MESIN CETAK PELET PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO

Negara Indonesia merupakan salah satu Negara agraris yang mayoritas penduduknya masih memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, petani maupun peternak hewan. Sebagai salah satu Negara agraris yang sedang berkembang kita harus bisa memaksimalkan sumber daya alam ini sebagai salah satu penunjang perekonomian rakyat dan Negara kita. Agar dapat memaksimalkan sumber daya alam ini kita diwajibkan untuk menunjang sumber daya manusia nya juga dalam mencapai kesejahteraan perekonomian rakyat dan Negara kita. Sebagai salah satu catatan bahwa berapa banyak para petani, nelayan dan peternak di Negara kita gulung tikar dan beralih ke profesi lain dikarenakan sumber daya manusia yang kurang mendukung, peralatan pengolahan yang belum dimanfaatkan secara baik, lahan pengolahan yang semakin sempit dan lain – lain. Seiring semakin berkembangan kemajuan teknologi kita juga harus bisa berfikir maju dan bersaing secara kreatifitas kerja agar dapat seimbang dengan semakin berkembangnya kemajuan jaman.

MESIN CETAK PELET IKAN TERAPUNG
Kali ini kami akan membahas dan memberikan informasi mengenai cara mudah membuat pellet pakan ternak unggas dan ikan. Bentuk pellet pakan ternak unggas biasanya model panjang dan untuk bentuk pellet pakan ikan model bulat kecil – kecil. Kedua jenis bentuk pellet ini menggunakan mesin cetak pellet yang berbeda system kerjanya, untuk mesin cetak pellet model panjang menggunakan system tabung screw seperti bor tanah yang dilengkapi dengan pemotong pada ujung tempat pengeluaran produk sehingga hasil produk berbentuk bulat panjang, sedangkan untuk mesin cetak pellet bulat menggunakan system pengaduk bahan otomatis + screw barrel + pemotong karena untuk cetak pellet bulat sebagai pakan ternak ikan biasanya harus dapat mengapung di air sehingga dibutuhkan proses pemadatan dengan tekanan tinggi sehingga mengurangi porporasi pada produk pellet. Didalam proses pembuatan pellet diperlukan beberapa macam proses antara lain :

1.    Penepung
Penepung ini berfungsi untuk menepungkan bahan – bahan dalam proses pembuatan pellet seperti jagung, kedelai dan lain – lain. Dalam proses penepungan bahan biasanya menggunakan mesin penepung seperti disk mill atau hummer mill. Untuk mesin penepung model disk mill menggunakan system kerja gesekan antara piringan yang dapat menghancurkan berbagai macam biji – bijian dan dilengkapi dengan saringan mesh untuk mengatur tingkat kelembutan hasil penepungan. Mesin disk mill ini biasanya digunakan hanya untuk kapasitas tertentu saja atau kapasitas produksi kecil. Untuk mesin penepung model hummer mill menggunakan system pisau pemukul hummer dalam jumlah banyak sehingga tidak tersisa ruang gerak untuk bahan dan dapat terpukul secara merata. Mesin hummer mill ini biasa digunakan sebagai mesin penepung skala industry dengan kapasitas produksi hingga berton – ton. Untuk hasil lebih halus lagi mesin hummer mill tersebut harus menggunakan tabung blower siklon sehingga bahan yang paling halus akan keluar dari output tabung siklon tersebut.

2.    Mixer Pelet
Mixer pellet ini berfungsi untuk mencampur bahan – bahan dalam proses pembuatan pellet agar homogen. Mixer pellet dibedakan menjadi dua macam yaitu mixer pellet horizontal untuk mencampur bahan pellet dalam kondisi setengah basah yang biasanya untuk pellet pakan ternak dan mixer pellet vertical untuk mencampur bahan pellet kering yang biasanya digunakan untuk pellet ikan. Bahan – bahan yang akan digunakan dalam proses mixing tersebut antara lain seperti tepung jagung, tepung kedelai, dedak, air, ampas tahu, minyak ikan dan lain – lain.

3.    Cetak Pelet
Cetak pellet ini untuk mencetak bahan – bahan pembuat pellet menjadi bulat panjang yang biasanya digunakan sebagai pakan ternak unggas dan bulat kecil – kecil yang bisa terapung dan biasanya untuk pakan ikan. Untuk mesin cetak pellet itu sendiri dibagi dua macam yaitu mesin cetak pellet tenggelam yang berbentuk bulat panjang dan mesin cetak pellet apung yang berbentuk bulat kecil – kecil.

4.    Pengering Pelet
Pengering pellet ini adalah sebagai pengganti sinar matahari yang berfungsi untuk mengeringkan hasil pellet yang sudah dicetak menggunakan mesin cetak pellet apabila terjadi musim hujan. Mesin oven pengering ini sangat tepat guna dalam proses pengeringan pellet basah dan mesin ini juga dilengkapi dengan pengatur suhu sehingga suhu dapat diatur sesuai dengan suhu yang diinginkan atau dapat juga menggunakan suhu paling panas pada saat siang hari.
 
HASIL MESIN PEMBUAT PELET PAKAN TERNAK TENGGELAM
HASIL MESIN PEMBUAT PELET IKAN APUNG PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO
Jadi kesimpulannya adalah sangat mudah untuk membuat pellet pakan ternak maupun pellet pakan ikan sendiri asalkan anda tahu mesin apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang anda dalam mempermudah proses pembuatan pellet tersebut. Toko Mesin Solusindo menyediakan berbagai macam kebutuhan mesin anda dengan menyesuaikan kapasitas produksi anda serta budget anda. Kami menyediakan berbagai macam mesin teknologi tepat guna yang tepat sasaran dan tepat guna demi menunjang kesuksesan usaha anda. Apabila anda masih mengalami kendala dalam proses produksi usaha anda silahkan konsultasikan dengan kami agar mesin yang dibutuhkan untuk menunjang usaha anda dapat menjadi alat yang tepat guna demi kemajuan usaha anda. Kami akan selalu siap melayani segala kebutuhan mesin yang dibutuhkan. Untuk mengetahui spesifikasi mesin, system kerja mesin dan harga mesin dengan penawaran terbaik silahkan langsung menghubungi marketing kami karena kami selalu siap membantu anda.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:
Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).