MESIN ICE TUBE PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO
Toko Mesin Solusindo adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Malang Jawa Timur yang bergerak di bidang produksi mesin dan supplier mesin dengan berbagai macam kebutuhan mesin anda mulai dari mesin pendingin seperti mesin pembuat es tube, mesin cetak es balok, ruangan pendingin atau biasa disebut cold room maupun cold storage, ada juga mesin pengolahan makanan seperti mesin pembuat abon ikan dan daging, mesin pembuat keripik buah atau vaccum frying, mesin pembuat bawang goreng, mesin pembuat dodol atau jenang dll. Toko mesin solusindo juga menyediakan mesin pertanian, mesin teknologi tepat guna, mesin pengemas dan masih banyak mesin – mesin yang lainnya yang bisa kami sediakan untuk menunjang kesuksesan usaha anda. Kami menyediakan berbagai macam mesin untuk kebutuhan usaha anda mulai dari usaha skala home industri, usaha kecil dan menengah, maupun skala industri. Toko mesin solusindo akan selalu siap membantu anda dalam memulai suatu usaha atau dalam pengembangan usaha anda dengan menyediakan berbagai macam mesin untuk menunjang usaha dengan berbagai macam kapasitas mesin yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan permintaan anda atau mesin custom, serta dapat disesuaikan dengan dana anda.

Dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara menyulap air menjadi uang dengan menggunakan mesin ice tube maker produksi toko mesin solusindo. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Negara Indonesia sebagian besar dikelilingi oleh lautan dan sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Maka dari itu Toko mesin solusindo menyediakan mesin pembuat ice tube skala home industri maupun usaha kelompok masyarakat untuk dapat memproduksi sendiri es batu Kristal tabung demi meningkatkan produktifitas serta kesejahteraan mereka. Dengan adanya mesin cetak es tube kapasitas kecil produksi kami ini serta dengan adanya bahan baku yang sangat melimpah di Negara kita ini maka hal ini merupakan suatu peluang besar bagi kita untuk memulai suatu usaha dengan memanfaatkan bahan baku air.

Pertama – tama langkah awal dalam memulai suatu usaha produksi es tube antara lain :
  1. Tegangan Listrik
Yang pertama adalah tersedianya tegangan listrik yang memadai ditempat anda yang disesuaikan dengan kebutuhan listrik pada mesin ice tube. Saluran instalasi listrik harus stabil apabila masih menggunakan tegangan 1 phase atau 220 volt. Perlu anda ketahui bahwa mesin ice tube produksi toko mesin solusindo ini bisa disesuaikan dengan tegangan listrik yang dibutuhkan antara 1 phase 220 volt dan 3 phase 380 volt yang dapat dipesan pada awal pemesanan. Agar tegangan listrik 1 phase 220 volt di lokasi anda bisa tetap stabil biasanya lokasi usaha harus dekat dengan gardu listrik karena semakin jauh lokasi usaha anda dengan gardu listrik PLN akan mempengaruhi tegangan listrik sehingga mengakibatkan tegangan listrik yang kurang stabil. Tetapi apabila anda menggunakan tegangan listrik 3 phase 380 volt maka dipastikan tegangan listrik di tempat lokasi usaha anda akan lebih stabil dan sangat cocok untuk lokasi usaha. Saran kami bagi anda yang ingin benar – benar membuka suatu usaha dan ingin mengembangkan usaha agar lebih besar dan maju maka lebih baik menggunakan tegangan 3 phase 380 volt agar kedepannya usaha anda tidak mengalami masalah dalam pengadaan listrik di tempat lokasi usaha anda serta mesin – mesin yang akan menunjang usaha anda lebih awet dan kuat karena mesin – mesin yang menggunakan tegangan 3 phase 380 volt khusus nya dalam hal penggerak dynamo nya memang dirancang khusus untuk skala produksi secara terus menerus.

  1. Bahan Baku Air
Yang kedua adalah ketersediaan kebutuhan akan bahan baku dalam proses produksi es yaitu air harus tersedia dengan baik dan lancar. Jangan sampai produksi es anda terhambat dikarenakan ketersediaan air yang sering kosong atau kurang lancar. Untuk jenis air yang dapat digunakan dalam produksi es ini bisa menggunakan air sumur atau air bor maupun air PDAM. Apabila dimungkinkan perlu juga untuk menyediakan tandon air yang posisinya terletak minimal 1 meter diatas mesin es tube. Fungsi daripada tandon air adalah untuk menyimpan supply air sebelum dialirkan kedalam tandon mesin dari pompa air sumur maupun dari air PDAM sehingga air yang masuk kedalam mesin tidak memiliki tekanan karena hal itu dapat merusak mesin. Jangan kawatir akan jenis bahan baku air yang akan digunakan dalam proses produksi es anda karena kami juga menyediakan filter air yang disesuaikan dengan bahan baku air yang tersedia ditempat anda sebagai kelengkapan daripada mesin ice tube ini. Dengan adanya filter air juga bisa meningkatkan hasil produksi es tube karena tingkat kejernihan air dan kadar kandungan zat kapur pada air juga berpengaruh pada hasil es yang di produksi.

  1. Ruangan
Sediakan ruangan untuk lokasi usaha minimal 6 x 4 x 3 meter dengan sirkulasi udara masuk dan keluar bebas tanpa halangan apapun agar sirkulasi udara untuk in dan out pada mesin ice tube juga lancar sehingga berpengaruh pada hasil produksi nya. Untuk ruangan tempat menaruh posisi mesin tanpa sekat tembok tidak apa – apa asalkan atap ruangannya dilindungi agar mesin tidak kehujanan dan kepanasan. Sebagai tambahan juga bisa diberikan dudukan cor beton setinggi 40 cm sudah cukup sebagai tempat menaruh mesin es tube. Bisa juga dibuatkan dari kayu balok sebagai pengganti cor beton tempat dudukan mesin agar dalam proses panen es lebih mudah tinggal menaruh bak disamping dudukan dan dibawah output hasil es.

  1. Kantong Kemasan
Kemudian untuk hasil es yang sudah jadi perlu dikemas kedalam kantong plastik dahulu sebelum disimpan kedalam freezer tempat penyimpanan hasil es. Sehingga dibutuhkan juga jenis kantong plastik yang biasa digunakan dalam pembungkusan hasil es haruslah jenis kantong plastik yang agak tebal dengan jumlah micron yang lebih kecil agar es didalam kantong kemasan dapat bertahan lebih lama serta bunga es tidak dapat masuk kedalam kantong plastik yang dapat mengakibatkan es didalam kantong plastik membeku dan saling menyatu antara satu dengan yang lainnya. Jenis kantong plastic yang bagus adalah jenis kantong plastic yang biasa digunakan untuk menyimpan makanan beku siap saji pada toko – toko seperti bakso, nugget, sosis, ayam dll. Apabila menggunakan kantong plastik biasa yang tipis dikawatirkan es didalam kantong plastik akan membeku dan menyatu antara satu dengan yang lainnya sehingga sulit untuk dilepaskan pada waktu akan dikirim ke konsumen sehingga otomatis akan menghambat waktu pendistribusian hasil produksi es anda.

  1. Freezer Atau Tempat Penyimpanan Es
Dibutuhkan juga tempat untuk penyimpanan hasil es agar es tidak cepat mencair dengan menggunakan chest freezer untuk kapasitas penyimpanan kecil hingga penyimpanan lumayan besar. Sedangkan untuk tempat penyimpanan hasil es dengan kapasitas besar hingga berton – ton dibutuhkan ruangan pendingin sebagai tempat penyimpanan seperti cold room atau cold storage. Tempat penyimpanan hasil es ini seperti chest freezer maupun cold room adalah bertujuan untuk mempertahankan suhu es agar tidak mencair dengan pengaturan suhu -10 sampai dengan -20 °C. Semakin besar produksi es yang dihasilkan otomatis akan membutuhkan kapasitas tempat penyimpanan yang lebih besar pula.

  1. Pengiriman Es
Dalam proses pendisribusian hasil es tube kepada konsumen dibutuhkan tempat penyimpanan es seperti box sterofoam, cool box atau mobil box freezer agar terhindar dari sinar matahari langsung dan angin yang dapat membuat es cepat mencair. Untuk usaha pemula dan menengah biasanya masih menggunakan box sterofoam dalam proses pendistribusian es kepada konsumen karena dengan langkah ini bisa menghemat banyak biaya untuk proses pengiriman es batu dan harga daripada box sterofoam itu sendiri juga sangat murah dibandingkan lainnya. Untuk usaha produksi yang sudah berkembang dan skala industry biasanya dalam proses pengiriman sudah menggunakan cool box dan mobil box freezer karena mereka sudah memiliki pasar yang besar serta penjualan yang sangat banyak dalam satu kali proses pengiriman sehingga dibutuhkan alat dan transportasi yang memadai didalam proses pengiriman es batu sehingga es tidak dapat mencair meskipun jarak pendistribusian cukup jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk pengiriman es kepada konsumen dengan jarak dan waktu yang cukup lama memang sangat diperlukan tempat penyimpanan es yang benar – benar memadai dan mempunyai pengaturan suhu yang dapat diatur didalamnya karena akan sangat berpengaruh pada bentuk es, kuantitas dan kualitas es pada saat pengiriman. Dari pendistribusian es tersebut juga akan sangat berpengaruh pada tingkat kepuasan konsumen serta omzet penjualan karena mereka menilai dari ketepatan waktu pengiriman, bentuk es pada saat diterima konsumen serta kuantitas es beku pada setiap kantong kemasan.

Jadi hal – hal yang perlu diperhatikan dalam langkah awal produksi es tube Kristal tabung adalah semua kebutuhan yang kami sebutkan diatas tadi. Apabila dari hal – hal tersebut diatas masih belum lengkap salah satunya dapat mengakibatkan kurangnya kapasitas produksi es yang dihasilkan serta kualitas es yang dihasilkan. Bila semua langkah – langkah tersebut diatas sudah terpenuhi dan tersedia maka satu hal lagi yang perlu dipenuhi yaitu mesin ice tube itu sendiri. Memang banyak factor yang perlu diperhatikan dalam memproduksi es tube Kristal tabung ini dan itu semua harus saling berkaitan demi hasil es tube yang berkualitas dan maksimal.

Setelah kita mengetahui langkah – langkah awal yang perlu disediakan untuk menunjang produksi es tube Kristal tabung, kini kami akan menjelaskan juga tentang bagian – bagian mesin ice tube produksi toko mesin solusindo. Dari beberapa bagian – bagian mesin ice tube ini terdapat bahan import dan bahan local pada sparepart yang digunakan. Semua bagian – bagian mesin tersebut dipadukan sebagai satu kesatuan unit utuh dan memiliki fungsi masing – masing sesuai dengan kegunaannya. Motivasi kami dari memadukan bagian – bagian tersebut adalah untuk mempermudah kebutuhan akan ketersediaan sparepart dari mesin ice tube tersebut sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mencari ketersediaan sparepart di tempat lokasi anda.
BAGIAN - BAGIAN DARI MESIN ES KRISTAL TABUNG PRODUKSI TOKO MESIN SOLUSINDO
Bagian – bagian dari mesin ice tube antara lain :
  1. Compressor
Merupakan bagian inti dan paling vital dari mesin ice tube ini karena fungsi dari compressor sendiri adalah untuk mengubah udara panas menjadi udara dingin yang kemudian dialirkan melalui pipa – pipa tembaga dan bersamaan dengan air yang mengalir melewati tabung evaporator. Unit compressor ini harus benar – benar dijaga dan dirawat dengan baik agar mesin ice tube tetap dapat berfungsi dengan baik. Untuk menjaga unit compressor ini harus diperhatikan merk freon yang dipakai karena apabila menggunakan merk freon dengan kualitas kurang bagus juga akan cepat merusak unit compressor serta dapat menurunkan kinerja dari compressor itu sendiri. Kinerja compressor tersebut juga dapat dipengaruhi oleh jumlah oli dan Freon yang masuk. Jumlah oli dan Freon yang di isikan kedalam compressor harus sesuai dengan takaran yang dibutuhkan karena apabila jumlah Freon yang masuk kurang maka hasil produksi es juga berkurang dan kebalikannya apabila jumlah Freon yang masuk terlalu banyak maka akan memperlambat kinerja compressor itu sendiri sehingga kinerja compressor akan semakin berat di akibatkan jumlah Freon yang terlalu banyak. Untuk compressor sendiri kami biasanya menggunakan 2 jenis compressor yang berbeda type disesuaikan dengan kapasitas produksi mesin ice tube tersebut. Untuk kapasitas produksi kecil seperti kapasitas 500kg/ jam biasanya kami menggunakan mesin compressor type open type yaitu unit compressor dengan dynamo penggerak berdiri sendiri – sendiri sehingga perlu di couple atau di transmisi dengan menggunakan pulley dan van belt. Untuk kapasitas produksi 1ton/ jam keatas biasanya kami menggunakan compressor type semi hermetic yaitu unit compressor dengan dynamo penggerak sudah menyatu didalam satu kesatuan unit compressor itu sendiri.

  1. Dynamo Compressor
Dynamo compressor ini terletak berdampingan dengan unit compressor yang berfungsi untuk menggerakkan compressor dengan menggunakan transmisi pulley dan van belt. Untuk unit dynamo compressor yang digunakan harus sesuai dengan daya dan kebutuhan compressor agar tercapai kecepatan putaran compressor yang dibutuhkan untuk menghisap udara panas dan mengubahnya menjadi udara dingin. Dinamo ini juga harus dilengkapi dengan tombol safety agar dapat melindungi compressor dan komponen mesin es tube lainnya apabila terjadi tegangan listrik yang tidak stabil, jadi dengan adanya pengaman tersebut unit mesin akan otomatis mati dengan sendirinya bila terjadi hal tersebut. Tetapi tidak semua mesin ice tube produksi toko mesin solusindo memakai dynamo compressor karena dynamo compressor ini hanya digunakan untuk mesin ice tube kapasitas kecil dan menggunakan compressor open type.

  1. Tabung Evaporator
Tabung evaporator ini terletak diatas bak penampungan air pada mesin yang merupakan tabung paling besar pada bagian mesin ice tube karena tabung evaporator ini sendiri berfungsi sebagai tempat untuk mencetak dan menghasilkan es batu. Mengapa tabung evaporator ini terletak diatas bak air penampungan? Karena system kerja tabung ini untuk mensirkulasi air didalam bak tandon penampungan pada mesin kedalam tabung evaporator yang didalamnya terdapat pipa – pipa kecil panjang untuk membentuk butiran air yang masuk kedalam pipa tabung menjadi es. Sirkulasi air ini berjalan secara terus – menerus hingga air tersebut membeku dan menempel pada dinding pipa – pipa tabung pencetak es tube. Besar diameter dan panjang tabung evaporator serta Jumlah dan panjang pipa – pipa yang terdapat didalam tabung evaporator berbeda – beda karena disesuaikan dengan kapasitas produksi mesin es tube itu sendiri. Untuk kapasitas produksi kecil otomatis besar diameter dan panjang serta jumlah pipa – pipa didalam tabung lebih kecil dan sedikit dibandingkan dengan kapasitas produksi yang lebih besar yang memiliki jumlah dan panjang pipa – pipa yang lebih banyak. Untuk diameter hasil es tube yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan permintaan anda pada awal pemesanan karena unit tabung evaporator ini kami produksi sendiri. Untuk hasil bentuk es juga bisa disesuaikan permintaan anda, misalnya anda menginginkan hasil es berbentuk kotak lubang tengah tinggal pemberitahuan pemesanan di awal maka pipa – pipa didalam tabung evaporator yang sebelumnya berbentuk bulat akan kami ganti dengan pipa – pipa kotak berbahan stainless steel.

  1. Dynamo Cutting
Dynamo cutting ini berfungsi untuk memotong hasil es yang sudah membeku yang berada pada pipa – pipa didalam tabung evaporator sehingga membentuk hasil potongan es tube pendek – pendek sekitar 4 sampai 5 cm. Letak daripada dynamo cutting ini berada di sebelah tabung evaporator dengan menggunakan transmisi gear untuk system pemotongan es didalamnya. Dahulu kami masih menggunakan dynamo bekas mesin fotocopy untuk dynamo cutting ini dan ternyata hasilnya kurang maksimal, apalagi apabila hasil es didalam pipa – pipa tabung menjadi padat maka dynamo cutting ini sering kali macet dikarenakan power dari dynamo itu sendiri yang kurang kuat. Untuk saat ini dan seterusnya kami sudah menggunakan dynamo jenis helical gear pada dynamo cutting mesin ice tube produksi toko mesin solusindo ini yang merupakan jenis dynamo yang sering digunakan pada mesin industry karena dengan menggunakan dynamo helical gear ini hasil potongan es bisa maksimal dan power yang dikeluarkan juga jauh lebih besar sehingga mampu memotong es batu yang sudah jadi meskipun hasil es nya padat dan buntu.

  1. Condensing Unit
Condensing unit ini adalah sejenis kipas atau biasa disebut kondensor yang berfungsi sebagai tempat pengeluaran atau pembuangan udara panas dari udara panas didalam mesin ice tube. Apabila suhu udara yang dikeluarkan dari kondensor ini semakin panas berarti kinerja mesin semakin bagus dan hasil produksi bisa semakin cepat dari biasanya. Maka dari itu untuk penempatan arah pembuangan udara panas dari kondensor ini tidak boleh terhalang oleh apapun sehingga udara panas yang terbuang dari kondensor ini terbebas dan tidak kembali mengarah pada mesin ice tube karena apabila itu terjadi maka akan mempengaruhi kecepatan hasil produksi sehingga kapasitas produksi yang dihasilkan juga semakin berkurang. Untuk jenis kondensor yang kami pakai juga berbeda – beda besar kecilnya serta jumlah kipasnya karena disesuaikan dengan kapasitas produksi yang dibutuhkan.

  1. Pompa Air
Unit mesin pompa air ini posisi nya berada pada bagian belakang dekat dengan bak tandon air yang fungsinya adalah untuk mensirkulasi air pada bak tandon air kemudian disalurkan ke atas masuk kedalam pipa – pipa tabung evaporator. Untuk unit mesin pompa air itu sendiri kami biasa menggunakan mesin pompa air yang biasa dipakai di rumah – rumah karena kinerja mesin pompa air ini tidak begitu berat untuk dipakai pada mesin ice tube. Mesin pompa air ini bekerja secara otomatis pada waktu mesin dihidupkan AUTO, sehingga dia akan hidup dan mati dengan sendirinya pada waktu proses produksi es tube karena system kelistrikannya sudah disambungkan langsung didalam control panel yang sudah di setel pada awal perakitan mesin.

  1. Tandon Air
Bak tandon air pada mesin ice tube ini berfungsi untuk menampung air yang akan dipakai untuk proses produksi es tube. Air yang masuk kedalam bak tandon air dari selang input sudah kami lengkapi dengan pelampung otomatis sehingga air yang masuk kedalam tandon air tidak akan meluber kemana – mana pada waktu bak tandon air sudah penuh. Pada waktu proses mesin sudah dihidupkan disarankan agar air yang masuk kedalam bak tandon air dimatikan dahulu karena air yang berada pada bak tandon air akan disirkulasi untuk proses produksi es tube dan apabila air yang masuk kedalam bak tandon air belum dimatikan maka dikawatirkan air akan meluber kemana – mana serta proses produksi es tube akan bertambah lama karena suhu air yang sudah disirkulasi untuk proses produksi lebih dingin daripada suhu air yang baru masuk kedalam bak tandon air. Jadi kesimpulannya adalah suhu air yang masuk kedalam mesin juga mempengaruhi jumlah kapasitas produksi yang dihasilkan dengan waktu lama produksinya. Kami juga menyarankan agar air yang masuk kedalam bak tandon air tidak boleh menggunakan air yang bertekanan misalnya air yang disalurkan langsung dari pompa dirumah anda menuju bak tandon air yang berada pada mesin ice tube karena dapat merusak kinerja mesin ice tube itu sendiri. Jadi air yang masuk kedalam bak tandon air haruslah air yang tidak bertekanan seperti air dari saluran kran atau bisa juga disediakan tandon air diluar mesin ice tube untuk menyimpan cadangan air sebelum masuk kedalam bak tandon air.

  1. Manometer
Unit manometer yang terdapat pada mesin ice tube ini berfungsi sebagai pengukur suhu dan tekanan pada mesin ice tube itu sendiri. Terdapat dua jenis petunjuk manometer yang berbeda pada mesin ice tube ini yaitu, manometer high pressure dan manometer low pressure. Fungsi dari manometer high pressure adalah untuk mengukur suhu dan tekanan yang tertinggi pada mesin dengan ketentuan dasar untuk tekanan di kisaran angka 250 – 350 psi sedangkan untuk keadaan suhu di kisaran angka +50 s/d +60 °C pada waktu mesin dihidupkan. Sedangkan fungsi dari manemeter low pressure yaitu untuk mengukur suhu dan tekanan yang terendah pada mesin ice tube dengan ketentuan dasar untuk jumlah tekanan berkisar antara 30 – 60 psi dan untuk suhu berkisar antara -0 s/d -10 °C pada waktu mesin dihidupkan. Ketentuan dasar dari kedua manometer tersebut adalah untuk mengetahui kinerja mesin serta jumlah Freon yang berada pada mesin sehingga kita tahu langkah apa yang harus dilakukan dalam pengoperasian mesin ice tube tersebut serta berapa banyak jumlah Freon yang harus dimasukkan kedalam mesin.

  1. Output Hasil Es
Terdapat output untuk mengeluarkan hasil es yang sudah di panen dan telah terpotong kecil – kecil pada bagian bibir bak tandon air. Pada corong output hasil es kami buat dengan sudut kemiringan 45 derajat agar hasil es yang sudah jadi dan telah terpotong kecil – kecil dapat keluar dengan mudah tanpa harus dilakukan pengambilan es secara manual. Untuk mempermudah pekerjaan anda bisa juga disediakan bak plastik dibawah corong bibir output hasil es sebagai tempat penampungan sementara sebelum hasil es tersebut ditimbang dan dikemas kedalam kantong kemasan sehingga es yang jatuh dapat langsung tertampung didalam bak plastik tersebut. Apabila anda memiliki mesin ice tube lebih dari 1 unit bisa juga dilakukan dengan menaruh paralon seperti talang air di bibir output hasil es pada setiap mesin kemudian disalurkan menuju ke satu tempat penampungan sehingga anda tidak perlu mengambil hasil panen es satu persatu di setiap mesin.

Dari penjelasan kami diatas tadi mengenai bagian – bagian mesin ice tube produksi toko mesin solusindo semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai mesin ice tube serta sedikit banyak dapat membantu anda untuk mengetahui letak susunan setiap mesin, fungsi masing – masing dan system kerja mesin. Jadi dari kesimpulan penjelasan diatas mengenai bagian – bagian mesin ice tube terdapat beberapa bagian mesin yang memang saling berhubungan dan itu merupakan satu kesatuan agar unit mesin dapat berfungsi dengan baik. Didalam kesempatan ini pula kami akan menjelaskan secara detail kepada anda tentang cara pengoperasian mesin ice tube produksi toko mesin solusindo.

Berikut adalah cara pengoperasian mesin ice tube antara lain :
  • Pasang dan sambungkan kabel power dari control panel pada mesin menuju stop kontak di lokasi usaha anda. Dianjurkan untuk menggunakan kabel power dengan ukuran tebal tembaga 2,5 mm agar kabel tidak panas dan mesin tidak mengalami kendala. Apabila tegangan di lokasi usaha anda 220 V atau 1 phase berarti anda harus menggunakan kabel power dengan ukuran 2 x 2,5, sedangkan apabila voltase di lokasi usaha anda 380 V atau 3 phase berarti menggunakan kabel power 3 x 2,5. Untuk ukuran panjang dari kabel power disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi usaha anda.
  • Isi bak tandon air pada mesin dengan menggunakan selang yang tidak bertekanan. Bisa di isi langsung dari kran PDAM atau dari tandon air yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan bahwa kondisi air di lokasi usaha anda benar – benar lancar dan tingkat kejernihan air bagus agar hasil produksi es tube bisa maksimal. Hasil produksi es tube dipengaruhi oleh tingkat kejernihan air dan kadar kapur didalam air serta suhu air masuk. Semua itu bisa berpengaruh pada kapasitas hasil produksi es tube karena apabila air di tempat anda kurang bagus dan kadar kapur terlalu banyak dapat memperlambat hasil produksi es yang seharusnya produksi es bisa dipanen setiap 17 sampai 23 menit bisa menjadi lebih lama karena proses pendinginan mesin terhambat oleh beberapa hal tadi.
  • Kemudian langkah awal dalam proses pengoperasian mesin yaitu dengan menyetel “Panel Timer Produksi” dan “Timer Cutting” didalam control panel. Untuk pengoperasian awal, timer produksi disetel pada 17 menit dan timer cutting disetel pada 6 menit saja. Lalu putar tombol saklar pada control panel yang bertuliskan (Manual | Off | Auto) pada tanda “Manual” sehingga untuk pertama kali mesin dihidupkan secara manual terlebih dahulu. Mesin ice tube memang harus dihidupkan secara manual terlebih dahulu agar kita dapat mengetahui indikasi suhu pada mesin serta tegangan pada instalasi listrik yang digunakan karena biasanya beban awal pada pengoperasian mesin lumayan besar, dan itu disebabkan oleh suhu awal air yang masuk ke mesin serta suhu ruangan di lokasi usaha. Jangan salah, karena suhu ruangan disekitar mesin juga dapat mempengaruhi hasil produksi, karena untuk mesin ice tube ini diperlukan sirkulasi suhu ruangan yang bagus antara udara sejuk yang dihisap oleh mesin serta udara panas yang dikeluarkan dari mesin melalui condensing. Jadi untuk penempatan posisi mesin pada ruangan lokasi usaha harus diatur sedemikian rupa agar mendapatkan sirkulasi udara yang bagus.
  • Apabila semuanya sudah sesuai maka tekan tombol “Cutter” pada control panel. Fungsi dari tombol cutter pada langkah awal ini adalah bertujuan agar dapat mensirkulasi Freon pada compressor ke pipa – pipa saluran Freon sehingga kinerja compressor tidak terlalu besar serta dapat mengurangi kejut tegangan pada voltase listrik karena beban compressor yang terlalu besar.
  • Lalu hidupkan tombol “compressor” dan tunggu hingga proses berjalan selama 1 sampai 2 menit sehingga semua Freon sudah tersirkulasi dengan baik ke seluruh bagian mesin yang dialiri freon, kemudian matikan tombol cutter. Tombol cutter ini perlu dimatikan apabila compressor sudah menyala agar dapat mengurangi daya listrik yang berlebih karena suhu air didalam mesin yang masih belum dingin dan stabil serta daya pada dynamo cutter yang dapat mengakibatkan mesin tiba – tiba mati. Tetapi anda tidak perlu kawatir apabila pada saat anda menghidupkan compressor dan ternyata mesin tiba – tiba mati karena pada dynamo compressor sudah kami lengkapi dengan tombol pengaman yang otomatis akan mematikan mesin apabila tegangan awal tidak stabil dan tombol pengaman tersebut dapat melindungi dynamo compressor pada kejadian konslet mesin. Langkah tadi dapat dilakukan lagi apabila terjadi hal tersebut. Sebelum mengulangi langkah tadi anda harus mengembalikan posisi tombol pengaman dynamo compressor pada posisi semula karena apabila tombol pengaman dynamo compressor tidak dikembalikan ke posisi semula maka mesin juga tidak akan bisa hidup.
  • Setelah langkah diatas tidak mengalami kendala dan berjalan dengan baik maka langkah selanjutnya adalah menunggu hingga jarum manometer sebelah kiri atau “Manometer Low Pressure” menunjukkan angka tekanan diantara 30 – 60 psi atau suhu diantara -0 s/d -10 °C, sedangkan manometer disebelah kanan atau “Manometer High Pressure” menunjukkan angka tekanan diantara 250 – 350 psi atau suhu diantara +50 s/d +60 °C. Setelah semua sudah sesuai dan berjalan dengan baik lalu nyalakan tombol “Pump” pada control panel untuk menghidupkan pompa sehingga air pada bak tandon mesin dihisap oleh pompa kemudian disirkulasi kedalam tabung evaporator secara terus menerus sampai menjadi es. Fungsi daripada kedua manometer tadi adalah agar mempermudah kinerja mesin serta mempercepat produksi es karena tekanan dan suhu pada mesin memang masih belum stabil.
  • Kemudian langkah selanjutnya adalah tunggu proses produksi mesin es tube berjalan selama 17 sampai 23 menit kemudian nyalakan tombol “Cutter” untuk mengeluarkan dan memotong hasil panen es yang sudah jadi. Didalam proses panen hasil es yang sudah jadi yang berada di dalam pipa – pipa tabung evaporator dalam beberapa menit akan turun kebawah kemudian dibawah terdapat system cutting untuk memotong hasil es tabung yang masih panjang – panjang menjadi ukuran kecil – kecil yang kemudian akan keluar dengan sendirinya melalui output hasil es. Pada waktu hasil panen es pertama kali keluar anda bisa melihat bagaimana hasil ketebalan es dari awal produksi tersebut, apabila hasil es dirasa sudah cukup tebal dan sesuai dengan keinginan anda maka untuk setting timer produksi dan timer cutting tidak perlu anda rubah. Tetapi apabila hasil ketebalan es dirasa masih kurang maka timer produksi bisa ditambah beberapa menit agar hasil es pada panen berikutnya bisa lebih tebal dan apabila hasil ketebalan es terlalu tebal maka timer produksi bisa anda kurangi untuk menurunkan kadar ketebalan hasil es pada proses produksi yang berikutnya. Untuk timer cutting tidak perlu dirubah terlebih dahulu dan biarkan seperti pada setting awal. Fungsi dari timer cutting adalah untuk memotong es dan mengeluarkan sisa – sisa es yang masih tertinggal pada tabung evaporator. Setting timer cutting biasanya baru dirubah apabila dirasa volume es yang jatuh berkurang dari hasil panen sebelumnya, dan itu biasanya terjadi apabila hasil es terlalu padat hingga buntu sehingga hasil es masih tersisa dan tertinggal di dalam tabung evaporator. Perlu anda ingat juga bahwa untuk merubah setting timer cutting bukan dari berat hasil produksi es per panennya melainkan dari volume hasil produksi es per panennya karena berat es tergantung dari tebal tipis hasil es itu sendiri.
  • Setelah proses awal pengoperasian mesin yang dilakukan secara manual tadi telah berhasil, maka tetap ulangi langkah tersebut selama 2 sampai 3 kali lagi untuk memastikan bahwa system kinerja mesin sudah stabil serta suhu sirkulasi air didalam mesin sudah dingin. Kemudian sebelum proses pengoperasian mesin dijalankan secara otomatis dan setelah melakukan panen hasil es yang terakhir maka tekan tombol “Savety Valve” pada control panel tetapi jangan dilepas dan bersamaan dengan itu putar saklar panel yang bertuliskan (Manual | Off | Auto) pada tanda “Auto” sehingga mesin akan berjalan secara otomatis. Setelah mesin ice tube berjalan secara otomatis anda tidak perlu repot lagi karena anda tinggal menunggu proses untuk panennya saja dan mesin sudah berjalan dengan sendirinya dengan setting yang sudah dilakukan sebelumnya. Anda tinggal menunggu untuk proses panen nya selama 17 sampai 23 menit dengan setting mesin yang sudah dilakukan sebelumnya yang disesuaikan dengan kebutuhan hasil ketebalan es yang diinginkan dan setting pada timer produksi serta setting pada timer cutting.

USAHA PRODUKSI ICE TUBE MAKER
Dalam proses produksi es tube ini memang diperlukan banyak factor agar hasil produksi es dapat berjalan dengan baik, maksimal dan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Dan semuanya itu saling berkaitan antara lain tegangan listrik pada tempat lokasi usaha yang harus stabil, tingkat kejernihan air dan kadar kandungan zat kapur untuk bahan baku produksi es, suhu bahan baku air yang akan masuk kedalam mesin ice tube, serta sirkulasi suhu udara pada ruangan tempat usaha produksi es tube yang harus ditata dengan baik dan benar agar udara yang masuk dan keluar dapat berjalan dengan benar dan lancar. Toko mesin solusindo memberikan layanan paket mesin produksi ice tube ini dengan dilengkapi filter air yang bagus agar dapat mempermudah dan melancarkan hasil produksi es anda. Dengan adanya filter air ini dapat membantu produksi hasil es tube anda karena filter air ini berfungsi untuk menyaring air yang akan masuk kedalam mesin sehingga kondisi air yang masuk lebih bersih dan jernih serta dapat mengurangi kadar zat kapur yang terkandung didalam air sebelum dipakai sebagai bahan baku produksi es tube. Kami menyediakan 2 jenis filter air yang berbeda yang disesuaikan dengan bahan baku air pada lokasi usaha yaitu filter air untuk air sumur atau air bor serta filter air untuk bahan baku yang menggunakan air PDAM. Dua jenis filter air ini memang berbeda disesuaikan dengan bahan baku anda karena setiap bahan baku air memiliki kriteria tingkat kejernihan dan kadar zat kapur yang berbeda pula. Dengan adanya tambahan filter air dari kami ini paling tidak dapat mengurangi factor hasil produksi es anda dan anda tinggal mempersiapkan factor – factor pendukung lainnya demi menunjang produktifitas es yang dihasilkan.

Demikian penjabaran serta penjelasan dari kami mengenai bagian – bagian mesin ice tube serta informasi tentang bagaimana cara membuat ice tube produksi toko mesin solusindo ini. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda dalam memulai suatu usaha produksi es tube yang berkualitas maupun untuk mengembangkan usaha anda dalam bidang produksi es tersebut. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar produksi es tube jangan segan – segan untuk menghubungi kami dan berkonsultasi dengan kami karena kami akan selalu siap membantu anda demi kesuksesan usaha anda. Didalam setiap perkembangan teknologi yang kami berikan, kami selalu bekerja secara professional, kreatif, inovatif dan selalu mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar dapat berkarya secara maksimal dan lebih mencintai produk – produk Indonesia demi kesejahteraan masyarakat dengan ber wirausaha.

Hal-hal yang melatar belakangi berdirinya Toko Mesin Solusindo adalah karena mengingat kebutuhan konsumen akan mesin teknologi tepat guna belakangan ini sangat diperlukan bagi semua pelaku usaha, mulai dari usaha perorangan, usaha home industry, maupun usaha kecil dan menengah atau UKM. Kami juga turut berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan pemerintah dalam bidang sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan produktif dalam ber wirausaha. Kami juga akan terus mendukung program bantuan pemerintah dalam bidang tersebut agar tercipta masyarakat yang mandiri dan sejahtera, dan kami pun akan selalu meningkatkan inovasi serta kreatifitas kami demi terpenuhi nya kebutuhan – kebutuhan akan alat maupun mesin untuk menunjang kinerja produktifitas para masyarakat pelaku usaha. Dengan selalu memprioritaskan pada kesejahteraan masyarakat, kami pun mendedikasikan diri kepada bangsa dan masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan inovasi yang terbaik demi terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan ber wirausaha.

VISI
Menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan terkemuka dalam mengembangkan inovasi mesin teknologi tepat guna demi terciptanya sumber daya masyarakat yang mandiri dan sejahtera dalam ber wirausaha.

MISI
Selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta profesionalisme kerja dalam menciptakan dan mendesign mesin teknologi tepat guna demi meningkatkan produktifitas dan kesuksesan usaha masyarakat dalam ber wirausaha mandiri.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi mesin dan harga mesin untuk segala kebutuhan mesin anda dengan penawaran harga terbaik silahkan menghubungi hotline service kami.

Salam Sukses
TOKO MESIN SOLUSINDO

We Serve:

Mesin Ice Maker, Cold Room, Freezer, Chiller, Mesin Pengolahan Daging, Mesin Pengolahan Ikan, Mesin Industrial, Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Pengolahan Minuman, Mesin Pengolahan Roti, Perlengkapan Restoran & Hotel, Mesin Destilasi, Mesin Pengolahan Minyak Kelapa (VCO), Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pakan Ternak, Diesel, Mesin Cetak Batako, Mesin Cetak Paving, Mesin Cetak Bata Merah, Pompa Air, Mesin Cetak Bakso, Mesin Bor Tanah, Mesin Pengolahan Padi, Mesin Pengolahan Kopi, Mesin Pengering, Mesin Pengemas, Etc. (Menerima Pengerjaan Tender Diseluruh Indonesia).

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. bisakah saya nenbeli tabung evapatornya saja? saya sedikit kurang faham pada proses pencetakan es dan proses cutingnya.. jika bisa tolong di email ke jogjasumur@gmail.com

    BalasHapus

- Copyright © TOKO MESIN SOLUSINDO - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -