MESIN PENGADUK DODOL PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO

Dodol adalah jajanan yang memiliki rasa manis yang berasal dari bangsa melayu yaitu Indonesia dan Malaysia. Di jawa tengah dan jawa timur, dodol ini disebut juga dengan jenang, tetapi antara dodol dan jenang memiliki tekstur yang berbeda. Tekstur jenang lebih lembek daripada dodol, lebih basah dan berminyak, dan pada umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan. Sedangkan tekstur dodol lebih kering atau kesat, dipotong dengan ukuran 2x1x3 cm. Pembungkus dodol berupa plastik atau kertas roti, dan dijual dalam jumlah besar di dalam kardus. Bahan dasar utama dalam proses pembuatan dodol antara lain tepung ketan, santan kelapa, gula pasir, gula merah dan garam. Sedangkan bahan tambahan dalam proses pembuatan dodol adalah yang menentukan rasanya seperti dodol dengan bahan tambahan durian disebut dodol durian atau lempok, dodol dari bahan nangka disebut dodol nangka, dan masih banyak rasa yang lainnya. Saat ini jajanan dodol sudah mulai merambah pasar internasional dan banyak dodol yang di export ke luar negeri seperti Belanda, Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia.

Berikut akan kami jelaskan perbedaan cara pembuatan dodol secara tradisional dan cara pembuatan dodol dengan menggunakan mesin pengaduk dodol.

Cara pembuatan dodol secara tradisional
  1. Bahan – bahan dalam pembuatan dodol dicampur secara bersamaan dalam kuali atau wajan besar dan dimasak dengan api sedang.
  2. Pada saat dimasak dodol harus diaduk secara terus – menerus dan tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan karena jika dibiarkan begitu saja tanpa pengawasan maka dodol tersebut akan hangus pada bagian bawahnya dan akan membentuk kerak.
  3. Oleh sebab itu dalam proses pembuatan dodol harus diaduk secara terus menerus untuk mendapatkan hasil yang baik.
  4. Lama proses pembuatan dodol membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk memperoleh hasil dodol yang baik, apabila dodol dimasak kurang dari 4 jam maka rasanya akan kurang enak untuk dimakan.
  5. Pada saat proses pembuatan dodol berjalan selama kurang lebih 2 jam, warna dodol akan berubah menjadi cokelat pekat.
  6. Pada saat itu campuran dodol akan mendidih dan mengeluarkan gelembung – gelembung udara.
  7. Selanjutnya, dodol harus terus diaduk agar gelembung – gelembung udara yang terbentuk tidak meluap keluar dari kwali atau wajan sampai saat dodol tersebut matang dan siap untuk diangkat.
  8. Apabila dodol sudah matang maka siap untuk diangkat dengan tenaga beberapa orang pekerja karena pada waktu itu wajan masih dalam kondisi sangat panas dan sangat berat karena adanya beban dodol yang sudah matang.
  9. Kemudian dodol harus didinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong – potong dan dimasukkan kedalam kemasan.

Cara pembuatan dodol dengan menggunakan mesin pengaduk dodol
  1. Bahan – bahan dalam proses pembuatan dodol dimasukkan kedalam tabung penggorengan dan dimasak dengan api yang dapat di control secara otomatis disesuaikan dengan kebutuhan suhu yang diinginkan.
  2. Pada saat dimasak dodol akan diaduk terus – menerus secara otomatis dengan dilengkapi tabung penggorengan double jacket sehingga dodol tidak akan hangus dan membentuk kerak pada bagian bawahnya.
  3. Tidak memerlukan tenaga dan pengawasan setiap waktu untuk mengaduk agar dodol tidak hangus dan berkerak.
  4. Apabila dodol sudah matang tidak perlu memerlukan tenaga beberapa orang untuk memindahkan dodol karena dodol dapat dipindahkan ke wadah pemindah yang lebih kecil secara continonus dengan cara melepas as pengaduk dodol dan tabung dodol dapat dimiringkan dengan menggunakan tuas pemutar untuk memiringkan tabung tanpa menggunakan tenaga yang cukup besar dan sarung tangan anti panas karena pada saat itu pastinya kondisi tabung akan masih terasa sangat panas.
  5. Kemudian dodol dapat didinginkan ke tempat yang sudah anda sediakan.

Dari perbandingan cara pembuatan dodol diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menghasilkan dodol yang baik dan rasa yang sedap, dodol harus berwarna coklat tua, berkilat dan pekat. Pada proses pembuatan dodol yang bermutu dibutuhkan waktu, tenaga dan keahlian khusus. Untuk mendapatkan itu semua diperlukan mesin pengaduk dodol yang akan membantu anda sehingga dapat menghasilkan dodol yang baik dan rasa yang sedap dengan pencampuran bahan yang merata, dodol berwarna coklat tua, berkilat dan pekat tanpa kawatir hangus dan berkerak, waktu yang tidak terbuang sia – sia, kebutuhan tenaga tidak terlalu besar dan investasi yang tidak akan sia – sia. Oleh karena itu Toko Mesin Solusindo menghadirkan inovasi terbaru dari mesin pengaduk dodol ini untuk mempermudah dan meringankan segala kebutuhan anda dalam usaha produksi dodol dimanapun anda berada.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:
Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Keren banget sekarang, dodol sudah ada mesin untuk mengaduknya...
    Dahulu diperlukan beberapa orang untuk bergantian mengaduk dodol, dengan penggorengan yang super besar...
    Namun sekarang sudah lebih mudah...
    Salam,

    BalasHapus

- Copyright © TOKO MESIN SOLUSINDO - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -