PAKET MESIN USAHA PEMBUAT TUSUK SATE
Sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang sudah dipotong kecil – kecil dan diolesi oleh racikan bumbu kacang serta kecap manis kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate yang biasanya terbuat dari bambu atau lidi lalu dipanggang atau dibakar dengan menggunakan bara arang kayu. Bahan daging untuk pembuatan sate bermacam – macam seperti daging ayam, daging kambing, daging kelinci, daging kuda, daging sapi dan lain – lain. Sate bisa disajikan dengan berbagai macam resep bumbu yang bervariasi tergantung dari selera daerah masing – masing. Asal mulanya sate berasal dari daerah Jawa Timur – Indonesia dan sekarang makanan sate tersebut dapat dijumpai hampir diseluruh Indonesia karena telah dianggap sebagai salah satu masakan tradisional Indonesia. Masakan ini pun sudah terkenal hingga ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Negara – Negara lainnya. Sate juga sangat popular di Negara Belanda karena dahulu kala Negara Indonesia merupakan koloninya. Sate merupakan hidangan yang sangat popular di Indonesia dan mempunyai berbagai macam jenis sate karena Negara Indonesia mempunyai berbagai macam suku bangsa dan seni cara memasak yang berbeda pada setiap daerahnya. Di Indonesia pedagang sate sudah banyak dijumpai seperti pedagang sate keliling, di warung pinggir jalan hingga di restoran mewah kelas atas. Segala jenis daging dapat diolah sebagai sate dan sebagai Negara asal mula sate, Indonesia memiliki berbagai macam variasi resep sate yang kaya rasa.

Dalam proses pembuatan sate beserta penyajiannya, sate ini biasanya disajikan dengan cara ditusuk dengan menggunakan tusuk sate. Nah dapatkah anda membayangkan berapa tusuk sate yang dibutuhkan dalam satu kali penyajiannya? Bila kita berfikir lebih jauh lagi maka ini adalah peluang besar bagi kita untuk membuka suatu usaha dalam pembuatan tusuk sate apalagi di Negara kita memiliki ladang bambu yang sangat luas. Oleh karena itu Toko Mesin Solusindo menyediakan mesin pembuat tusuk sate yang sangat lengkap bagi anda yang ingin membuka peluang usaha ini. Dalam proses pembuatan tusuk sate memang diperlukan beberapa macam mesin agar dapat menghasilkan tusuk sate yang bagus dan berkualitas antara lain :

1.    Mesin Pemotong Bambu Tusuk Sate
MESIN PEMOTONG BAMBU USAHA PRODUKSI TUSUK SATE
Mesin pemotong bambu ini berfungsi untuk memotong bambu yang panjang menjadi ukuran pendek – pendek dan dipotong per ruas pada bambu agar dapat diproses pada tahap berikutnya karena ruas pada bambu tidak dapat digunakan dan menghambat proses produksi tusuk sate. Mesin pemotong bambu ini menggunakan penggerak dynamo listrik ¼ PK atau dengan daya sekitar 180 watt saja sehingga sangat cocok digunakan bagi para pengusaha pembuat tusuk sate skala home industry maupun usaha kelompok masyarakat kecil dan menengah. Mesin ini juga dilengkapi dengan meja untuk menaruh bambu yang akan dipotong serta penahan bambu agar tidak goyang pada waktu proses pemotongan bambu. Kapasitas produksi mesin pemotong bambu ini secara continous atau terus – menerus karena kapasitasnya disesuaikan dengan ketrampilan dan kecepatan operator mesin tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan bagian – bagian mesin pemotong bambu beserta fungsinya antara lain :

·         Kabel power dan switch
Kabel power ini berfungsi untuk menghubungkan kelistrikan antara mesin pemotong bambu dengan stop kontak pada tegangan listrik PLN dan switch on off yang berada pada mesin berfungsi untuk menghidupkan serta mematikan mesin pada saat mesin akan digunakan dan selesai digunakan.

·         Dynamo motor penggerak
Dynamo motor penggerak pada mesin pemotong bambu berfungsi untuk menjalankan pisau roda gerigi dalam proses pemotongan bambu yang dihubungkan dengan adanya pulley dan van belt.

·         Pisau gerigi
Pisau bulat model gerigi diputar menggunakan dynamo motor ini berfungsi sebagai alat pemotong bambu pada mesin pemotong bambu.

·         Stang engkol pisau
Stang engkol yang terletak menempel pada body chasing pisau gerigi berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan posisi pisau gerigi dalam proses pemotongan bambu.

·         Tatakan bambu
Tatakan bambu dan meja pada mesin pemotong bambu tersebut berfungsi untuk menaruh dan menempatkan posisi bambu agar pada saat proses pemotongan bambu tidak bergoyang.

Cara pengoperasian mesin pemotong bambu ini juga sangat mudah yaitu :
·         Sambungkan kabel power mesin pada stop kontak ditempat anda.
·         Nyalakan switch ON pada mesin pemotong bambu.
·         Angkat keatas posisi pisau gergaji.
·         Taruh bambu pada meja mesin kemudian tahan dengan penahan bambu pada mesin.
·         Tarik stang pisau gergaji bambu kebawah secara perlahan untuk memotong bambu.

Untuk lebih jelasnya berikut kami juga lampirkan data spesifikasi mesin pemotong bambu :

Spesifikasi

Merk                                       : MULTITECH

Type                                       : MS – 1 PB
Kapasitas                              : Continous
Rangka                                  : Besi Siku
Body                                       : Plat MS
Model Pisau                         : Gerigi
Penggerak                            : Elektro Motor ½ HP
Daya                                       : 370 Watt
Voltase                                   : 220 V/ 1 Phase
Dimensi                                 : 650 x 550 x 1100 mm

2.    Mesin Pemecah Bambu Tusuk Sate
Mesin pemecah bambu ini berfungsi untuk memecah bambu bulat menjadi pecahan kecil – kecil seukuran kurang lebih 2 sampai 3 cm. Secara  manual biasanya bambu bulat dipotong dengan menggunakan golok dan itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama serta tenaga pekerja extra. Kini dengan menggunakan mesin pemecah bambu ini yang awalnya bambu bulat tadi hanya cukup dengan satu kali proses kerja sudah dapat terpecah menjadi pecahan bambu kecil – kecil. Terdapat 2 macam jenis mesin pemecah bambu ini yaitu :

1.    Mesin Pemecah Bambu Manual
ALAT PEMECAH BAMBU MANUAL USAHA PRODUKSI TUSUK SATE
Mesin atau alat pemecah bambu manual ini masih membutuhkan tenaga untuk memecah bambu karena masih harus dipukul menggunakan palu untuk memecahkannya. Alat pemecah bambu ini hanya disediakan pisau sirip melingkar saja sebanyak 3 sampai 4 pisau yang ditaruh pada pangkon besi lalu bambu dimasukkan dari sebelah atas pisau dan kemudian bambu dipukul dengan menggunakan palu atau kayu balok sehingga hasil bambu yang keluar dari bawah pisau sudah terpotong kecil – kecil. Berikut kami jelaskan mengenai bagian – bagian mesin pemecah bambu manual beserta fungsinya :

·         Rangka + Body
Rangka dan body dari mesin pemecah bambu manual ini berfungsi untuk meletakkan pisau – pisau pemecah bambu diatasnya sehingga pisau tidak goyang dan hasil bambu yang sudah terpecah jatuh kebawah dengan sendirinya.

·         Pisau Pemecah Bambu
Pisau pemecah bambu ini berfungsi untuk memecahkan bambu bulat utuh menjadi pecahan kecil – kecil dengan cara menaruh bambu diatas pisau pemecah kemudian bambu dipukul dengan menggunakan palu. Bambu bulat akan dipecahkan menjadi 12 bagian kecil – kecil yang kemudian akan diproses dengan menggunakan mesin irat penipis bambu + pembelah bambu.

2.    Mesin Pemecah Bambu Semi Otomatis
MESIN PEMECAH BAMBU USAHA PRODUKSI TUSUK SATE
Mesin pemecah bambu semi otomatis ini diadopsi dari mesin import yang memiliki kapasitas besar dalam proses produksinya. Kini setelah melalui riset serta inovasi kami menghadirkan mesin pemecah bambu semi otomatis tersebut dengan kapasitas hampir sama dengan mesin import dan dengan menggunakan daya penggerak yang terjangkau bagi para pengusaha tusuk sate. Mesin pemecah bambu buatan kami ini menggunakan penggerak diesel sehingga masih dapat dijangkau daripada menggunakan mesin import yang menggunakan dynamo listrik sangat besar serta daya 3 phase untuk kapasitas produksi pabrik. Mesin pemecah bambu semi otomatis ini adalah yang pertama kali di Indonesia yang kapasitasnya setara dengan mesin import skala pabrik. Mesin ini menggunakan system ayunan dorongan gear box serta rel tempat bergeraknya pendorong bambu menuju pisau sirip melingkar untuk memecah bambu.

Cara pengoperasian mesin pemecah bambu semi otomatis ini cukup mudah yaitu :
·         Siapkan bahan bakar solar untuk diisi pada penggerak diesel.
·         Hidupkan mesin penggerak diesel.
·         Pendorong bambu akan bergerak secara horizontal mendekat dan menjauh dari posisi dudukan pisau sirip.
·         Taruh dan pegang bambu menempel pada pisau sirip pada saat pendorong bambu menjauh dari pisau.
·         Lepas bambu pada saat pendorong sudah menempel dan mulai mendorong bambu menuju pisau sirip.
·         Anda tidak perlu kawatir karena pergerakan pendorong bambu bergerak secara perlahan pada saat mendekat dan menjauhi pisau sehingga aman digunakan.

Berikut perincian bagian – bagian dari mesin pemecah bambu semi otomatis beserta fungsi kerjanya :

·         Rangka + Body
Rangka dan body dari mesin pemecah bambu semi otomatis ini menggunakan bahan yang sangat kokoh karena terdiri dari besi kanal H dan UNP 8. Mesin ini memang harus menggunakan rangka yang sangat kuat karena daya tekanan dari mesin ini sangat besar untuk mendorong bambu. Hal tersebut sudah kami buktikan karena dalam proses pembuatan mesin ini dibutuhkan beberapa kali experiment sehingga akhirnya ditemukan bahan yang cocok dan sesuai untuk kinerja mesin pemecah bambu semi otomatis ini.

·         Mesin Penggerak
Mesin pemecah bambu semi otomatis ini menggunakan mesin penggerak diesel 14 PK dengan bahan bakar solar. Mesin diesel ini merupakan tenaga inti dari segala transmisi kinerja mesin agar dapat diperoleh daya yang sesuai dengan kebutuhan system kinerja mesin itu sendiri secara keseluruhan.

·         Transmisi Gear Box
Pada mesin pemecah bambu semi otomatis ini terdapat transmisi gear box yang berfungsi untuk memperlambat rasio kecepatan pergerakan mesin yang sesuai dengan kebutuhan mesin itu sendiri. Didalam rangkaian transmisi yang berhubungan dengan gear box ini terdapat juga system eksentrik yang berfungsi untuk menggerakkan pendorong bambu maju dan mundur yang dihubungkan dengan menggunakan besi as eksentrik. Dibutuhkan perhitungan yang pas dalam memilih type gear box yang sesuai agar dapat diperoleh rasio kecepatan putaran mesin, kekuatan daya tekanan pendorong bambu serta langkah pergerakan pendorong.

·         Pendorong Bambu
Pendorong bambu ini berfungsi sebagai alat untuk mendorong bahan bambu yang akan diproses dengan mesin pemecah bambu ini. Pendorong bambu ini sudah kami design dengan sedemikian rupa agar mampu berjalan diatas rel besi kanal H dan memiliki kekuatan yang seimbang untuk mendorong bambu yang akan dipecahkan menuju pisau pemecah.

·         Pisau Pemecah
Pisau pemecah bambu ini berfungsi sebagai pemecah bambu bulat utuh menjadi pecahan bambu kecil – kecil memanjang dengan hasil 12 pcs dalam satu kali proses. Dalam pemilihan bahan untuk dijadikan pisau pemecah ini juga harus memperhitungkan bahan yang pas dan cocok agar mampu memecah bambu dan memiliki kekuatan yang seimbang dengan adanya tekanan daya dorong mesin.

Untuk melengkapi keterangan – keterangan kami diatas tadi berikut kami lampirkan juga data spesifikasi dari mesin pemecah bambu semi otomatis tersebut :
HASIL MESIN PEMECAH BAMBU TUSUK SATE PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO
Spesifikasi  

Merk                           : MULTITECH

Type                           : PB – 2 SM

Kapasitas                  : Continous

Rangka                      : Besi Kanal H + Kanal U

System                       : Semi Otomatis

Jumlah Pisau           : 1 Buah

Dimensi                     : 1200 x 600 x 850 mm


3.    Mesin Irat Penipis Dan Pembelah Tusuk Sate
MESIN IRAT PENIPIS DAN PEMBELAH USAHA PRODUKSI TUSUK SATE
Mesin irat penipis dan pembelah ini memiliki 2 fungsi didalam 1 mesin dan menggunakan 1 penggerak saja. Pada bagian irat penipis ini berfungsi untuk menipiskan bambu yang sudah terpotong kecil – kecil seukuran antara 2 sampai 3 cm pada saat proses menggunakan mesin pemecah bambu tadi menjadi tipis – tipis dengan ukuran lebar bambu yang masih sama yaitu antara 2 sampai 3 cm tadi. Biasanya 1 irisan bambu dari hasil pemecah bambu tadi dengan satu kali proses dapat di tipiskan menjadi 3 lembar bambu tergantung dari tebal tipis lapisan bambu yang digunakan. Posisi pisau pada bagian irat penipis sudah tersusun secara vertical sehingga pada sekali proses bahan masuk sudah langsung terpotong menjadi 3 lembar bambu tipis – tipis dengan tebal antara 2 sampai 2,5 mm. Untuk hasil ketebalan bambu tersebut juga dapat disetel sesuai dengan kebutuhan dengan menaikkan atau menurunkan posisi pisau. Kemudian pada bagian pembelah yaitu berfungsi sebagai pembelah bambu yang sudah ditipiskan menjadi hasil bambu berbentuk kotak persegi. Untuk sekali proses pemasukan bahan lembaran bambu tadi dapat menghasilkan potongan bambu persegi antara 3 sampai 4 pcs. Posisi pisau pada bagian pembelah ini tersusun secara horizontal sehingga pada sekali proses pemasukan bahan dapat langsung menghasilkan 3 sampai 4 pcs tadi dan besar kecil hasilnya juga dapat disetel sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui fungsi dan cara kerja dari mesin ini berikut kami jelaskan bagian – bagian dari mesin irat penipis dan pembelah bambu :

·         Dynamo Penggerak
Pada mesin irat penipis dan pembelah bambu ini hanya dibutuhkan cukup 1 mesin penggerak saja untuk menggerakkan fungsi irat penipis bambu serta pembelah bambu.
Mesin ini hanya menggunakan penggerak dynamo listrik 1 phase 220 volt sehingga sangat cocok untuk dipakai oleh para pengusaha produksi tusuk sate skala home industry.

·         Besi Roll Penjepit
Besi roll penjepit pada mesin ini berfungsi untuk menjepit bahan bambu yang akan dipakai untuk proses produksi. Agar bahan dapat bergerak maju menuju pisau dan tidak terjadi selip pada waktu proses kerja dibutuhkan konstruksi besi roll penjepit yang pas dan sesuai untuk bahan baku yang digunakan yaitu bambu.

·         Besi Per Penjepit
Sedangkan besi per penjepit adalah untuk menyetel rapat dan renggangnya besi roll penjepit bawah dan atas serta daya untuk menjepit bahan agar tidak selip. Pada alat per penjepit ini kami sediakan juga baut untuk menyetel tingkat kekerasan dari per itu sendiri.

·         Transmisi Gear As
Transmisi gear as ini terletak pada setiap as yang menghubungkan antara besi roll penjepit. Transmisi gear as ini juga saling dihubungkan dengan menggunakan rantai sehingga diperoleh pergerakan yang sama antara roll penjepit yang satu dengan yang lainnya. Jadi fungsi dari transmisi gear ini adalah untuk menggerakkan semua besi roll penjepit agar mampu bergerak secara bersamaan.

·         Pisau Penipis Dan Pembelah
Pisau penipis dan pembelah ini berfungsi untuk menipiskan maupun membelah bambu. Bahan untuk pisau yang digunakan pada mesin ini juga berbeda dengan bahan pisau pada mesin pemecah bambu tadi. Untuk bahan dan konstruksi dari pisau ini sudah kami sesuaikan dengan kebutuhan dan system kerja dari mesin itu sendiri. Demi kemudahan dan kecepatan dalam proses kerja pada mesin ini kami juga sudah menyempurnakannya dengan cara memasang pisau – pisau tersebut secara tersusun sehingga dengan satu kali proses kerja dapat menghasilkan beberapa hasil produksi tanpa harus mengulangnya kembali. Posisi pisau – pisau susun pada mesin ini juga sudah kami design agar dapat mudah untuk mengatur tebal tipis hasil serta mudah dalam penggantiannya atau diasah ulang apabila pisau sudah tumpul.

Pada penjelasan diatas mengenai bagian – bagian dari mesin irat penipis dan pembelah bambu, maka untuk melengkapinya berikut kami lampirkan juga data spesifikasi dari mesin tersebut :
HASIL MESIN IRAT PENIPIS TUSUK SATE PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO
Spesifikasi

Merk                                       : MULTITECH

Type                                       : IP – 105 TS
Kapasitas                              : Continous
Rangka                                  : Besi Siku
Body                                       : Plat MS
Pisau                                     : Baja
Penggerak                            : Elektro Motor 2 HP
Daya                                       : 1500 Watt
Voltase                                   : 220 V/ 1 Phase
Dimensi                                 : 650 x 350 x 800 mm

4.    Mesin Serut Pembulat Tusuk Sate
Mesin serut pembulat ini berfungsi sebagai pembuat bentuk bulat lidi pada proses pembuatan tusuk sate. Mesin serut ini adalah mesin utama yang paling dibutuhkan dalam proses produksi tusuk sate. Jadi mesin serut pembulat ini bekerja secara otomatis dan hanya membutuhkan 1 orang operator saja untuk mengoperasikan mesin ini. Seorang operator hanya perlu memasukkan bahan bambu yang sudah selesai di proses pada mesin sebelumnya secara continuous satu per satu. Hasil dari mesin ini nantinya akan berupa lidi – lidi panjang yang sudah berbentuk bulat. Untuk mesin serut pembulat ini terdapat 2 macam model dengan kapasitas produksi dan juga system kerja yang berbeda yaitu :

1.    Mesin serut pembulat system pisau plong
MESIN SERUT PEMBULAT TUSUK SATE SISTEM PISAU PLONG
Mesin serut pembulat dengan system pisau plong ini menggunakan model pisau bulat dan lubang menyerupai alat plong kertas pada umumnya. System kerjanya yaitu menarik lidi bambu dengan bantalan karet yang berputar menuju pisau plong sehingga hasil lidi yang keluar akan berbentuk bulat menyesuaikan ukuran lubang pada pisau plong tersebut dan sisa – sisa kulit lidi bambunya akan terbuang serta jatuh kebawah mesin dengan sendirinya. Untuk mesin serut pembulat model pisau plong ini biasanya digunakan oleh para pengusaha produksi tusuk sate skala home industry maupun kelompok usaha masyarakat kecil dan menengah atau UKM karena mesin serut model ini masih menggunakan daya yang tidak terlalu besar serta voltase masih 1 phase untuk penggeraknya. Kapasitas produksi yang dihasilkan dengan menggunakan mesin ini sudah sangat cukup besar bagi pengusaha produksi tusuk sate untuk skala home industry maupun kelompok usaha masyarakat kecil dan menengah. Mayoritas dalam pengadaan pemerintah untuk bantuan usaha kelompok masyarakat rata – rata menggunakan mesin serut pembulat system plong ini karena selain daya nya yang cukup bagi mereka serta harganya yang masih dapat dijangkau sebagai alat bantuan dari pemerintah. Didalam rangkaian mesin serut pembulat ini terdapat beberapa bagian – bagian mesin antara lain :

·         Dynamo motor
Dynamo motor untuk penggerak mesin serut ini berfungsi sebagai inti dari semua pergerakan rangkaian mesin dengan system transmisi antara gear as untuk menggerakkan besi roll penjepit.

·         Besi Roll Penjepit
Besi roll penjepit ini berfungsi untuk mendorong bambu yang akan diproses menuju pisau serut. Untuk bahan dari besi roll penjepit mesin serut ini sedikit berbeda dengan mesin irat penipis + pembelah bambu. Besi roll penjepit mesin ini menggunakan gabungan antara besi dan dilapisi karet supaya bahan yang diproses dapat bergerak maju menuju pisau serut dengan mudah dan cepat.

·         Besi Per Penjepit
Untuk besi per penjepit pada mesin serut ini fungsinya sama dengan mesin irat penipis + pembelah bambu yaitu sebagai setelan rapat dan renggangnya besi roll penjepit agar bahan bambu yang diproses tidak selip. Terdapat baut diatas besi per penjepit yang berfungsi untuk mengatur rapat dan renggangnya produk bambu yang dijepit.

·         Transmisi Gear As
Transmisi gear as ini juga memiliki fungsi yang sama dengan mesin irat penipis + pembelah bambu yaitu untuk menggerakkan roda – roda besi roll penjepit secara bersamaan yang dihubungkan dengan menggunakan gear pada setiap as roll penjepit.

·         Pisau Serut
Sedangkan untuk jenis pisau serut ini berbeda dengan mesin irat penipis + pembelah bambu karena memang hasil yang dibutuhkan juga berbeda. Untuk pisau serut pada mesin serut pembuat bentuk bulat ini menggunakan system pisau plong sehingga hasil bambu akan membentuk bulat sesuai dengan ukuran diameter lubang pisau serut yang dipasang atau diinginkan. Ukuran diameter lubang pisau serut pada mesin serut ini biasanya menggunakan ukuran diameter lubang antara 2 – 3mm karena disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan permintaan konsumen.

Dari penjelasan diatas mengenai bagian – bagian mesin serut ini serta fungsinya dapat disimpulkan bahwa sebagian besar secara sistem kerja sama dengan mesin irat penipis + pembelah bambu tetapi memiliki sedikit perbedaan pada jenis bahan yang digunakan karena disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya. Berikut kami sampaikan juga secara garis besar mengenai spesifikasi mesin serut tusuk sate system pisau plong ini yaitu :

Spesifikasi

Merk                           : MULTITECH

Type                           : MS – 152 TS
Kapasitas                  : Continous
Rangka                      : Besi Siku
Body                           : Plat MS
Pisau                         : Baja (Model Plong)
Penggerak                : Elektro Motor ¾ HP
Daya                           : 565 Watt
Voltase                       : 220 V/ 1 Phase
Dimensi                     : 690 x 400 x 830 mm

2.    Mesin serut pembulat system cakar
MESIN SERUT PEMBULAT TUSUK SATE SISTEM PISAU CAKAR
Mesin serut pembulat dengan system pisau cakar ini menggunakan model pisau import berbentuk seperti cakar harimau. System kerjanya hampir sama dengan mesin serut pembulat model pisau plong tetapi bedanya yaitu menarik lembar bambu yang sudah tipis – tipis yang sebelumnya di proses menggunakan mesin irat penipis bambu bisa langsung dimasukkan dan diproses pada mesin serut ini tanpa harus melalui tahap proses pembelah bambu. Tetapi untuk kebutuhan daya listrik dari mesin serut model pisau cakar ini masih membutuhkan daya yg cukup besar dan masih memakai penggerak dynamo dengan voltase 3 phase. Jumlah dynamo yang dipakai untuk menggerakkan mesin ini juga tidak hanya 1 unit saja melainkan bisa 2 sampai 3 unit dynamo dalam 1 unit mesin utuh. Untuk kapasitas produksinya sendiri juga sudah tidak diragukan lagi karena mesin serut pembulat dengan model pisau cakar ini biasa digunakan oleh para pengusaha tusuk sate skala menengah keatas. Mayoritas yang sudah menggunakan mesin serut model ini adalah para pengusaha produsen tusuk sate yang sudah mempunyai banyak pangsa pasar dan membutuhkan pasokan yang cukup besar untuk memenuhi permintaan konsumen mereka. Untuk harga dari mesin serut model cakar ini juga sangat berbeda dengan mesin serut model pisau plong tadi karena dari kapasitas produksi, sparepart dan kualitasnya juga menentukan harganya. Berikut kami rincikan mengenai bagian – bagian mesin serut pembulat system cakar sebagai bahan perbandingan perbedaan system kerja dan fungsi kerja antara mesin serut system pisau plong dan mesin serut system pisau cakar yaitu :

·         Dynamo Motor Penggerak
Dynamo motor pada mesin serut model pisau cakar ini memiliki beberapa unit pada satu rangkaian mesin serut ini karena memiliki fungsi yang berbeda – beda pada kegunaannya antara lain : dynamo untuk menggerakkan putaran roda roll bagian depan untuk mendorong bahan, dynamo untuk menggerakkan putaran pisau cakar dan dynamo untuk menggerakkan putaran roda roll bagian belakang untuk menarik bahan. Pada mesin serut model pisau cakar ini memang harus menggunakan beberapa dynamo motor untuk menggerakkan beberapa bagian mesinnya karena secara system kerja lebih berat daripada mesin serut model pisau plong. Mesin ini bekerja lebih berat karena bahan yang akan diproses dengan menggunakan mesin ini masih berupa bahan bambu lembaran tipis – tipis yang kemudian akan langsung dibuat bentuk bulat menjadi 4 pcs per satu kali proses pemasukan bahan. Dynamo motor pada mesin serut ini juga menggunakan jenis dynamo 3 phase yang biasa digunakan untuk proses produksi tusuk sate skala besar atau pabrikan karena disesuaikan dengan power yang dibutuhkan oleh mesin itu sendiri.

·         Control Panel
Control panel pada mesin serut ini berfungsi untuk menghidupkan dynamo motor secara berurutan dan bergantian agar daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin ini tidak memakan listrik yang besar karena apabila dynamo pada mesin ini dihidupkan secara bersamaan maka akan membutuhkan daya yang lumayan besar pada angkatan awal.

·         Roll Penjepit
Untuk roll penjepit pada mesin serut model pisau cakar ini menggunakan bahan gabungan antara roll karet dan roll besi. Secara system kerja pada roll penjepit ini sama dengan system kerja pada roll penjepit mesin serut model pisau plong yaitu mendorong bambu menuju pisau serut serta menarik hasil bambu pada bagian output.

·         Per Penjepit
Untuk bahan dan system kerja pada per penjepit ini juga sama dengan mesin serut model pisau plong yaitu berfungsi untuk mengatur tingkat kerapatan dan kerenggangan bahan yang akan diproses. Pada bagian atas dari per penjepit ini juga sama dilengkapi dengan baut – baut sebagai pengaturan tingkat kerapatan dan kerenggangannya.

·         Transmisi
System transmisi pada mesin serut model cakar ini juga memiliki fungsi yang sama pada mesin serut model pisau plong yaitu untuk menggerakkan antara roll yang satu dengan yang lainnya secara bersamaan dengan dihubungkan gear dan rantai pada setiap roll nya.

·         Pisau Cakar
Kemudian pada pisau cakar ini berfungsi untuk menghasilkan bambu bulat dari bahan bambu lembaran tipis – tipis. Untuk pisau cakar pada mesin ini menggunakan pisau import dan memiliki ketajaman tingkat tinggi karena untuk produk local belum ada. Pisau cakar pada mesin serut ini memiliki 2 pisau atas bawah yang berputar secara bersamaan. Model pisau cakar ini berbentuk setengah lingkaran pada pisau bagian atas serta berbentuk setengah lingkaran pada pisau bagian bawah sehingga pada waktu proses kerja akan menghasilkan tusuk sate berbentuk lingkaran yang sempurna.

Berikut spesifikasi mesin serut pembuat bentuk bulat model cakar pada proses pembuatan tusuk sate :

Spesifikasi

Merk                           : MULTITECH

Type                           : MS – 701 TS
Kapasitas                  : (Continous)
Rangka                      : Besi Siku
Body                           : Plat MS
Pisau                         : Baja (Model Cakar)
Penggerak                : Dinamo Motor Total 5 HP
Daya                           : 5000 Watt
Voltase                       : 380 V/ 3 Phase
Dimensi                     : 800 x 600 x 700 mm

5.    Mesin Pemotong Lidi Tusuk Sate
MESIN PEMOTONG LIDI USAHA PRODUKSI TUSUK SATE
Mesin pemotong lidi dalam proses produksi tusuk sate ini berfungsi untuk memotong hasil tusuk sate yang sudah berbentuk bulat yang sebelumnya telah di proses melalui tahap serut pembulat dengan ukuran panjang tusuk sate yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan mesin pemotong lidi ini kita tidak perlu lagi memotong hasil lidi bulat tusuk sate secara manual satu per satu karena dengan mesin ini bisa langsung memotong lidi sebesar kepalan tangan orang dewasa untuk sekali prosesnya. Untuk proses pengoperasian mesin pemotong lidi ini juga sangat mudah dan hanya membutuhkan 1 orang operator saja yaitu tinggal memasukkan lidi bulat kedalam tatakan tempat menaruh lidi yang berbentuk setengah lingkaran hingga penuh dan padat agar lidi yang akan dipotong tidak bergoyang – goyang karena apabila kurang penuh akan menyebabkan goyangan pada waktu proses pemotongan lidi dan dapat mengakibatkan lidi – lidi bergeser pada tempatnya serta mengakibatkan hasil potongan yang kurang rata. Setelah lidi dirasa sudah cukup padat maka tinggal mendorong meja tempat dudukan bahan pada mesin pemotong lidi menuju pisau pemotong model gerigi secara perlahan hingga semua lidi terpotong. Jadi system kerja mesin pemotong lidi ini bukan pisaunya yang digerakkan naik dan turun untuk memotong lidi bambu seperti pada mesin pemotong bambu melainkan mejanya yang dapat didorong maju mundur menuju pisau gerigi yang berputar pada tempatnya. Untuk kapasitas produksi pada mesin pemotong lidi ini sudah sangat cukup bagi semua golongan usaha produksi tusuk sate hanya saja nanti yang dibedakan mengenai kebutuhan dynamo penggeraknya karena untuk usaha skala home industry serta kelompok usaha kecil dan menengah biasanya masih menggunakan daya 1 phase dan voltase 220 volt, sedangkan untuk skala menengah keatas sampai pabrikan biasanya sudah menggunakan daya 3 phase dan voltase 380 volt dengan power kuda atau jumlah PK yang sama pada dinamonya. Berikut adalah bagian – bagian dari mesin pemotong lidi tusuk sate serta fungsinya masing – masing :

·         Dynamo Motor
Dynamo motor penggerak pada mesin ini berfungsi untuk menggerakkan pisau pemotong model gerigi yang terpasang dibawah meja pendorong dengan dihubungkan menggunakan pulley dan van belt. Dynamo pada mesin ini membutuhkan daya yang cukup besar yaitu 1 HP atau 750 watt dengan voltase tegangan 220 Volt 1 Phase.

·         Pisau Pemotong
Pisau pemotong ini berfungsi sebagai pemotong lidi tusuk sate yang awalnya masih berukuran panjang – panjang menjadi ukuran pendek – pendek sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Pisau pemotong lidi tusuk sate ini menggunakan pisau model gerigi standart yang biasa digunakan untuk memotong kayu dan banyak didapat di toko – toko teknik terdekat didaerah anda.

·         Tuas Penekan Bambu Lidi
Tuas penekan bambu lidi ini berfungsi untuk menahan bambu yang ditaruh pada hopper bahan agar tidak goyang sehingga pada waktu proses pemotongan lidi bambu mampu memotong dengan lurus. Lidi bambu yang ditaruh pada hopper bahan harus penuh dan rapat agar tidak goyang dan hasil potongnya lurus.

·         Meja Pendorong
Fungsi daripada meja pendorong pada mesin pemotong lidi tusuk sate ini adalah untuk mendorong meja pemotong sekaligus bahan yang terdapat pada hopper penempatan bahan menuju pisau pemotong yang berputar. Jadi system kerjanya adalah pisau bulat model gerigi berputar dan diam ditempatnya sedangkan untuk proses pemotongannya harus mendorong mejanya menuju pisau pemotong yang berputar.

Berikut adalah spesifikasi mesin dari pemotong lidi tusuk sate antara lain :

Spesifikasi

Merk                           : MULTITECH

Type                           : PL – 240 TS
Kapasitas                  : 240.000 Pcs/ 8 Jam (Continous)
Rangka                      : Besi Siku
Body                           : Plat Mild Steel
Model Pisau             : Gerigi
Penggerak                : Elektro Motor ½ HP
Daya                           : 370 Watt
Voltase                       : 220 V/ 1 Phase
Dimensi                     : 700 x 600 x 750 mm

6.    Mesin Pemoles Tusuk Sate
MESIN PEMOLES TUSUK SATE PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO
Mesin pemoles tusuk sate ini berfungsi untuk memoles hasil lidi untuk menghilangkan serabut halus pada lidi tusuk sate yang sudah di proses pada tahap sebelumnya dan dengan ukuran panjang lidi yang sudah dipotong sesuai dengan tempat tatakan pada mesin pemoles tusuk sate ini agar menghasilkan kualitas tusuk sate yang halus, bagus dan berkualitas dari segi finishing pemolesannya. Dalam satu kali proses pemolesannya mesin ini mampu menghasilkan antara 50 – 70 kg untuk sekali proses. Untuk sekali proses pemolesan membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit, tetapi lama proses pemolesan juga tergantung dari tingkat kehalusan tusuk sate yang di inginkan oleh pemakainya. Dalam hal kapasitas produksi mesin pemoles tusuk sate ini dapat dibuatkan dengan disesuaikan kebutuhan anda mulai dari kapasitas terkecil hingga kapasitas terbesar yang dibutuhkan. Adapun bagian – bagian mesin dari mesin pemoles ini antara lain :

·         Dynamo Motor Penggerak
Dynamo penggerak pada mesin pemoles tusuk sate berfungsi untuk menggerakkan tatakan pada bagian bawah yang dipakai untuk menaruh bahan agar dapat bergoyang secara maju mundur sehingga tusuk sate akan berputar dengan sendirinya dan bergerak bergantian keatas dan kebawah seperti hal nya kita menggosok tusuk sate dengan cara manual menggunakan kedua tangan kita.

·         Plat Sekat
Plat sekat ini berfungsi untuk menaruh bahan tusuk sate dan disesuaikan dengan panjang pendek tusuk sate yang akan diproses. Plat sekat pemisah ini dapat diatur secara manual dengan memindahkan posisinya untuk menyesuaikan panjang pendek bahan.

·         Pemberat Bahan
Sedangkan fungsi dari pemberat bahan adalah untuk menekan bahan sehingga bahan tidak mudah tumpah dan dapat bergerak secara bergantian yaitu bahan yang sebelumnya berada dibawah akan keatas begitu pula sebaliknya.

·         Eksentrik
System eksentrik pada mesin pemoles tusuk sate berfungsi untuk menggoyangkan tatakan bahan pada bagian bawah secara teratur agar bahan tidak mudah tumpah dan pergantian bahan antara yang dibawah dan diatas dapat teratur.

Berikut kami lampirkan data spesifikasi mesin pemoles atau penghalus tusuk sate :

Spesifikasi

Merk                           : MULTITECH

Type                           : MP – 507  
Kapasitas                  : 50 – 70 Kg/ Proses
Rangka                      : Besi Siku
Body                           : Plat Mild Steel
Penggerak                : Elektro Motor 1 HP
Daya                           : 750 Watt
Voltase                       : 220 V/ 1 Phase
Dimensi                     : 1200 x 650 x 600 mm

7.    Mesin Peruncing Tusuk Sate
MESIN PERUNCING USAHA PRODUKSI TUSUK SATE
Proses peruncingan pada pembuatan tusuk sate merupakan tahapan terakhir yang perlu kita lakukan sebelum akhirnya dikemas dan dikirim ke konsumen. Pada mesin peruncing tusuk sate ini system kerjanya sudah otomatis sehingga sangat mudah dalam pengoperasiannya dan hanya membutuhkan satu operator saja untuk menjalankan mesin ini. Anda tinggal menaruh bahan yang akan diproses pada hopper penampungan bahan kemudian nyalakan mesin, maka proses kerja mesin akan berjalan dengan sendirinya untuk menata tusuk sate satu per satu diatas roda berputar kemudian memolesnya untuk meruncingkannya kemudian hasil produk akan terjatuh dengan sendirinya pada tempat penampungan pengeluaran bahan dan anda tinggal mengambil hasil produk tersebut. Berikut akan kami jelaskan bagian – bagian dari mesin peruncing tusuk sate antara lain :

·         Dynamo Motor Roda Gila
Dynamo motor penggerak yang dihubungkan dengan roda gila ini berfungsi untuk menggerakkan roda gila agar bahan dapat tertata secara rapi satu persatu sebelum berjalan menuju roda peruncing. Dynamo motor ini juga ditransmisikan untuk menggerakkan eksentrik pada hopper tempat penampungan bahan yang berfungsi agar bahan pada tempat penampungan dapat bergerak maju mundur sehingga tertata rapi satu per satu pada roda gila. Dynamo ini memiliki daya yang lebih besar daripada dynamo motor untuk proses peruncingan karena dengan satu dynamo ini difungsikan untuk dua proses kerja sekaligus.

·         Dynamo Motor Peruncing
Sedangkan dynamo motor penggerak ini berfungsi untuk meruncingkan tusuk sate dengan cara memutar roda peruncing yang sudah dilapisi amplas halus sebagai media untuk meruncingkan bahan tersebut. Roda peruncing ini hanya berputar dan diam tidak bergerak sedangkan yang bergerak menuju roda peruncing adalah bahan tusuk sate itu sendiri yang digerakkan oleh roda gila dan sudah tertata rapi satu per satu diatasnya. Dynamo motor pada proses peruncingan ini lebih kecil dayanya daripada dynamo motor roda gila, tetapi untuk dynamo pada peruncing ini memiliki rpm atau speed yang lebih tinggi dibandingkan dynamo pada roda gila. Dibutuhkan dynamo dengan rpm tinggi pada proses peruncingan agar hasilnya bisa bagus dan maksimal.

·         Transmisi Gear Rantai
Transmisi gear rantai pada mesin peruncing tusuk sate ini difungsikan sebagai penghubung antara proses kerja yang satu dengan yang lainnya agar dapat berjalan dengan berirama dan saling beriringan. Dibutuhkan perhitungan yang pas dan speed yang sesuai antara transmisi gear yang satu dengan yang lainnya agar kinerja mesin dapat berjalan dengan sempurna.

·         Eksentrik
System eksentrik pada mesin ini adalah untuk mendorong bahan pada tempat penampungan bahan secara maju dan mundur agar tusuk sate dapat tertata rapi satu per satu diatas roda gila yang berputar.

Berikut ini adalah spesifikasi mesin dari peruncing tusuk antara lain :
HASIL MESIN PERUNCING TUSUK SATE PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO
Spesifikasi

Merk                           : MULTITECH

Type                           : PS – 701 
Kapasitas                  : 70 – 100 Kg/ 8 Jam (Continous)
Rangka                      : Besi Siku
Body                           : Plat Mild Steel
Penggerak                : Dinamo Listrik 1 + ½ HP
Daya Total                 : 1300 Watt
Voltase                       : 220 V/ 1 Phase
Dimensi                     : 1100 x 600 x 850 mm

Jadi seperti yang sudah kami jelaskan secara terperinci diatas bahwa untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas produksi tusuk sate dibutuhkan beberapa macam mesin sehingga proses produksi dapat berjalan dengan cepat dan mudah. Tetapi itu semua akan dikembalikan kepada anda dengan disesuaikan kebutuhan akan hasil produksi anda dan pasar. Untuk sebagian daripada mesin – mesin yang sudah kami jelaskan diatas dapat dilakukan secara  manual atau yang lebih sederhana dahulu, baru setelah pasar sudah meluas maka peningkatan hasil produksi tusuk sate juga harus disesuaikan dengan kapasitas produksi mesin anda. Kami selalu menyarankan agar anda mengkonsultasikan dahulu kepada kami akan kebutuhan mesin anda disesuaikan dengan kapasitas produksi dan budget anda sehingga mesin yang dipakai menjadi tepat guna. Toko mesin solusindo juga menyediakan berbagai macam mesin untuk segala kebutuhan usaha anda dan jangan ragu untuk selalu mengkonsultasikannya dengan kami karena kami akan selalu bersedia dan senang hati melayani anda agar terciptanya masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera dengan berwira usaha.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).