email kebutuhan yang anda butuhkan. Kami menyediakan mesin lokal dan juga mesin import dengan kualitas mesin terjamin dan harga mesin yang sesuai dengan budget anda. Mesin bergaransi dan juga tersedia spare part atau beberapa bagian mesin khusus yang dapat diganti. 90% mesin lokal kami dibuat dari body mesin stainless steel untuk menjaga keawetan dari mesin, ekfektifitas produksi, dan juga kemanan untuk pengolahan makanan dan minuman.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).